info@luluskedinasan.com

0812-9576-5257

Halo, sahabat Priority! Saat masih kecil sebagian dari kita ada yang sangat menyukai salah satu moda transportasi rel yang terdiri dari serangkaian kendaraan yang disebut kereta api. Bahkan sampai tumbuh dewasa masih menyukai kereta api. Bahkan memiliki cita-cita untuk bisa bekerja perusahaan perkeretaapian, bukan? Nah, bagi kamu yang memiliki cita-cita bisa bekerja di perusahaan kereta api karena suka dengan kereta api atau karena prospek kerja yang baik bisa nih baca informasi dibawah ini yang membahas tentang bagaimana kamu bisa mewujudkan cita-citamu untuk bisa bekerja di dunia perkeretaapian. Berikut ini adalah informasi seputar Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun yang harus kamu ketahui.

 

Sejarah Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun

Politeknik perkeretaapian indonesia (PPI) yang berlokasi di kota Madiun, Jawa Timur optimis sampai tahun 2030 mampu mencetak sebanyak 78.740 sumber daya manusia (SDM) di bidang perkeretaapian yang berkualitas dan berstandar Internasional.

Dalam Rencana Induk Perkeretaapian Nasional (RIPNAS), sampai tahun tahun 2030, perkeretaapian nasional membutuhkan 1.720 orang regulator yang terdiri atas perencanaan, pengujian, inspektorat dan auditor. Disamping itu juga membutuhkan 78.740 orang SDM operator yang terdiri atas perencana, pemeriksa dan perawat.

Direktur PPI Madiun, Catur Sasongko ATD MT menjelaskan, pendirian PPI Madiun merupakan amanat UU No.23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian. Di mana dalam undang-undang tersebut menyebutkan dibentuknya lembaga pendidikan di bidang perkeretaapian.

“Sebanyak 48 pasal dari 216 pasal dalam UU No.23 Tahun 2007 menyebutkan tentang SDM. Karena itu, SDM perkeretaapian ditetapkan kualitas dan kecakapannya baik di level perencana, pemeriksa, perawat, penguji, inspektur dan auditor,” papar Catur di ruang kerjanya Kampus PPI Madiun, Jumat (12/6).

Ia memaparkan, saat ini PPI Madiun pada tahun akademik 2014/2015 mendidik sebanyak 120 taruna yang terdiri atas empat program pendidikan (Prodi) yaitu, DIII Teknik Elektro Perkeretaapian (30 orang), DIII Manajemen Transportasi Perkeretaapian (30 orang), DIII Teknik Mekanika Perkeretaapian (30 orang), dan DIII Teknik Bangunan Jalur Perkeretaapian (30 orang).

Sesuai ketentuan Ditjen Dikti Kementerian Riset dan Perguruan Tinggi, ada pembatasan jumlah siswa dalam satu kelas maksimal 25 orang, sehingga pada tahun akademik 2015-2016 PPI maksimal hanya mendidik 100 taruna. “Padahal minat masyarakat cukup tinggi. Sampai hari akhir pendaftaran sebanyak 2.000 telah mendaftar,” papar Catur.

Untuk mencapai target 78.740 SDM bidang perkeretaapian sampai tahun 2030 tersebut lanjut Catur, PPI Madiun selain menjalankan kelas reguler yaitu mendidik taruna baru lulusan SMA atau SMK, PPI Madiun juga menjalankan kelas paralel mendidik SDM perkeretaapian yang sudah bekerja di pemerintahan sebagai regulator ataupun di perusahaan-perusahaan sebagai operator.

 

Program Studi Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun

  1. D III Teknologi Bangunan dan Jalur Perkeretaapian
  2. D III Teknologi Elektro Perkeretaapian
  3. D III Manajemen Transportasi Perkeretaapian
  4. D III Teknologi Mekanika Perkeretaapian

 

Sistem Pendidikan Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun

Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun memiliki sistem pembelajaran di kelas dan juga praktik langsung ke lapangan, sehingga mudah meningkatan kemampuan para taruna. Selain pembelajaran di kelas dan juga praktik, kuliah di PPI Madiun memiliki banyak kegiatan ekstrakurikuler. Fasilitas yang lengkap bisa menunjang para taruna untuk meningkatkan kemampuan akademik maupun non akademik.

