info@luluskedinasan.com

+62 859-2131-6683

Ini dia, salah satu politeknik penerbangan yang ada di Pulau Sumatera yaitu Poltekbang Palembang. Politeknik Penerbangan Palembang adalah salah satu perguruan tinggi kedinasan di bawah kementerian perhubungan Republik Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan di bidang penerbangan di kota Palembang. Politeknik Penerbangan Palembang menyelenggarakan layanan Pendidikan berupa program sarjana terapan dan diploma tiga, serta layanan pelatihan teknis dibidang penerbangan, selain itu juga melayani Kerjasama dalam bidang pemanfaatan fasilitas dan jasa pengujian laboratorium.Yuk kita bahas seputar Poltekbang Palembang dalam artikel berikut ini.

Sejarah Politeknik Penerbangan (POLTEKBANG) Palembang

Sejak tahun 1989 Pendidikan dan Latihan Penerbangan Wilayah Penerbangan II Palembang, dibawah supervisi Pusdiklat Perhubungan Udara menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan yang bersifat jangka pendek (short course), seperti Diklat Aviation Security dan Pendidikan Dasar Teknik Radio. Pendidikan dan Latihan Penerbangan Wilayah Penerbangan II ini yang menjadi cikal-bakal dari Balai Diklat Penerbangan Palembang, yaitu satu diantara 5 (lima) Balai Diklat Penerbangan di seluruh Indonesia yang tersebar di wilayah Medan, Palembang, Surabaya, Makassar, dan Jayapura yang eksistensinya telah ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM. 22 Tahun 1989.Pada bulan Oktober tahun 2002, struktur organisasi dan tata kerja Balai Diklat Penerbangan Palembang mengalami perubahan, berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM. 78 tahun 2002 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan, di mana dalam keputusan tersebut mengatur tentang 2 (dua) Balai Diklat Penerbangan yang berlokasi di Palembang dan Jayapura. Keputusan ini dicabut oleh Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 18 tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan, yang mengatur tentang 3 (tiga) Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan (BP3) berlokasi di Palembang, Jayapura dan Curug. Selanjutnya Peraturan ini dicabut oleh Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 61 Tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Palembang.

BP3 Palembang pada tahun 2019 telah beralih kelembagaan menjadi Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Palembang sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 24 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Penerbangan Palembang dengan 3 (tiga) program studi yaitu Program Studi Diploma III Penyelamatan dan Pemadam Kebakaran Penerbangan (PPKP), Program Studi Diploma III Manajemen Bandar Udara (MBU) dan Program Studi Diploma IV Teknologi Rekayasa Bandar Udara (TRBU).Sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Badan Pendidikan dan Pelatihan yang sekarang berubah nama menjadi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan, secara administratif Poltekbang Palembang dibina oleh Sekretariat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan, sedangkan secara teknis operasional dibina oleh Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Udara.

Poltekbang Palembang telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2008 sejak tahun 2014, dan telah diperbaharui menjadi ISO 9001:2015 dari British Standard Institute sebagai Standar Internasional baru untuk sistem manajemen mutu lembaga penyedia pendidikan dan pelatihan personel penerbangan, dan juga telah menerapkan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU) sejak tahun 2016 dan telah diperbaharui berdasarkan peraturan Kementerian Keuangan RI Nomor : 49/KMK.05/2021 tanggal 3 Februari 2021. 

Selain itu Poltekbang Palembang telah mendapatkan sertifikasi pendidikan dan pelatihan penerbangan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara diantaranya Civil Aviation Safety Regulations seperti CASR 139 (Airport Personnels) Tahun 2015, CASR 142 (Flight Attendant & Flight Operation Officer) Tahun 2016 , CASR 143 (Air Traffic Services Training) Tahun 2016,  Airport Rescue & Fire Fighter Personnels (Basic-Junior-Senior dan Refresher PKP-PK), Aviation Security Personnels (Basic-Junior-Senior Avsec & Security Awareness), sertifikasi pelatihan Dangerous Goods Type A,B,C,D,E, dan F serta pelatihan di bidang penerbangan lainnya.

Jurusan Dan Program Studi Politeknik Penerbangan (POLTEKBANG) Palembang

Pada Politeknik Penerbangan Palembang terdapat 3 program studi yang mencakup 2 program D-III dan 1 program D-IV/Sarjana Terapan, meliputi :

  1. DIII Manajemen Bandar Udara.
  2. DIII Penyelamatan dan Pemadam Kebakaran.
  3. DIV Teknologi Rekayasa Bandar Udara.

 

Sistem Perkuliahan Politeknik Penerbangan (POLTEKBANG) Palembang

Dalam pembelajaran taruna/taruni memiliki beberapa aturan yang harus dipatuhi, aturan-aturan tersebut meliputi :

  1. Taruna wajib menggunakan pakaian dinas harian selama perkuliahan.
  2. Captain Course/Duty Class menyampaikan laporan jumlah taruna yang hadir.
  3. Sebelum memulai dan mengakhiri perkuliahan wajib melaksanakan doa yang dipimpin oleh Captain Course/Duty Class.
  4. Taruna wajib mengikuti proses perkuliahan sampai selesai sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, secara aktif seperti mencatat, bertanya mengerjakan latihan tugas/soal, dan ujian.
  5. Taruna bertanggung jawab atas pemenuhan capaian pembelajaran setiap mata kuliah yang diikuti.

