info@luluskedinasan.com

+62 859-2131-6683

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar dalam beberapa sumber sejarah yang ada, merupakan institusi pendidikan di bidang pelayaran atau maritim yang tertua di Makassar, Sulawesi Selatan, dan juga di kawasan timur Indonesia kini. PIP Makassar ini juga merupakan salah satu kampus pelayaran yang cukup tua di Indonesia karena telah didirikan sejak masa penjajahan Jepang dengan beberapa kali pergantian nama institusi pendidikan. Peminat dari kampus ini juga cukup banyak loh, penasaran seperti apa PIP Makassar ini? Langsung saja mari kita bahas lebih jauh tentang kampus kedinasan yang satu ini.

 

Sejarah Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar 

Pendirian sekolah khusus pelayaran kemudian mengilhami pembangunan sekolah pelayaran yang hampir sama di wilayah koloni Belanda, tepatnya di Hindia Belanda (Indonesia) pada permulaan abad ke-20. Pembangunan sekolah pelatihan untuk pelaut pribumi di wilayah Hindia Belanda, kemudian diputuskan dibuka di Makassar.Sebelum sekolah pelatihan pelayaran didirikan di Makassar, awalnya pelatihan untuk para pelaut pribumi bertempat di Batavia (kini Jakarta) dan dilakukan langsung di atas kapal. Sekolah pelatihan di Makassar tersebut diberi nama Kweekschool voor Inlandsche Schepelingen te Makassar (Sekolah Pelatihan Awak Kapal untuk Pribumi di Makassar), yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan akan para pelaut dari kalangan pribumi. Sesuai dengan fungsi pendiriannya, sekolah ini berlokasi di tepi pesisir pantai, tepatnya di Strandsweg atau sekarang bernama Jalan Rajawali.Bangunan ini pertama kali didirikan pada 1915 dan mulai diresmikan penggunaannya sejak 1916.Dengan biaya pembangunan yang tidak sedikit, maka lulusan dari sekolah tersebut diharapkan dapat mempekerjakan pemuda berusia 16-21 tahun, yang bisa membaca dan menulis serta mengenyam pendidikan dasar lanjutan.Sehingga, mereka dapatmembina pelaut, ahli pertukangan, dan opsir rendah yang berguna bagi armada laut Hindia Belanda.Model sekolah ini adalah sekolah yang dilengkapi dengan asrama.

Meskipun resminya kegiatan sekolah sudah dimulai sejak bulan Oktober 1915, tetapi kegiatan tersebut dimulai di atas kapal. Selama kegiatan tersebut, dua kelas telah dibentuk; satu terdiri dari kelasi-kelasi (matrozen) yang berasal darikapal-kapal tersebut, sementara yang lainnya adalah pelaut muda (licht-matrozen) yang baru direkrut dari Menado(Manado) dan Amboina (Ambon). Kegiatan pendidikan awalnya dilakukan di atas kapal Flotila Ms. “Asahan” dan kemudian di atas Ms. “Mataram” sampai bulan Februari 1916.Karena pelatihan berlangsung di atas kapal, untuk alasan praktis, maka kurikulum yang digunakan sedikit menyimpang.Hal ini karena para peserta pelatihan tersebut nantinya harus mengikuti lagi pelatihan di Kweekschool, dimana pendidikan terhadap pelayanan di kapal dan pekerjaan pelaut lebih dikedepankan.Kegiatan pendidikan di Kweekschool baru dimulai pada 5 Mei 1916 dengan 50 orang siswa.

Selama periode April 1916 – Oktober 1916, pelatihan pelayaran telah berlangsung hingga 11 Mei 1916 di atas kapalMs.“Mataram,” kemudian dilanjutkan ke sekolah pelatihan pelaut pribumi atau Kweekschool di Makassar.Karena masih banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan terhadap gedung dan lapangan di Kweekschool di Makassar, maka pelatihanbaru dapat dimulai pada bulan Juni 1916.Seorang guru pribumi tingkat dua mulai dipekerjakan di sekolah itu sejak 14 Agustus 1916. Pelatihan terdiri dari 3 divisi/kelas, yaitu: 1) pelatihan petugas sinyal (seiner-opleiding), 2) kelasi kelas 3 (berasal dari angkatan Oktober 1915) dan 3) kelasi muda (April 1916). Salah satu dari 4 petugas sinyal digugurkan karena penglihatan yang buruk.Sementara itu, 3 lainnya belum dapat dicalonkan sebagai petugas sinyal sesuai dengan persyaratan baru.

