info@luluskedinasan.com

+62 859-2131-6683

Halo, sahabat Priority! Kali ini, kita akan beranjak ke pembahasan mengenai sekolah kedinasan yang berada dibawah naungan kementerian perhubungan yang ada ibu kota Indonesia yaitu Jakarta tepatnya berada di Jakarta Utara. Awalnya, STIP Jakarta dikenal dengan nama Akademi Ilmu Pelayaran (AIP) atau Pendidikan dan Latihan Ahli Pelayaran (PLAP). Sekolah tinggi yang telah berdiri selama lebih dari 50 tahun ini merupakan akademi pelayaran pertama di Indonesia. Peresmiannya pun dilakukan secara langsung oleh Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno. Setelah berulang kali mengalami perubahan nama, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran pun digunakan secara resmi pada tahun 2000. Untuk lebih jelasnya, mari kita telusuri STIP Jakarta.

 

Sejarah Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran adalah Pendidikan pelayaran yang berada dibawah naungan Badan Diklat Perhubungan Republik Indonesia. Berdiri sejak tahun 1953 Akademi Ilmu Pelayaran yang menyelenggarakan Program Diploma III (setara dengan BSc) dengan 2 jurusan antara lain: Nautika dan Teknika (sertifikat kompetensi kelas III), lama pendidikan 3-4 tahun. Pada tanggal 27 februari 1957 AIP diresmikan oleh Presiden Pertama RI Ir. Soekarno.Saat itu juga menjadi Akademi Pelayaran Pertama di Indonesia.Lokasi kampus berada di Jl. Gunung Sahari, Mangga Dua Ancol, Jakarta Utara.Pada tahun 1962 AIP menyelenggarakan kerjasama dengan Akademi Pelayaran Amerika yaitu Kings Point untuk kelas khusus. Sejak didirikan, AIP telah memiliki reputasi yang baik sebagai Pusat pendidikan Pelayaran sehingga pada tahun 1974 sampai dengan 1984 AIP berhasil menyelenggarakan pertukaran pelajar dengan Tanzania, Malaysia dan Bangladesh.

Pada tahun 1964 Akademi Ilmu Pelayaran Niaga dan Akademi Telekomunikasi dilebur menjadi Akademi Ilmu Pelayaran.sehingga AIP mendapat lisensi untuk melaksanakan 4 program studi: Nautika, Teknika, Ketatalaksanaan dan Kepelabuhanan (KTK) dan Elektronika & Telekomunikasi. Pada tahun 1983 Akademi Ilmu Pelayaran berubah nama menjadi Pendidikan dan Latihan Ahli Pelayaran (PLAP) dan diberikan lisensi untuk melaksanakan program Strata A, Strata B dan Strata C dengan 4 jurusan: Nautika, Teknika, Telekomunikasi Pelayaran dan Ketatalaksanaan dan Kepelabuhanan (KTK). Pada Strata A merupakan program 3 tahun yang setara dengan BSc dengan sertifikat kepelautan kelas 3, Strata B merupakan program 1 tahun untuk pelaut yang memiliki pengalaman berlayar 2 tahun setelah mengikuti pendidikan Strata A dan memiliki sertifikat kepelautan kelas 2 dan Strata C merupakan program pendidikan dengan sertifikat kepelautan kelas 1. tahun 1995 PLAP mendapatkan lisensi untuk menyelenggarakan Program Diploma IV dengan 3 Jurusan: Nautika, teknika dan Ketatalaksanaan dan kepelabuhanan (KTK) yang setara dengan Sarjana program kepelautan.

Pada tahun 1998 Institut diberi lisensi untuk menyelenggarakan Diklat Familiarization Training, Basic Safety Training, Proficiency in Survival Craft and Rescue Boat, Advance Fire Fighting, Tanker Familiarization, Oil Tanker, Liquified Gas Tanker, Chemical Tanker, GOC-GMDSS, Medical First Aid Training, Medical Care Training dan Radar /ARPA Training. Pada bulan maret 2000 Pendidikan dan Latihan Ahli Pelayaran (PLAP) berubah status menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) dengan struktur organisasi baru yang membuka kesempatan bagi STIP untuk menjawab tantangan melaksanakan tingkat pendidikan yang lebih tinggi sampai ke jenjang S2 dan S3.Dan akhirnya pada bulan april 2002 STIP menempati Kampus baru di Marunda Jakarta Utara. 