Selain itu, selama masa pembelajaran taruna wajib menyelesaikan 144 sks selama 8 semester untuk program D-IV dan 120 sks untuk program D-III. Taruna juga diwajibkan tinggal di asrama yang telah disediakan selama masa pendidikan berlangsung.

 

Biaya Pendidikan Politeknik Penerbangan (POLTEKBANG) Palembang

Biaya awal masuk dibayarkan di awal masuk pendidikan hingga tahun ini masih berada dikisaran Rp. 18.291.000,-. Dan juga Biaya pemakanan dan biaya semester selanjutnya menyesuaikan tarif yang berlaku di masing-masing perguruan tinggi. Biaya dapat berubah sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Prospek Kerja Lulusan Politeknik Penerbangan (POLTEKBANG) Palembang

Setelah lulus, maka mahasiswa Poltekbang dapat diangkat menjadi ASN. Selain itu, mereka dapat bekerja sesuai dengan program studi yang telah diemban sebelumnya saat masa perkuliahan. Antara lain adalah sebagai berikut :

Program Studi Diploma IV Teknologi Rekayasa Bandar Udara

  1. Teknisi Bandar Udara
  2. Pelaksana Sertifikasi
  3. Supervisor
  4. Inspektur 

Program Studi Diploma III Penyelamatan dan Pemadam Kebakaran Penerbangan

  1. ARFF (Airport Rescue and Fire Fighting)
  2. Inspector
  3. Instructor/Lecture

Program Studi Diploma III Manajemen Bandar Udara

  1. Manajer Maskapai Penerbangan
  2. Pemandu Lalu Lintas Udara
  3. Manajer Bandara
  4. Staff HRD Industri Bandara
  5. Manajer Perusahaan Muatan dan Kargo

 

Informasi Pendaftaran Sipencatar Politeknik Penerbangan (POLTEKBANG) Palembang

Persyaratan Penerimaan Poltekbang Palembang

Persyaratan Umum

  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Usia minimal 16 tahun dan maksimal 23 tahun per 1 September 2021;
  3. Program studi D-III PPKP hanya menerima pendaftar pria;
  4. Tinggi badan minimal 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita, kecuali Prodi D-III PPKP minimal 165 cm;
  5. Berbadan sehat, tidak cacat fisik dan mental, bebas HIV/AIDS, serta bebas narkoba;
  6. Tidak bertato/bekas tato, tidak bertindik/bekas tindik (maksimal 1 pasang di telinga bagi wanita), kecuali jika disebabkan oleh ketentuan agama/adat;
  7. Ketajaman penglihatan normal dan tidak buta warna parsial maupun total;
  8. Tidak sedang menjalani dan terancam hukuman pidana karena melakukan kejahatan;
  9. Belum pernah diberhentikan dengan tidak hormat atau mengundurkan diri sebagai taruna/taruni di lingkungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan;
  10. Bersedia mentaati segala peraturan pada pelaksanaan Pola Pembibitan Perguruan Tinggi di lingkungan Kemenhub;
  11. Bersedia diberhentikan dengan tidak hormat apabila melakukan tindakan kriminal antara lain mengkonsumsi dan/atau memperjualbelikan narkoba, melakukan tindak kekerasan (perkelahian, pemukulan, pengeroyokan, perundungan), dan melakukan tindakan asusila atau penyimpangan seksual;
  12. Dinyatakan gugur apabila terbukti melakuakn pemalsuan identitas/dokumen;
  13. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran;
  14. Bersedia menandatangani Surat Pernyataan Calon Taruna/Taruni;
  15. Memiliki e-mail dan nomor telepon yang aktif.

Persyaratan Akademik

  1. Bagi lulusan tahun 2020 dan sebelumnya, nilai rata-rata ujian yang tertulis di ijazah minimal 7,0/70,00/2,8;
  2. Bagi lulusan tahun 2021, nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan pada semester 1-5 minimal 70,00 dan dinyatakan lulus ketika daftar ulang;
  3. Bagi lulusan tahun 2020 dan sebelumnya yang memiliki nilai dalam skala 1-10 dan 1-4, mengkonversi nilai ke skala 10-100 dengan menyertakan surat keterangan dari sekolah asal yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah;
  4. Bagi lulusan luar negeri atau memiliki ijazah berbahasa asing, melampirkan surat penyetaraan dari Kemendikbud.