Tidak jelas sejak kapan Kweekschool voor Inlandsche Schepelingen te Makassar yang merupakan sekolah pelatihanpelayaran untuk pelaut pribumi ini pindah lokasi ke Laijangweg (sekarang Jalan Layang), yang kelak menjadi lokasi awal Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar. Memang diketahui bahwa di tahun 1921, dibangun 2 gedung baru untuk Kweekschool yang kemudian mulai digunakan setahun kemudian (1922). Tetapi, belum diketahui apakah gedung-gedung baru inilah yang berada di Laijangweg. Sewaktu masih bertempat di Strandsweg (Jalan Rajawali), sistem pendidikan di sekolah tersebut masih bersifat campuran, dalam artian terkadang pembelajaran secara teori selain dilaksanakan di sekolah, terkadang juga masih dilakukan di atas kapal Belanda. Sekolah tersebut akhirnya ditutup pada zaman Pendudukan Jepang di Makassar (1942-1945), sehingga kabar mengenai sekolah tersebut di masa itu tidak diketahui, meski di tahun 1943, gedungnya sempat dijadikan sebagai tempat internment (tempat tahanan internir) tentara KNIL maupun sekutu yang ditawan oleh tentara Jepang sebelum dipindah ke tempat lain.

Mengingat perbedaan tingkat, nama dan sifat sekolah maka sejarah singkat ini dibagi atas 3 (tiga) periode, yakni : Periode sebelum tahun, Periode tahun 1964 sampai tahun 1983, dan Periode tahun 1983 sampai sekarang yang bernama Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar. Kampus ini sendiri memiliki 2 gedung utama yang beralamatkan Kampus I PIP Makassar di Jl. Tentara Pelajar No.173, Malimongan Tua, Kec.Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90165, dan Kampus II PIP Makassar Salodong di Jl. Salodong, Untia, Kec. Biringkanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90552.

 

Program Studi Dan Program Diklat Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar 

Di kampus ini terdapat beberapa program studi yang ditawarkan kepada taruni/taruninya. Selain Program Studi yang biasa terdapat di Sekolah Kedinasan sejenis (di bawah Kemenhub), Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar juga menyelenggarakan sekitar 2 (dua) Program Diklat yang lain yaitu Diklat Keterampilan Pelaut dan Diklat Pemberdayaan Masyarakat.

  1. Diploma IV Pelayaran
  2. Program Studi Nautika
  3. Program Studi Teknika
  4. Program Studi Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan
  5. Diklat Pelaut III Pembentukan

Diklat Pelaut – III Pembentukan adalah diklat pembentukan pelaut baru tingkat perwira Ahli Nautika/ Ahli Teknika Tingkat – III dengan input peserta didik dari SMA/MAN/SMK maupun lulusan Sarjana atau S1. 

  1. Diklat Pelaut Peningkatan
  2. Ahli Nautika Tingkat – I (ANT – I)
  3. Ahli Teknika Tingkat – I (ATT-I)
  4. Ahli Nautika Tingkat – II (ANT – II)
  5. Ahli Teknika Tingkat – II (ATT – II)
  6. Ahli Nautika Tingkat – III (ANT – III)
  7. Ahli Teknika Tingkat – III (ATT – III)
  8. Ahli Nautika Tingkat – IV (ANT – IV)
  9. Ahli Teknika Tingkat – IV (ATT – IV)

Diklat Keahlian Pelaut dan Diklat Keterampilan Khusus Pelaut, yang terdiri dari beberapa tingkat kompetensi dan keterampilan khusus dalam penyediaan tenaga ahli dan terampil, seperti berikut :