 

Biaya Kuliah Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun

Biaya Seleksi PPI Madiun

Proses seleksi penerimaan mahasiswa baru API Madiun harus melalui beberapa tahap seleksi. Setiap tahap seleksi akan dikenakan biaya yang biasanya dibayarkan jika peserta sudah lolos pada tahap sebelumnya. Berikut besaran biaya pada seleksi penerimaan mahasiswa baru API Madiun:

 

Biaya Kuliah PPI Madiun

Perkembangan terbaru biaya kuliah API Madiun diatur dalam peraturan Menteri Keuangan Nomor: 34/PMK.05/2019 tentang tarif Layanan Badan layanan Umum Akademi Perkeretaapian Indonesia Madiun pada Kementerian Perhubungan.

Terkait dengan Tarif layanan ini, hal yang perlu diperhatikan bagi yang masyarakat umum atau calon mahasiswa yang berminat kuliah di API Madiun yakni tarif layanan akademik.

Tarif layanan akademik meliputi:

  • Tarif seleksi penerimaan peserta pendidikan dan pelatihan
  • Tarif pendidikan dan pelatihan pembentukan
  • Tarif pendidikan dan pelatihan teknis
  • Tarif akademik lainnya.

Jika sudah diterima atau lulus seleksi, mahasiswa baru harus bersiap-siap mengikuti kegiatan awal sebagai taruna API Madiun seperti Diklat masa dasar pembentukan karakter (Madatukar).

Biaya pembentukan karakter (Madatukar) sudah diatur dalam PMK, namun sebenarnya biaya yang paling besar yang harus ditanggung pada awal menjadi mahasiswa baru adalah biaya perlengkapan taruna yang mencapai Rp 18.800.000 per taruna.

 

Jalur Polbit

Keuntungan taruna diterima dari jalur mandiri tentunya selepas menyelesaikan pendidikan bisa diangkat sebagai PNS di lingkungan Kementerian Perhubungan. Selain biaya akademik yakni uang semester/SPP ditanggung pemerintah.

Namun untuk biaya sarana penunjang seperti seragam, laundry dan lain-lain ditanggung para taruna/i. Berikut biaya akademik lainnya yang perlu diketahui:

 

 

Jalur Reguler

Biaya pendidikan yang ditanggung taruna jalur reguler PP Madiun terdiri atas biaya akademik dan biaya penunjang. Dalam PMK disebutkan biaya SPP per semester berada dalam range Rp 3.000.000 s/d Rp 5.000.000. Besaran tersebut berlaku untuk semua program studi, berikut angkanya:    

  • SPP/Semester Jalur Reguler 

  • Biaya Penunjang Jalur Reguler

 

Jalur Mandiri PPI Madiun

Selain jalur pola pembibitan dan reguler, API Madiun juga membuka penerimaan calon taruna/i melalui jalur mandiri. Kuota untuk jalur mandiri tidak sebanyak jalur pembibitan atau reguler, Tahun Ajaran 2019/2020 jumlah calon taruna/i yang diterima sejumlah 38 orang.

Dari segi biaya jalur mandiri lebih mahal dibandingkan dengan jalur lainnya. Biaya penyelenggaraan pendidikan atau SPP per semesternya ditetapkan sebesar Rp 14.500.000. Bandingkan dengan jalur pembibitan atau reguler yang berkisar antara Rp 3 s/d 5 Juta per semester. Total jumlah biaya yang perlu dipersiapkan untuk pendaftaran ulang mencapai Rp 44.100.000 termasuk untuk penunjang pendidikan dan lain-lain, berikut biaya API Madiun Jalur Mandiri:

Pembebasan Biaya

Terhadap taruna tertentu dapat dikenakan tarif layanan sampai dengan Rp. 0 (nol Rupiah) dari tarif pendidikan dan pelatihan pembentukan. Kriteria taruna yang mendapatkan pembebasan biaya paling sedikit meliputi:

  1. Taruna teladan
  2. Taruna berprestasi nasional atau internasional
  3. Taruna dari keluarga miskin dan/atau
  4. Taruna terdampak kondisi kahar

 

Prospek Kerja Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun

PPI Madiun tidak hanya melahirkan SDM perkeretaapian dari aspek kuantitas, tetapi juga aspek kualitas. Karena lulusan PPI Madiun tidak hanya terjun mengabdi di pemerintahan saja, tetapi juga perusahaan-perusahaan bidang perkeretaapian nasional maupun internasional. Sehingga lulusan PPI Madiun nantinya bisa berkiprah di tingkat global.