 

Program Studi Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta memiliki 3 Program Studi yakni Nautika, Teknika dan Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan.Ketiga Program Studi tersebut semuanya mendapat Akreditasi dengan Peringkat “A”.  Secara garis besar, terdapat dua jenis pendidikan yang bisa diambil di STIP Jakarta, yaitu Program Diploma IV (berlangsung selama 8-14 semester) dan Program Diklat Pelaut (pelatihan selama kurang lebih 30 bulan). Lebih lengkapnya yaitu sebagai berikut.

Program Diploma IV Nautika

Siswa yang mengambil program ini akan belajar mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan cara berlayar dan pengemudian kapal (bagian dek kapal).

Program Diploma IV Teknika

Program studi ini berfokus pada berbagai ilmu mengenai permesinan kapal dengan berbasis metodologi modern dan teknologi informasi.

Program Diploma IV Ketatalaksanaan Angkatan Laut dan Kepelabuhan (KALK)

Program KALK merupakan program studi yang diminati oleh banyak orang. Hal ini terjadi karena lulusan dari KALK akan memiliki peluang kerja yang lebih luas.

  1. Program Diklat Pelaut Jurusan Nautika
  2. Program Diklat Pelaut Jurusan Teknika
  3. Program Diklat Keterampilan Pelaut
  4. Program Kerjasama Diklat Keterampilan Pelaut

 

Sistem Perkuliahan Di STIP Jakarta

Selama menempuh perkuliahan di STIP Jakarta, taruna/taruni wajib mengikuti berbagai aturan yang telah ditetapkan oleh kampus STIP Jakarta dan juga berhak memakai berbagai fasilitas yang telah disediakan oleh kampus ini. Aturan dan fasilitas di STIP Jakarta dapat dilihat sebagai berikut :

Sistem Pengajaran

  1. Semua peserta didik diasramakan dan disebut Taruna / Taruni STIP Jakarta
  2. Pendidikan menggunakan sistem kredit semester (SKS) dengan beban studi 150 – 160 SKS
  3. Semester 1, 2, 3 dan 4 pelajaran teori dan praktik laboratorium di kampus
  4. Semester 5 dan 6 praktek di pelabuhan, perusahaan atau kapal-kapal niaga selama 1 (satu) tahun penuh
  5. Semester 7 dan 8, Taruna/Taruni dilengkapi dengan materi kuliah Diploma IV dan materi kuliah teori untuk kompetensi ANT – II, ATT-III, dan Diploma IV tergantung program studinya.

 

Fasilitas

  1. Auditorium
  2. Ruang Kelas
  3. Simulators, yang terdiri dari : ARPA simulator, Full mission ship bridge simulator, Engine room simulator, PC GMDSS simulator, Real equipment GMDSS SIMULATOR, Radar trainer simulator, CBT simulator, dan NET simulator.
  4. Laboratorium, meliputi : Lab boiler, Lab firefighting, Lab fisika, Lab kecakapan bahari, Lab bahasa, Lab permodelan kapal, Lab las, Lab listrik, Lab bubut, Lab motor diesel, Lab pendingin, Lab pesawat bantu, Lab control, Lab teknologi mekanik, Lab refrigerant container, Lab menjangka peta, dan Lab elektronik.
  5. Asrama Taruna-Taruni berkapasitas 1000 orang
  6. Kolam latih
  7. Masjid
  8. Gereja
  9. Sarana Olahraga, meliputi : Lapangan Sepak bola, Sports hall, Kolam renang, Lapangan Tenis, Lapangan Volley, dan Fitness Center.
  10. Perpustakaan
  11. Klinik khusus untuk pegawai,taruna dan taruni
  12. WiFi Campus Area

 

Biaya Pendidikan Di STIP Jakarta

Biaya pendidikan di STIP Jakarta besarannya tergantung dengan jenis jalur masuk para pendaftar yang dinyatakan lulus sebagai taruna/i. Sebelumnya perlu diketahui jalur penerimaan STIP Jakarta terbagi menjadi 2 jalur penerimaan yakni: Pola Pembibitan dan Jalur Reguler. Biaya pendidikan Pola Pembibitan lebih murah dibandingkan dengan jalur Reguler, dikarenakan biaya yang bersifat akademik ditanggung negara.Sedangkan Jalur Reguler biaya pendidikan baik yang bersifat akademik maupun non akademik (penunjang/permakanan dll) dibebankan kepada taruna/i.