  1. Diklat Basic Safety Training (BST)
  2. Diklat Proficiency in Survival Craft and Rescue Boat (PSCRB)
  3. Diklat Advanced Fire Figting (AFF)
  4. Diklat Medical First Aids (MFA)
  5. Diklat Medical Care (MC)
  6. Diklat Tanker Familiarization (TF)
  7. Diklat Radar Simulator (RS)
  8. Diklat ARPA Simulator (AS)
  9. Diklat Ship Security Officers (SSO)
  10. Diklat GOC – GMDSS (GOC – GMDSS)
  11. Diklat Seafares Designated Security Duties(SDSD)
  12. Diklat Bridge Resources Management (BRM)
  13. Diklat International Management Code (ISM – Code)
  14. Diklat International Maritime Dangerous Goods Code (IMDG – code)
  15. Diklat Engine Resources Management (ERM)
  16. Diklat ship Security Officer (SSO)
  17. Diklat Ship Awareness Training (SAT).

Sedangkan Diklat Pemberdayaan Masyarakat bersifat gratis tersebut digelar dalam upaya menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas di bidang transportasi darat, laut dan udara.Diklat tersebut merupakan salah satu program unggulan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk menjawab tingginya kebutuhan tenaga handal di sektor transportasi.Kepala BPSDM Perhubungan Dr. Wahju Satrio Utomo mengatakan, penyelenggaran diklat tersebut merupakan realisasi Peraturan Pemeirntah (PP) PP Nomor 78 Tahun 2014 tentang Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal dan PP Nomor 51 Tahun 2012 tentang SDM di Bidang Transportasi.

 

Sistem Perkuliahan Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar 

Tata cara penyelenggaraan pembelajaran di PIP Makassar antara lain adalah pembelajaran di kelas, praktik simulator dan laboratorium, praktek laut dan praktek darat, pembentukan fisik, moral, mental, dan kesamaptaan, ceramah dan kuliah umum, kunjungan lapangan, seminar atau lokakarya, serta penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.Selama mengikuti masa pembelajaran di PIP Makassar maka semua taruni/taruni diharuskan tinggal di asrama yang telah ditentukan oleh kampus.

Fasilitas Pendukung Kelancaran Perkuliahan :

  1. Simulator Engine Room Control adalah salah satu fasilitas pendidikan bagi peserta didik jurusan Teknika.
  2. Full Mission Ship Simulator disingkat FMSS adalah salah simulator yang digunakan untuk melatih para peserta didik dalam bernavigasi di atas kapal. peserta didik yang memilih jurusan Nautika harus memiliki kompetensi yang memadai untuk menakhodai kapal dengan selamat sampai ke tujuan.
  3. Kapal Latih Sultan Hasanuddin melengkapi Laboratorium dan simulator yang sudah ada dalam rangka menunjang pencapaian kompetensi taruna dan taruni Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar. Training Vessel KL. Sultan Hasanuddin melalui penganggaran tahun 2016 – 2017 telah dibangun untuk selanjutnya digunakan oleh taruna-taruni untuk melaksanakan praktek secara real baik untuk prodi Nautika, Teknika maupun Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan.
  4. Kolam Latih Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar terletak di Kampus I jalan Tentara Pelajar Nomor 173 Makassar. Luas 14 x 18 meter dan kedalaman 4 meter merupakan tempat berlatih bagi peserta didik yang mengikuti Diklat Keterampilan Khusus Pelaut (DKKP) Basic Safety Training (BST) . Kolam dilengkapi pula dengan Boat David untuk kegiatan Simulasi penurunan Sekoci Penyelamat.
  5. Lecture Theater atau Ruangan Pembelajaran berbentuk Theater, bertempat di Kampus II PIP Makassar sebanyak 3 unit. Memiliki daya tempung sebanyak masing-masing 500 orang.