“Lulusan PPI Madiun tidak hanya memiliki ijazah formil, tetapi memiliki sertifikat kecakapan. Untuk sertifikat kecakapan ini, setelah lebaran nanti kami ajukan ke Ditjen Perkeretaapian, Kemenhub,” jelas Catur.

Ia mencontohkan, bagi taruna Teknik Mekanika Perkeretaapian, nantinya tidak hanya sebagai ahli madya teknik mekanika perkeretaapian, tetapi juga bisa sebagai ahli perawat kereta api, tenaga penguji atau inspektur prasarana perkeretaapian.

Untuk melahirkan lulusan dengan keahlian standar global, PPI melakukannya baik dari sisi tenaga pengajar (dosen) maupun dari sisi peserta didik (taruna). Dari sisi pengajar, saat ini tenaga pengajar API Madiun yang S2 akan diprogramkan menjadi S3. Di samping itu, para pengajar juga mengikuti pendidikan di sejumlah negara seperti Jerman, Swedia dan Korea Selatan. Sementara dari sisi peserta didik, selain memiliki sertifikat kecakapan, para taruna juga melakukan PKL (Praktek Kerja Lapangan) di perusahaan luar negeri. “Perusahaan Perkeretaapian Korea Selatan sangat welcome kepada Taruna PPI Madiun untuk melakukan PKL di sana,” ungkap Catur. Untuk mendapatkan pengakuan internasional terhadap lulusannya, PPI Madiun akan melakukan kerjasama dengan BNSP (Badan Nasional Standar Profesi).

 

Syarat dan Tata Cara Daftar Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun

Penerimaan Calon Taruna (CATAR) di Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun dilaksanakan melalui Jalur Pola Pembibitan, Reguler.

  • Jalur Pola Pembibitan

Diperuntukan bagi Lulusan SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat yang telah mengikuti seluruh rangkaian proses seleksi dan dinyatakan lolos. Hak yang dapat diterima yaitu bebas uang Semester, bebas laundry, dan bebas madatukar.

  • Jalur Reguler

Diperuntukan bagi Lulusan SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat yang telah mengikuti seluruh rangkaian proses seleksi dan dinyatakan lolos. Hak yang dapat diterima yaitu 50% uang semester, dan bebas laundry.

 

Tata Cara Pendaftaran

Berikut merupakan tata cara pendaftaran seleksi Ujian PPI Madiun Tahun 2021.

  1. Mendaftar di portal SSCN BKN di laman https://sscasn.bkn.go.id/  untuk mendapatkan username dan password, dan mencetak tanda bukti pendaftaran.
  2. Menlanjutkan pendaftaran di portal Sipencatar Dephup  di laman sipencatar.dephub.go.id menggunakan username dan password dari portal SSCN BKN. 
  3. Melengkapi data pendaftaran dan mengunggah dokumen yang perlukan di portal di Sipencatar Dephub
  4. Mencetak tanda bukti pendaftaran II.

 

Tahapan seleksi Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun

  1. Seleksi Tahap I : Pendaftaran
  2. Seleksi Tahap II : Seleksi Administrasi
  3. Seleksi Tahap III : Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).
  4. Seleksi Tahap IV : Tes Akademik
  5. Seleksi Tahap V : Psikotes
  6. Seleksi Tahap VI : Tes Kesehatan
  7. Seleksi Tahap VII : Kesamaptaan dan wawancara
  8. Seleksi Tahap VIII (Khusus untuk program studi D-IV Penerbang : Tes Kesehatan II, dan Tes Bakat Terbang.

 

Untuk memantapkan diri agar bisa masuk Sekolah Kedinasan, kamu dapat mengikuti TRY OUT PRIORITY yang sudah meluluskan lebih dari 5.000 orang yah! Silahkan Join Try Out ini.