Syarat lulusan untuk pendaftar Prodi D-IV TRBU yaitu:

  1. SMA/MA/sederajat jurusan IPA;
  2. SMK jurusan:
  3. Teknik Ketenagalistrikan;
  4. Teknik Mesin;
  5. Teknologi Pesawat Udara;
  6. Teknik Otomotif;
  7. Teknik Elektronika;
  8. Teknik Komputer dan Informatia (kecuali Multimedia);
  9. Teknik Telekomunikasi;
  10. Teknologi Konstruksi dan Properti (kecuali Bisnis Konstruksi dan Properti).

Syarat lulusan untuk pendaftar Prodi D-III MBU yaitu:

  1. SMA/MA/sederajat jurusan IPA/IPS;
  2. SMK jurusan:
  3. Teknik Ketenagalistrikan;
  4. Teknik Mesin;
  5. Teknologi Pesawat Udara;
  6. Teknik Otomotif;
  7. Teknik Elektronika;
  8. Teknik Komputer dan Informatika (kecuali Multimedia);
  9. Teknik Telekomunikasi;
  10. Bisnis dan Pemasaran;
  11. Manajemen Perhotelan;
  12. Akuntasi dan Keuangan.

Syarat lulusan untuk pendaftar Prodi D-III PPKP yaitu:

  1. SMA/MA/sederajat jurusan IPA;
  2. SMK jurusan Keteknikan (Elektro, Mesin, Otomotif, atau Listrik).

 

Tahapan Seleksi dan Biaya

Seleksi penerimaan taruna jalur Polbit Kemenhub dilakukan melalui 3 tahapan.Setiap tahapan memiliki tes yang berbeda dan dikenai biaya tertentu.Berikut ini rinciannya.

  1. Tahap 1 Pendaftaran 100.000 – 150.000/Seleksi Administrasi 0
  2. Tahap 2 Seleksi Kompetensi Dasar 50.000
  3. Tahap 3 Tes Kesehatan 600.000 – 1.820.000
  4. Kesamaptaan 50.000 – 350.000
  5. Psikotes 300.000 – 600.000
  6. Wawancara 80.000 – 350.000

Setelah mengikuti rangakaian seleksi, taruna yang dinyatakan lolos akan dikenai biaya masuk awal sebesar Rp18.291.000.

Jadwal Penerimaan Poltekbang Palembang

  1. Pendaftaran: 9 – 30 April 2021
  2. Pengumuman Peserta SKD: 28 Mei 2021
  3. Pelaksanaan SKD: Juni 2021
  4. Pengumuman Hasil SKD: Juli 2021
  5. Tes Kesehatan, Kesamaptaan, Psikotes, dan Wawancara: 2 – 20 Agustus 2021
  6. Pengumuman Hasil Pantukhir: 2 September 2021

Perlu diperhatikan bahwa jadwal di atas bisa mengalami perubahan mengikuti kebijakan nasional situasi pandemi COVID-19. Informasi lebih lanjut akan diumumkan melalui laman SIPENCATAR.

 