 

Biaya Pendidikan Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar

Rincian Biaya Pendidikan Calon Taruna/I Pola Pembibitan  Program D.IV Pelayaran Tahun Akademik 2020/2021pada Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar. Berdasarkan kepada :

  1. Peraturan Menteri Keuangan Nomor : 44/PMK.05/2018 tertanggal 3 Mei 2018 tentang Tarif Layanan Badan Layanan Umum Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar pada Kementerian Perhubungan;
  2. Surat Edaran Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar tertanggal 22 Mei 2018 tentang Pemberlakuan Peraturan Menteri Keuangan Nomor : 44/PMK.05/2018;
  3. Pengumuman Menteri Perhubungan Nomor : PG.04 Tahun 2020 tanggal 2 Juni 2020 tentang Penerimaan Calon Taruna/Taruni Pola Pembibitan pada Perguruan Tinggi di Lingkungan Kementerian Perhubungan Tahun Akademik 2020/2021;

Terkait butir 1 (satu) tersebut diatas, berikut ini kami sampaikan Rincian Biaya Pendidikan Calon Taruna / I Pola Pembibitan Program D-IV Pelayaran Tahun Akademik 2020/2021 pada Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar sebagaimana terlampir pada pengumuman ini. Demikian pengumuman ini dibuat, untuk dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya.

 

Prospek Kerja Lulusan Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar

Pelaut profesional adalah profesi yang asyik dan menjanjikan.Bagaimana tidak lapangan kerjanya begitu luas karena secara teritorial lautan lebih luas daripada daratan, berbanding 71 persen lautan dan 29 persendaratan. Berikut merupakan prospek lapangan pekerjaan bagi para lulusan politeknik ilmu pelayaran Makassar :

  1. Operator Pelabuhan-pelabuhan
  2. Perusahaan Pelayaran
  3. Perusahaan Ekspor dan Impor
  4. Perusahaan Asuransi
  5. Freight Forwarder
  6. PNS Istansi Pemerintah /TNI/Polri

 

Informasi Pendaftaran Sipencatar Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar 2021

Jika kita ingin mendaftar dikampus ini ada beberapa hal yang bisa kalian lihat seperti pada umumnya Sipencatur untuk Dephub kampus PIP juga masuk dalam seleksi yang ada, persyaratan untuk bisa mendaftar terbagi dalam beberapa yaitu sebagai salah satu kampus kedinasan  yang ada dengan ketentuan pendaftaran sebagaimana ikatan dinas Dephub. kita akan membahas mengenai cara pendaftaran PIP yang ada di Makassar, sekaligus seperti sebelumnya masih dalam satu kawasan yaitu CPNS Dephub untuk itu ada beberapa hal seperti yang disampaikan diatas mengenai mekanisme persyaratan ataupun lainnya yang harus disiapkan untuk bisa melakukan pendaftaran berikut kami berikan informasi lengkap dikutip dari situs resmi https://sipencatar.dephub.go.id

Persyaratan Ijasah Kelulusan/Jurusan.

Jurusan D.IV KALK

  1. SMU/MA (IPA/IPS),
  2. SMK Jurusan Bidang Keahlian Bisnis, Manajemen Program Keahlian Administrasi Perkantoran, Akuntansi, Pemasaran, Perbankan, Asuransi dan Usaha Kecil Menengah. 

Jurusan D. IV Teknik

  1. SMK Pelayaran + ATT-IV, SMK/MA Jurusan Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika (kecuali Audio Video), Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Pendingin dan Tata Udara dan Teknik Perkapalan untuk Program Keahlian Instalasi Permesinan Kapal, Teknik Pengelasan Kapal, Teknik Instrumentasi Industri dan Teknik Mekatronika. Diklat Pelaut IV Pembentukan + ATT-IV.

Jurusan D. IV Nautik

  1. SMU/MA (IPA)
  2. SMK Pelayaran + ANT-IV,Diklat Pelaut IV Pembentukan + ANT-IV.

Selain jurusan ataupun persyaratan untuk Ijasah Kelulusan tentu panitia seleksi tidak terhenti sampai disini saja karena ada beberapa persyaratan pendaftaran lainnya yang harus dipenuhi berikut kami akan melampirkan kewajiban peserta untuk dapat mengikuti seleksi harus memenuhi semua persyaratan yang ada sebagai berikut.