 

Pola Pembibitan

Pola pembibitan ini sama dengan ikatan dinas, peserta pendidikan Pola Pembibitan nantinya setelah menyelesaikan masa pendidikan, dapat diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara. Tahapan seleksi akan dilaksanakan bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara dengan diselenggarakan Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Potensi Akademik (TPA) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) seperti pada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Sipencatar Pola Pembibitan terbagi atas dua kategori yaitu Pola Pembibitan Kemenhub Pola Pembibitan Daerah.Namun Program Studi Pola Pembibitan Pemerintah Daerah hanya dilaksanakan oleh Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) saja atau STIP Jakarta tidak ada kuota untuk pola pembibitan Pemda.

Selama mengikuti pendidikan pola pembibitan di STIP biaya akademik (biaya SPP atau Semester, biaya Masa Dasar Pembentukan Karakter) ditanggung oleh Pemerintah.Sedangkan biaya non akademik (biaya penunjang akademik, biaya permakanan, biaya kegiatan ketarunaan, wisuda, dll) menjadi tanggungan Calon Taruna/Taruni sesuai dengan ketentuan Perundangan yang berlaku pada masing-masing sekolah kedinasan.

Keterangan :

  1. Biaya penunjang akademik dibayarkan satu kali di awal pendidikan;
  2. Biaya permakanan dibayarkan tiap bulan;
  3. Biaya dapat berubah sesuai dengan Peraturan Perundangan yang berlaku.

 

Pola Reguler

Pada penerimaan mahasiswa baru STIP Jakarta jalur reguler dikenakan biaya pada setiap tahapan seleksi seperti biaya pendaftaran biaya, tes akademik dan biaya psikotest. Jika masih berlanjut ke tahap selanjutnya dikenakan lagi biaya tes kesehatan, kesamaptaan dengan daftar sebagai berikut:

 Perbedaan biaya antara Pola Reguler dengan Pola Pembibitan (ikatan dinas) terletak pada komponen biaya akademik/pendidikan. Taruna/i Pola Pembibitan dibebaskan dari biaya pendidikan yang ditanggung negara sedangkan Pola reguler biaya akademik dibebankan kepada taruna/i. Komponen biaya lainnya seperti permakanan dan pencucian taruna, Biaya Perlengkapan Calon taruna dan MADATUKAR Calon taruna harus ditanggung taruna/i untuk semua jalur.

 

Biaya Pola Pendidikan Reguler di STIP Jakarta 2020/2021

 

 

Prospek Kerja Lulusan STIP Jakarta 

Sering kali banyak orang bertanya mengenai lulusan STIP Jakarta nantinya akan bekerja dimana. Hal ini tentu saja wajar untuk dipertanyakan mengingat stigma masyarakat yang menginginkan anaknya langsung mendapatkan kerja setelah lulus dalam menempuh pendidikan tinggi. Ada banyak prospek kerja yang menggiurkan jika Anda adalah lulusan STIP Jakarta.Di bawah ini adalah beberapa prospek kerja yang bisa dipilih sebagai taruna lulusan dari STIP Jakarta.

  1. Perwira diatas kapal milik perusahaan Pelayaran Asing dan Domestik
  2. Industri Pelayaran
  3. On Shore / Off Shore (Pengeboran Minyak)
  4. Instansi Pemerintah
  5. TNI / POLRI
  6. Biro Klasifikasi Asing dan Domestik
  7. Pemegang kendali atas pelabuhan- pelabuhan yang tersebar di seluruh Indonesia
  8. Perhotelan
  9. Perusahaan Pelayaran Nasional dan Internasional, BUMN dan Instansi Pemerintah dan swasta yang bergerak dibidang:
  10. Export Import
  11. Surveyor
  12. Asuransi Maritim
  13. Freight Forwarder
  14. Logistic
  15. Bongkar Muat.