  1. MUHAMMAD ADITYA PRANA YOGA / D.IV TRBU
  2. FAJRI PRIMA SAPDAROJI / D.IV TRBU
  3. MUHAMMAD YAZID ASWIN / D.IV TRBU
  4. WIRA SATYA RAMADHAN / D.IV TRBU
  5. RISA RIANA PUSPITA SARI/ D.IV TRBU
  6. ZUMROTUL KHILMI / D.IV TRBU
  7. HAPY APRIYANTI / D.IV TRBU
  8. ANGGORO RESTU FAUZI / D.IV TRBU
  9. FIRDAUS LAZUARDI / D.IV TRBU
  10. BELEN SRI HANDAYANI NAPITUPULU / D.IV TRBU
  11. AMANDA PUSPITA SYARI / D.IV TRBU
  12. DIAZ ADITAMA / D.IV TRBU
  13. SYAFRI BAIHAQI / D.IV TRBU
  14. MUHAMMAD RIZKY FADILAH / D.IV TRBU
  15. ANDRE SYAHPUTRA / D.IV TRBU
  16. RAHMAD BAGUS DEWANTA / D.IV TRBU
  17. MOCH. YOSFIKA AGUNG MAULANA / D.IV TRBU
  18. FRANSISKUS R. SIHALOHO / D.IV TRBU
  19. MOHAMMAD LUKMANUL HAKIM / D.IV TRBU
  20. ACHMAD BAYU SAPUTRA / D.IV TRBU
  21. RAHMAD BAGUS DEWANTA / D.IV TRBU
  22. M. FAJRI ASMI / D.IV TRBU
  23. HAILY SABARNAS / D.IV TRBU
  24. DIMAS PAKSI WIDADTAMA / D.IV TRBU
  25. MUHAMMAD ALDI SHIHAB / D.III MBU
  26. GUSTI PUTU FRENLYANTARA PUTRA / D.III MBU
  27. MERDIYANTO ARIFATUL MUHITH / D.III MBU
  28. MUHAMMAD AL HAFIED / D.III MBU
  29. SHERLY TRI APRIYANI / D.III MBU
  30. DIMAS RAMADHAN / D.III MBU
  31. AFIF ALAUDIN / D.III MBU
  32. REFKI FERNANDES / D.III MBU
  33. SHABRINA WAHYU KAMILLA / D.III MBU
  34. ROY RUNOLD SALIJO MUIR J.R / D.III MBU
  35. NATASYA FEBRIANTI / D.III MBU
  36. AL DAFFA DWI PRAYOGA / D.III MBU
  37. NADIRA DWI APRIANA / D.III MBU
  38. AINUNKAUTSARSHUNNINGPUTRA / D.III MBU
  39. SHAFITRA AMANDA / D.III MBU
  40. SISKA AULIA / D.III MBU
  41. RAIHANA ISRO FAWWAZIYAH / D.III MBU
  42. FAZA PRATAMA EKAPUTRA / D.III MBU
  43. MUHAMMAD ARIF ADITYAWAN / D.III MBU
  44. MUHAMMAD RAFII RABBANI / D.III MBU
  45. ZIGGY FACHRURAZI PURBA / D.III MBU
  46. WISNU LAKSONO / D.III MBU
  47. RHIKO VIRGO SYATRIO / D.III MBU
  48. MUHAMMADALIYUSUFPULUNGAN / D.III MBU
  49. JANUAR HIDAYAT / D.III MBU
  50. ARDIKA BRAMASTHA WICAKSONO / D.III MBU
  51. ROMMY FIRMANSYAH / D.III MBU
  52. CHEN CHEN MANGATUR AGAVE SIRAIT / D.III MBU
  53. IN MADE WINDA SARI DEWI / D.III MBU
  54. IMELDA ALKA NURJAHRAH  / D.III MBU
  55. RISA RIANA PUSPITASARI / D.III MBU
  56. M. AGUNG YULIANSYAH / D.III MBU
  57. RICCO HERNANDO MARIO SAPUTRA / D.III MBU
  58. ARDI DWI KURNIAWAN / D.IV TRBU
  59. HAKIM JUNIZAR HIDAYA / D.III MBU
  60. M. FARIS MAULANA HABIBILLAH / D.III MBU
  61. FAHRIZZA UZLIFA ZANNATU / D.IV TRBU
  62. WONG ANOM SUBOSITO / D.IV TRBU
  63. DERY ILHAM SYAHPUTRA / D.III MBU
  64. ZIDAN  ANDREAS SAGALA / D.IV TRBU
  65. KIMAS ABDILLAH YOGA TRENGGONO / D.III MBU
  66. MUHAMMAD ABIEZA RINTUNING / D.III MBU
  67. M. TARMIZI SAPUTRA / D.III MBU
  68. DESI AGUSTINA BR. SEMBIRING / D.IV TRBU
  69. MUHAMMAD FIKRI / D.III MBU
  70. DELLA OKTARIN / D.IV TRBU
  71. RIZAL AGUSTINA / D.III MBU
  72. MISBAHUDIN MAWRWAH / D.IV TRBU
  73. GERIANSYAH MANDA OKTAVIO / D.IV TRBU
  74. LIA DWI NESTIKA / D.III MBU
  75. AHMAD FAUZAN / D.III MBU
  76. SYARICA SARATULAIS / D.III MBU
  77. ENDANG KASWATI / D.IV TRBU
  78. LUCKY SHAPUTRA / D.IV TRBU
  79. M. MICO ALPASYAH / D.IV TRBU
  80. GEGIYENG ELVADINO / D.III MBU
  81. MUHAMMAD WAHYU ADITYA / D.IV TRBU
  82. RAKA ADLI PRIBADI / D.IV TRBU
  83. M. ZIKRI ILHAM MANSIS / D.IV TRBU

 

Referensi :

https://poltekbangplg.ac.id/

https://www.hotcourses.co.id/study-abroad-info/subject-info/mengenal-jurusan-manajemen-maskapai-dan-bandara/

https://poltekbangplg.ac.id/wp-content/uploads/2021/02/SK-DAN-PEDOMAN-PEMBELAJARAN-DARING_compressed.pdf