 

Persyaratan Pendaftaran PIP Makassar

  1. Usia maksimum 23 tahun pada bulan pendaftaran tahun ini;
  2. Jenis Kelamin: Pria atau Wanita;
  3. Belum menikah dan sanggup tidak menikah selama masa pendidikan dibuktikan dengan Surat Pernyataan;
  4. Tinggi badan minimal Pria 160 cm, Wanita 155 cm;
  5. Melampirkan Pas Photo terbaru ukuran 4 x 6 berwarna dengan latar belakang merah, Ijazah/STTB, nilai UN, Akte Kelahiran dan Surat Keterangan Belum Menikah dari Kelurahan/Desa; 
  6. Bagi yang masih duduk di Kelas XII SLTA, melampirkan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah sebagai Peserta UN;
  7. Membayar biaya pendaftaran, dengan ketentuan sebagai berikut : 1) Untuk Program Studi Transportasi Darat sebesar Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah); 2) Untuk Program Studi Transportasi Laut sebesar Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah), kecuali Program Studi di Poltekpel Surabaya; 3) Untuk Program Studi Transportasi Udara sebesar Rp. 150.000,- (seratus lima puluh ribu rupiah); 4) Untuk Program Studi Poltekpel Surabaya sebesar Rp. 150.000,- (seratus lima puluh ribu rupiah).

Bagi yang sudah memenuhi semua persyaratan pendaftaran seperti yang telah dijelaskan diatas maka sudah bisa melanjutkan proses pendaftaran nah sampai pada informasi ini kami akan berikan beberapa informasi terkait cara untuk melakukan pendaftaran PIP Makassar untuk lebih jelas kami akan lampirkan beberapa hal seperti berikut.

 

Persyaratan Pendaftaran Lainnya PIP Makassar

  • Pendaftaran dilaksanakan secara online mulai tanggal yang telah ditentukan melalui portal BPSDM di http://bpsdm.dephub.go.id;
  • Tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada portal BPSDM di http://bpsdm.dephub.go.id mulai tanggal yang telah ditentukan;
  • Pola Pembibitan :
  1. Khusus program studi STTD, BPPTD Palembang dan BPPTD Bali terdapat 2 (dua) jalur penerimaan yaitu Regular dan Pola Pembibitan Putra/i daerah;
  2. Calon peserta Pola Pembibitan sebelum login melalui portal BPSDMP wajib mendaftar melalui Portal Nasional Seleksi Penerimaan Siswa Pendidikan Ikatan Dinas Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (KEMENPAN RB), untuk mendapatkan username, password  dan konfirmasi pendaftaran melalui email  yang selanjutnya digunakan sebagai data login  pendaftaran di Portal BPSDMP. Tata cara, syarat pendaftaran dan daerah pola pembibitan dapat diakses pada portal http://panseldikdin.menpan.go.id. 
  • Pendaftaran dimulai tanggal yang telah ditentukan; 
  • Tes Potensi Akademik dilaksanakan pada tanggal sesuai jadwal; 
  • Tidak diadakan surat menyurat antara peserta seleksi dengan Panitia Seleksi Penerimaan Calon Taruna Pendidikan dan Pelatihan Perhubungan; 
  • Tahapan seleksi menggunakan sistem gugur; 
  • Hasil seleksi akan diumumkan pada website Kementerian Perhubungan (www.dephub.go.id) dan BPSDMP (bpsdm.dephub.go.id); 
  • Uang pendaftaran tidak dapat ditarik kembali bila sudah disetorkan.

 

Tahapan Seleksi PIP Makassar 2021/2022

  1. Seleksi Tahap I : Pendaftaran
  2. Seleksi Tahap II : Seleksi Administrasi
  3. Seleksi Tahap III : Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes
  4. Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP);
  5. Seleksi Tahap IV : Tes Akademik;
  6. Seleksi Tahap V : Psikotes;
  7. Seleksi Tahap VI : Tes Kesehatan
  8. Seleksi Tahap VII : Kesamaptaan dan wawancara
  9. Seleksi Tahap VIII (khusus untuk Program Studi D-lV Penerbang) : Tes Kesehatan II, dan Tes Bakat Terbang

 

Untuk memantapkan diri agar bisa masuk Sekolah Kedinasan, kamu dapat mengikuti TRY OUT PRIORITY yang sudah meluluskan lebih dari 5.000 orang. Silahkan Join Try Out ini.