 

Informasi Pendaftaran STIP Jakarta 2021

Bagi yang belum mengetahui informasi pendaftaran STIP Jakarta, disini akan diberikan beberapa informasi terkait penerimaan dan caranya salah satu hal penting yang harus dipenuhi adalah persyaratan pendaftaran berikut kami mulai dari syarat STIP Jakarta.

  1. Usia maksimum 23 tahun pada tahun ini
  2. Jenis Kelamin: Pria atau Wanita;
  3. Belum menikah dan sanggup tidak menikah selama masa pendidikan dibuktikan dengan Surat Pernyataan;
  4. Tinggi badan minimal Pria 160 cm, Wanita 155 cm;
  5. Melampirkan Pas Photo terbaru ukuran 4 x 6 berwarna dengan latar belakang merah, Ijazah/STTB, nilai UN, Akte Kelahiran dan Surat Keterangan Belum Menikah dari Kelurahan/Desa; 
  6. Bagi yang masih duduk di Kelas XII SLTA, melampirkan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah sebagai Peserta UN;
  7. Membayar biaya pendaftaran, dengan ketentuan sebagai berikut :
  • Untuk Program Studi Transportasi Darat sebesar Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah);
  • Untuk Program Studi Transportasi Laut sebesar Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah), kecuali Program Studi di Poltekpel Surabaya;
  • Untuk Program Studi Transportasi Udara sebesar Rp. 150.000,- (seratus lima puluh ribu rupiah);
  • Untuk Program Studi Poltekpel Surabaya sebesar Rp. 150.000,- (seratus lima puluh ribu rupiah).

Bagi yang sudah memenuhi semua persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan kalian bisa mengikuti pendaftaran untuk STIP Jakarta kemudian ada dua jalur masuk yang bisa anda ikuti pertama jalur seleksi untuk penerimaan Pembibitan dan jalur Reguler kali ini kita akan membahas khusus jalur masuk untuk seleksi yang diadakan oleh Menpan untuk itu berikut kami berikan informasi lengkap.

 

Cara Pendaftaran STIP Jakarta

  1. Pendaftaran dilaksanakan secara online mulai tanggal yang telah ditentukan melalui portal BPSDM di http://bpsdm.dephub.go.id;
  2. Tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada portal BPSDM di http://bpsdm.dephub.go.id mulai tanggal yang telah ditentukan;
  3. Pola Pembibitan : Calon peserta Pola Pembibitan sebelum login melalui portal BPSDMP wajib mendaftar melalui Portal Nasional Seleksi Penerimaan Siswa Pendidikan Ikatan Dinas Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (KEMENPAN RB), untuk mendapatkan username, password  dan konfirmasi pendaftaran melalui email  yang selanjutnya digunakan sebagai data login  pendaftaran di Portal BPSDMP. 
  4. Tata cara, syarat pendaftaran dan daerah pola pembibitan dapat diakses pada portal http://panseldikdin.menpan.go.id. 
  5. Pendaftaran dimulai tanggal yang sudah ditentukan;
  6. Tes Potensi Akademik dilaksanakan pada tanggal sesuai jadwal;
  7. Tidak diadakan surat menyurat antara peserta seleksi dengan Panitia Seleksi Penerimaan Calon Taruna Pendidikan dan Pelatihan Perhubungan; 
  8. Tahapan seleksi menggunakan sistem gugur;
  9. Hasil seleksi akan diumumkan pada website Kementerian Perhubungan (www.dephub.go.id) dan BPSDMP (bpsdm.dephub.go.id);
  10. Uang pendaftaran tidak dapat ditarik kembali bila sudah disetorkan.

Untuk lulusan yang diprioritaskan bisa mendaftar seleksi ini adalah SMK Pelayaran Diklat Pelayaran ANT-IV  atau SMA/MA jurusan IPA diluar dari itu tidak akan bisa melakukan pendaftaran karena ini merupakan salah satu persyaratan ijazah kelulusan dari beberapa informasi yang telah dijelaskan diatas maka dapat disimpulkan pendaftaran kampus ini dilaksanakan melalui online.Dengan ketentuan pendaftaran seperti yang telah dijelaskan meliputi persyaratan maupun lulusan ijazah terakhir dari beberapa informasi yang ada semoga bisa bermanfaat kemudian untuk menanyakan seputar pendaftaran bisa anda hubungi di nomor yang sudah tertera semoga informasi yang telah diberikan dapat bermanfaat terima kasih salam sukses untuk kita semua selamat mencoba.