 

Berikut adalah daftar peserta seleksi SKD, melalui jalur polbit. Ikuti jejaknya ya!

  1. S3009041350000001 / TEGUH ADI PRASETYO 
  2. S3009042350000002 / DEVA LAILA RAMADHANA 
  3. S3009041350000003 / TEDY SAPUTRA 
  4. S3009041350000004 / DICKY GUSTI KURNIYANTO 
  5. S3009042350000005 / ALIFAH AJENG FIKARIMAH 
  6. S3009041350000006 / GILANG ANANDA PUTRA 
  7. S3009041350000007 / PRASETYO EKA PRATAMA 
  8. S3009041350000008 / RAHMADHANI FEVANDA HARYANTO 
  9. S3009041350000009 / DEVA HIDAYANTO 
  10. S3009042350000010 / ALVINA DAMAYANTI 
  11. S3009041350000011 / RIVALDO ISA MAHINDRA 
  12. S3009041350000012 / JOHAN WAHYUDI 
  13. S3009041350000013 / NARENDRA MARTANI 
  14. S3009041350000014 / REZA ELDO AGUS YUSTIAWAN 
  15. S3009041350000015 / PAMBUDI LUHUR PRASETYO WIBOWO 
  16. S3009041350000016 / THORIQ SHAFRI DEWANTARA 
  17. S3009042350000017 / ADE AGUSTINA PUTRI 
  18. S3009041350000018 / GANESHA PRAYUDI KRISTUADJI 
  19. S3009041350000019 / REYOGA KRISTA JAYA 
  20. S3009041350000021 / FURQON PRADITYA WAHYU 
  21. S3009042350000023 / ENREGA DELVIANA TAMA PUTRI 
  22. S3009012350000007 / ANISYA SALSABILLA 
  23. S3009041350000024 / ALFIAN MULYA PRATAMA 
  24. S3009041350000026 / RORY ALHAMDA 
  25. S3009041350000027 / MUHAMMAD LAZUARDI IMANI SHOLIHIN 
  26. S3009041350000028 / DIMAS KRISTANTO LAKSMANA PUTRA 
  27. S3009041350000030 / ISNA WAHYU WIJAKSONO 
  28. S3009111350000022 / ACHMAD NUR WAHYUDI 
  29. S3009041350000031 / TITO DWI PRASETYA 
  30. S3009041350000032 / NUR ACHMAD PRASETYO 
  31. S3009041350000033 / ABDUL MUGHNI 
  32. S3009062350000005 / MELVINA ADELIA CIPTA DEVI 
  33. S3009041350000034 / ARDIKA PAMBUDI 
  34.  S3009041350000035 / ARUNA KARUNIKA RINDRA 
  35. S3009041350000036 / SEPTIAN EKA PRASETYA PUTRA 
  36. S3009041350000037 / ADHITYA DICKY VIRGIANSYAH 
  37. S3009041350000038 / RAHADIAN ARSANATA 
  38. S3009061350000007 / KRISNA SETIAWAN 
  39. S3009042350000040 / NURHABIBAH LABIBATUS S
  40. S3009041350000041 / ILHAM WIDIA YUSA 
  41. S3009041350000042 / GOFUR NUR ROHIM 
  42. S3009041350000044 / MUHAMMAD ARIF HERMAWAN 
  43. S3009041350000045 / MUHAMMAD RAJI FARIZKY 
  44. S3009042350000047 / WULAN FATIKASARI 
  45. S3009081350000005 / AHMAD ABDAL AKBAR 
  46. S3009041350000049 / MUHAMMAD IRFAN FATHUR ROCHIM 
  47. S3009041350000050 / MUHAMMAD FARIZ MAKRUF 
  48. S3009042350000051 / NISA RAHMA SEKAR AYUNI 
  49. S3009041350000053 / ALFIAN GANI FIRDAUS 
  50. S3009041350000054 / RICARDO ANTHONIUS NAPITU 
  51. S3009042350000055 / PUTRI RINA ANASTHASIA 
  52. S3009041350000056 / RIDWAN NUR ROKHMAN 
  53. S3009041350000057 / ADE FIRMAN PRATAMA 