 

Bagaimana menurutmu setelah membaca informasi diatas? Semoga kamu dapat mengikuti jejak kakak Alumni PIP Makassar yang mengikuti seleksi CPNS pada tahun 2018 lalu ya!

  1. S3009101320000001 / GEORGE WILIAM
  2. S3009101730000749 / M ANDHIKA REZKI UTOMO S
  3. S3009101730000017 / MUHAMMAD RYAN FAUZAN
  4. S3009101730000023 / MUHAMMAD SYAFIRUL
  5. S3009102530000001 / NADILA ESTER LENABY RADJA
  6. S3009201730000727 / WANANTO MARCHES BANGNGA
  7. S3009102730000364 / A L F I A N I
  8. S3009101360000003 / INERTIA MOMENTIO DIRMAN
  9. S3009101730000019 / AFDHAL ALWY
  10. S3009102730000351 / ZITTI SHOFIYYAH CHAIRUNNISA
  11. S3009101730000391 / AHSAN MZ
  12. S3009101730000231 / RESKI
  13. S3009062330000078 / FELLICIA DEA ADAMA
  14. S3009101730000618 / MUH. AMAL ILHAMFIKRI
  15. S3009101730000703 / WIRA IMANUEL R£SKY PAGALA
  16. 3009101730000556 / ANDRE
  17. S3009I01730000040 / M. ALDIN R.
  18. S3009101730000106 / MUHAMMAD FAJRI BAHAR
  19. S3009101730000052 / MUHAMMAD AKBAR ADLANI
  20. S3009101730000432 / ROLAND ADITYA MUNDY
  21. S3009101350000003 / KURNIA AKBAR NUR FAKHRI
  22. S3009201730000324 / AGUS SAPUTRA
  23. S3009101360000002 / IFISAN MUHAMMAD
  24. S3009101730000011 / MUHAMMAD ADLAN FADILAH
  25. S3009101730000692 / RAHFFLY ANUGRAH ILAHI
  26. S3009101730000499 / ANDI SYAMSU ALAM
  27. S3009102730000397 / YUNISHA MILLENDA
  28. S3009102730000337 / NUR FAJRIAH ISMIRAJ
  29. 53009101730000549 / BASO LUTHFI ALFATH BAHARI
  30. S3009101730000208 / MUH PUNGKY ARIWIBOWO
  31. S3009102730000730 / ALFIYYAH NOVELY GUSLAH
  32. S3009101730000377/ MUHAMAD FARUOI
  33. S3009101830000008  / MUHAMMAD AKMAL
  34. S300S101730000574 / M.IMAM MA’RUF
  35. S3009101730000166 / REYSART A SOPLANTILA
  36. S3009102730000700 / DWI TANTRI AYU SAFITRI ARSYAD
  37. S3009102730000805 / RINA ANGGEREANI IDRIS
  38. S3009102730000322 / ZAINAB LLfTFIYAH
  39. S3009101730000249 / MUHAMMAD AKSAL DAHLAN
  40. S3009102730000216 / MELANI
  41. S3009101730000263 / ADLU GUNAWAN
  42. S3009101830000002 / AKSLAN HIDALTHAN TOMBOKAN
  43. S3009101730000031 / BAHAUDDIN MUHAMMAD YAHYA
  44. S3009101730000277 / FACHREZY SYAPARA
  45. S3009101I20000004 / ZEFANYA WINNER PURBA
  46. S3009101730000376 / MUH. RAHMAT KADIR
  47. S3009101730000490 / SAHRUL GUNAWAN
  48. S3009101730000512 / NELSON MARIN
  49. S3009101310000001 / MUHAMMAO FATUR ARRAHMAN
  50. S3009101710000003 / ALVIANSYAH BONDE
  51. S3009101730000627 / AHMAD HIDAYAT