 

Untuk memantapkan diri agar bisa masuk Sekolah Kedinasan, kamu dapat mengikuti TRY OUT PRIORITY yang sudah meluluskan lebih dari 5.000 orang. Silahkan Join Try Out ini.

 

Selain itu, disini mimin akan membagikan daftar nama Alumni Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran yang mengikuti tes CPNS

  1. S3009051350000018 VIOHO OKTA PUTRA PRATAMA
  2. S3009051350000002 NAZLI FAJRlA
  3. S3009051310000896 MUHAMMAD RIDWAN
  4. S3009051310000508 BEVIRZA SANDITAMA
  5. S3009051310000S36 R.OESLAND ANDARA PUNGKAS
  6. S3009052310000072 NUR FIKA OKTAVIANI
  7. S3009051310000317 RAIHAN FADIA ARASYAS
  8. S3009051310000490 ICHWAN PANGESTU
  9. S3009051310000248 DZAKI AMALI MUHAMOANI
  10. S3009051160000011 M ALDA IRWAN KURNIA
  11. S3009051330000007 RESTU PRAYOGO
  12. S3009051310000402 MATTHEW THEOGIVES
  13. S3009051140000011 ABDUL HAKIM
  14. S3009051310000836 IMANUEL OKTAVIAN KASTANYA
  15. S3009051310000034 SYAIFULLAH HUSAINI
  16. S3009051130000009 FIKRI ALFAN JHORA
  17. S3009052310000722 DESTI SUCIANTI
  18. S3009052630000001 PITRILIANI
  19. S3009051310000397 RANDY FELIX
  20. S30090513 10000890 NAHYAN ZAYED JORDANI
  21. S300905 1610000009 DARMAWAN SURYADI
  22. S3009051310001114 BRAGAS FER8IAN GIANORA
  23. S3009051330000003 WILDAN AROHIKA KUNCORO
  24. S30090S23 10000462 SALSA BILATASYA
  25. S30090S1310001079 ALWAN NAUFAL S
  26. S3009051310000452 MOCH. HUSSAIN ABDILLAH
  27. S300905 1140000025 JOSHUA APRIALOI TAM8UNAN
  28. S30090523 10000981 ADINDA PUTRI MAHARANI ASERI
  29. S3009052310000577 CHRISYA FECOSTY MONALISA
  30. S300905 1310000593 YUSUF FADILAH URZAIS
  31. S3009052310000470 CITRA AFAF DURRATUN N.
  32. S3009052310000044 GRACE MARKELLA
  33. S3009051330000019 MUHAMMAD SYFAA USSALAM
  34. S3009051310000745 ALFIAN DERIZKI SUSANTO
  35. S3009051310000615 ALDI FAYYADH
  36. S300905 1310000515 TIKO SIHOTANG
  37. S3009051310000947 PRANA ADYA MUHAMMAD
  38. S3009052350000019 MEIRDA NUR AMALIA
  39. S3009051310000483 ZIDAN AQSAL NUR AKBAR
  40. S3009052310000214 TITANIA MASYAH ARDILA
  41. S3009051310000447 ALIF ALAMSYAH
  42. S30090513S0O0O0S4 ASRUL LEGITA ADHADI
  43. S3009051I20O0O0I9 BINSAR PANDAPOTAN SIMANJUNTAK
  44. S300905161O0O0006 EKO GANOHI WIJAYA
  45. S3009052310000683 FINNY OKTA SAFIRA
  46. S3009051310000346 DEANUR RAHMAT JULIANSYAH
  47. S3009051310000638 MUHAMMAD LUTHFI
  48. S3009052310000602 DINDA AYU ANJANI
  49. S3009051310000271 BOBBY MIDUK SITORUS
  50. S3009052310000186 TINA MARCELLA
  51. S3009051310000478 ANGGA PRASETYA WIBOWO
  52. S3009051310000748 MUHAMMAD RAFIE AKBAR PAMUJO