  54. S3009041350000058 / AKHIRUL AJI BAGASKARA 
  55. S3009041350000059 / DWIKI BAGAS SETYAWAN 
  56. S3009042350000060 / MEIDA HAYUNDANING PRATIWI 
  57. S3009041350000063 / ABDUL GHOFUR 
  58. S3009041350000065 / ANDHIKA PRIYAMBODHO 
  59. S3009041350000066 / HAFIDZ NUR ROHIM 
  60. S3009041350000067 / SANDY SABILILLAH 
  61. S3009041350000068 / FAJAR BAGUS SAMPURNO 
  62. S3009042350000069 / VARADILLA RIKA SETYAWATI 
  63. S3009041350000071 / ANGGITANA SUSIACCA PRIMA PUTRA 
  64. S3009041350000072 / BAHREN AULIA RACHMAN 
  65. S3009011350000019 / BUSTANUL AJI PRAYOGA 
  66. S3009041350000073 / NOUVAN ANDRIANSYAH 
  67. S3009041350000075 / ARIFAN FIRDAUS 
  68. S3009042350000076 / HEFTY MAGDA LESTARI 
  69. S3009041350000077 / GHISTAD SHATRIANDA 
  70. S3009041350000079 / SAEFUN NAIM 
  71. S3009041350000080 / RIZKY NUR EFFENDI 
  72. S3009041350000081 / ALIF WIBOWO 
  73. S3009041350000082 / DWI FAHMI HIDAYAT SAPUTRO 
  74. S3009041350000084 / DIO ALIP PRAMUDYA 
  75. S3009041350000085 / MUHAMMAD RIZQI 
  76. S3009041350000086 / MUHAMMAD ILHAM AMANULLAH 
  77. S3009041350000087 / PANJI BINTANG SAMODRA 
  78. S3009011350000020 / YOGA DWI WARDANA 
  79. S3009011350000021 / TONY ANDERIAN 
  80. S3009061350000009 / STIYA FIDHIN BAGUS RAHWANTO 
  81. S3009041350000090 / RIFQI NAUFAL FADHLURROHMAN 
  82. S3009042350000091 / CHAESAR DINASTI 
  83. S3009041350000092 / FIRDAUS ADE KURNIAWAN 
  84. S3009041350000093 / M. YUDHISTIRA ARDI NUGRAHA 
  85. S3009042350000094 / LATIFA ASA YUTIS 
  86. S3009041350000095 / GEMA LINTANG PUTRA ALDI 
  87. S3009041350000096 / MOCHAMMAD RIZKY AGUNG DARMAWAN 
  88. S3009011350000023 / ANDRI WAHYU P 
  89. S3009041350000097 / AQIEL HARIEQ IYANDIKA 
  90. S3009041350000098 / FAISAL HARYO BIMO WIBOWO 
  91. S3009041350000099 / HOKY PRASTYO 
  92. S3009041350000100 / ISYA RIZKY KUSUMA 
  93. S3009041350000102 / GENTA ALAM PUTRA 
  94. S3009041350000103 / M. BAIHAQI DIVA ANANDA 
  95. S3009041350000104 / MUHAMMAD HARITS MUNGGARAN SUGIANTORO
  96. S3009042350000105 / ASTRYANA PRASTYA YUNIARTI 
  97. S3009041350000106 / ZENDY WICAKSONO 
  98. S3009051350000009 / BAGUS BUDI PRASETYO 
  99. S3009041350000107 / MUHAMMAD YUSRIL BURHANUDIN
  100. S3009041350000109 / REYDO PRIYO SADEWO 

 

Untuk memantapkan diri agar bisa masuk Sekolah Kedinasan, kamu dapat mengikuti TRY OUT PRIORITY yang sudah meluluskan lebih dari 5.000 orang yah! Silahkan Join Try Out ini.

 

Referensi :

https://ppi.ac.id/about-us/# 

https://biayakuliah.net/biaya-kuliah-akademi-perkeretaapian-indonesia-api-madiun/ 

https://www.pendaftaranonline.web.id/2018/01/pendaftaran-online-api.html