  52. S3009101730000356 / ALDIRA HUKMAN MAHFUD WARDHANA
  53. S353009101730000471/ MUHAMMAD AZMI AL FAIQ
  54. S3009201320000002/ WENDY OKTAVIANSYAH
  55. S3009101730000597 / NURMAHDI BAHARUDDIN
  56. S3009101730000088 / ALWI LIM8ONG ALLO
  57. S3009101730O00614 / MUH KHAERIL HAFIDZULLAH
  58. S3009102730000416 / NURUL AINUN
  59. S3009101730000814 / MUH ROFIULLAH RUSTAM
  60. S3009101730000310 / YEHEZKIEL PORTIBI SIMATUPANG
  61. S3009102730000399 / RISKA RAHIM
  62. S3009101730000758 / NICOLAS JUI TANDIANGIN
  63. S3009101730000686 / ANDI FEBRIANTO
  64. S3009101730000217 / MUHAMMAD MAHADIN B
  65. S3009101730000659 / FRIMUSANOI GE8RIAL TALEBONG
  66. S3009101730000242 / REHDI SUPRIADI SUTANTO
  67. S3009101640000003 / MUHAMMAD ROMI PRATAMA PUTRA
  68. S3009102730000232 / WD. FITRA DAYANA
  69. S3009102730000492 / BELLA SASKIAH MUCHLIS
  70. S3009101730000637 / YUDHA ANUGRAH TANGDILINTIN
  71. S3009101730000278 /  MUHAMMAD RAFLY RAMDFIANI
  72. S3009101350000001 / MUH.RASYID  RIDHO HARLIMAN
  73. S3009101640000004 / WILLYBRORDUS SUHENDRA PASUDI
  74. S3009101730000241 / VINO YURI ADITYA
  75. S3009102730000059 / NUR MUKARRAMA. M
  76. S3009101730000449 / ALIM NUARY
  77. S3009102730000713 / ANANDHA M
  78. S3009102730000752 / ANDI TENRI BATARI SYAMSUL ALAM
  79. S3009101730000594 / MUHAMMAD ALIF RUHUL PAHSA
  80. S3009101350000002 / ANDHIKA DZAHKWAN KUSNANDAR
  81. S3009101730000356 / MUHAMMAD ALHIEF FEBRIYANTO
  82. S3009101730000291 / WIRA KUSUMA AHMAD
  83. S3009101730000636 / DENI KURNIAWAN
  84. S3009101730000183 / ANUR IMAMSYAH AMALIA
  85. S3009101720000006 / WILLIAM BRAM MANGA
  86. S3009101730000302 / MUHAMMAO ENDRIL MUHARRAM
  87. S3009102730000Z36 / NUR ISNAINY
  88. S300S102730000587/ FEYRISHA NUGRANI TANGDILINTIN
  89. S3009101730000426/ ANDI HIDAYAT KURNIAWAN
  90. 53009102 F30000536 / ANDI KIRANA EKAYA FAJAR
  91. S3009101730000378 / MOH RIFKI RIANSYAH
  92. S3009101730000455 / JUNIOR NICOLA NUGRAHA.
  93. S3009101610000001 / SASI KIRANA
  94. S3009101730000477 / HARYANDHI DWIPLITRA P
  95. S3009101310000003 / JOHANES EISEN TAMPUBOLON
  96. S300910173000019S / ASWAR RAHMAN
  97. S3009101730000015 / EIREN ALRA ANDI PAMPANG
  98. S300910Z 7300005J6 / MUH. MAPPATUNRU
  99. S3009101730000315 / SABRI
  100. S3009101730000623 / MUH. ALL YAHYA

 

 

Referensi :

http://pipmakassar.ac.id/wp1/

https://info.sipencatar.com/2018/12/prodi-pipm.html

https://www.pendaftaran.net/2016/07/cara-pendaftaran-pip-makassar.html