  53. S3009051310000175 ADRIAN JEREMIAS PANJAITAN
  54. S3009052330000046 YULIANI
  55. S3009051310000333 ADITYA PUTRA MUHAMMAD ZEIN
  56. S3009051310001126 GUNTUR MUKTI PRABOWO
  57. S3009051310000740 ISKANOAR AZIZ
  58. S3009051310000301 FACHRUL RIDWAN
  59. S3009052310000573 DEFIA RIZKY PRATIWI
  60. S3009052310000663 NADIRA RIVANI
  61. S3009051310001112 REYNALDI SALOMO
  62. S3009051350000009 BAGUS BUDI PRASETYO
  63. S3009051330000051 ALIFUDIN FATURRACHMAN
  64. S3009051310000S96 MUHAMMAD FACHROZI
  65. S3009051120000003 BRYANO SAMPETUA RAJAGUK-GUK
  66. S30090S1140000027 DAFFA RISKI ALGHIFARI
  67. S3009051310000213 YUOHA FATURAKHMAN HAXIM
  68. S3009051310001171 ALFIN ALFIYAN
  69. S3009051310000813 CECEP CHANDRA
  70. S3009051330000040 MUHAMMAD MIFROIS ABDILLAH
  71. S3009051310000810 REZA DEVIDHIANTO SUSILO
  72. S30090S 1730000001 MUHAMMAD IKHSAN K. ABDURRACHMAN
  73. S3009051310000747 FAKHRAN SANDY VEGA ILYAS
  74. S3009051320000009 ADITYA NUGROHO
  75. S30090S1160O00002 ANDI SETIAWAN
  76. S3009051310000090 MOHAMMAD AL-FAIZ
  77. S3009051310000042 JUAN SIMEON TOBING
  78. S3009051310001199 WALDI DANIEL TAMPUBOLON
  79. S300901310000895 ALFARIDZI CHANIAGO
  80. S3009052330000041 VERA ANGGRAENI DWI NUGRAHANTI
  81. S3009051310001080 MOHAMAD CANDRA PUTRA
  82. S3009051310000584 RENDY AGISTA SEPTIYAN
  83. S3009051310000050 EMIR ISLIA AKBAR
  84. S3009051310000050 MOCH. BASUH DEWA PUTRA SAMPOERNA
  85. S300905131000O636 ALY HUMAM SYAMSU OALIEND
  86. S3009051180000004 M.TAUFIQ CAHYO WIGUNA
  87. S3009051310001144 DJORZICO THEOFILUS GEORGE
  88. S3009051310000880 GILANG RULLY ANARKHI
  89. S3009052640000006 AFIFAH RAMADHANI IDRIANSYAH
  90. S3009051140000024 DIO TRIYUDA SISWORO
  91. S3009052310000167 ANINDYA PUTRI UTAMI
  92. S3009051310000401 HABIB SYARIF SAIFULFALAH
  93. S3009051310000272 JARDINE RIZKY DALIMUNTE
  94. S3009051310000382 FADIL FATURRAHMAN
  95. S3009051120000043 ZOSERIJAL ERIKSON DAMANIK
  96. S3009051350000048 ANDI MUHAMMAD FAIQAH JUSR
  97. S3009051120000025 JAYA KUSUMA MANALU
  98. S300905131000092 ABDUL HALIM
  99. S3009052310000200 KARTIKA DEWI
  100. S3009051310000111 M IRFAN RACHMANDANI HIDAYAT

 

Referensi :

https://stipjakarta.ac.id/ 

https://stipjakarta.ac.id/berita/pengumuman-seleksi-penerimaan-calon-taruna-i-sipencatar-jalur-mandiri-pada-sekolah-tinggi-ilmu-pelayaran-jakarta-ta-2020-2021/ 

http://sipencatar.stipjakarta.ac.id/ 

https://id.wikipedia.org/wiki/Sekolah_Tinggi_Ilmu_Pelayaran_Jakarta 

https://biayakuliah.net/biaya-pendidikan-sekolah-tinggi-ilmu-pelayaran-stip-jakarta/