info@luluskedinasan.com

+62 859-2131-6683

Hai, sahabat Priority! Udah pernah denger apa itu sekolah penerbangan Curug? Sekolah penerbangan Curug dapat dikatakan pendidikan penerbangan yang paling populer di Indonesia, loh. Sekolah ini didirikan tahun 1952, dan berstatus negeri serta berada di bawah naungan pemerintah. Proses seleksi untuk menjadi bagian dari STPI sangat ketat dengan persaingan yang tinggi. Setiap tahun ajaran baru sekolah ini hanya menerima 20-an siswa yang dinilai kompeten dari segi akademik maupun fisik.Nah sebagai referensi untuk yang ingin melanjutkan studi pada bidang penerbangan, termasuk industri penerbangan, PPI Curug ini merupakan salah satu rekomendasi sekolah penerbangan yang bisa dijadikan sebagai pilihanmu. Langsung aja yuk kita simak artikel berikut ini, karena kamu akan mendapatkan informasi seperti sejarah berdirinya PPI, program studi dan sistem pendidikannya, biaya kuliah, prospek kerja, dan lain sebagainya.

 

Sejarah Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug

Berawal dari Akademi Penerbangan Indonesia (API) yang didirikan tanggal 1 juni 1952 di Gempol, Kemayoran Jakarta.Pada Tahun 1954 API pindah ke Curug-Tangerang. API berubah nama menjadi Lembaga Pendidikan Perhubungan Udara (LPPU) di bawah Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. LPPU berubah nama menjadi Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan (PLP) di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Perhubungan. Tepatnya tanggal 10 Maret 2000, berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 43 Tahun 2010 PLP berubah menjadi Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia.Pada tahun 2019 STPI berubah nama menjadi Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI).

Sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor 47 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Penerbangan Indonesia Curug, Politeknik Penerbangan Indonesia Curug (selanjutnya disebut PPI Curug) mempunyai tugas menyelenggarakan pendidikan tinggi vokasi di bidang penerbangan.

Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan (diklat) dilaksanakan oleh PPI yang bertanggungjawab secara langsung kepada Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan.   Adapun pembinaannya dalam aspek teknis administratif dilimpahkan kepada Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan, sedangkan pembinaan dan bimbingan dalam operasional diklat dilimpahkan kepada Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Udara.

 

Program Studi dan Program Diklat Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug

Politeknik Penerbangan Indonesia Curug (PPI Curug) adalah Approved Training Organization (ATO) di bawah Kementerian Perhubungan Indonesia dan disetujui oleh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoprasian Pesawat Udara (DKPPU).PPI Curug bertanggung jawab untuk melakukan pendidikan profesional dan pelatihan di bidang penerbangan sipil. Ada 10 Program Studi di PPI Curug yang terbagi menjadi program Diploma IV dan Program Diploma IV, serta 10 program diklat pendek yaitu :

  1. D-IV Penerbang
  2. D-IV Teknik Pesawat Udara
  3. D-IV Teknik Navigasi Udara
  4. D-IV Teknik Listrik Bandara
  5. D-IV Lalu Lintas Udara
  6. D-III  Teknik Bangunan dan Landasan
  7. D-III Teknik Mekanikal Bandar Udara
  8. D-III Penerangan Aeronautika
  9. D-III Pertolongan Kecelakaan Penerbangan 
  10. D-III Operasi Bandar Udara.

 

Adapun Program Diklat Pendek di PPI Curug, meliputi :

  1. Diklat Penerbang
  2. Diklat Teknik Pesawat Udara
  3. Diklat Teknik Navigasi Udara
  4. Diklat Teknik Listrik Bandara
  5. Diklat Lalu Lintas Udara
  6. Diklat Teknik Mekanikal Bandar Udara
  7. Diklat Teknik Bangunan dan Landasan
  8. Diklat Penerangan Aeronautika
  9. Diklat Pertolongan Kecelakaan Penerbangan
  10. Diklat Operasi Bandar Udara

 

Sistem Perkuliahan Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug

Sistem perkuliahan yang ada di PIP Curug meliputi berbagai hal berikut, yakni : 1) Learning Management System (LMS) Politeknik Penerbangan Indonesia Curug adalah platform pembelajaran online berbasis web. 2) Studi online, Teori, tugas, quiz, forum diskusi, dan penilaian secara online membantu pembelajaran daring lebih efektif.3) Bahan ajar yang berstandar internasional dan sesuai regulasi penerbangan disusun secara sistematis sehingga menarik dan mudah dipelajari secara mandiri.4) Dosen dan Instruktur berpengalaman di bidang penerbangan serta tersertifikasi internasional siap membantu sistem pembelajaran daring.

Penilaian terhadap kegiatan, kemajuan dan kemampuan Taruna/i dilakukan secara berkala yang berbentuk ujian, pelaksanaan tugas dan pengamatan oleh Dosen serta Pembimbing Taruna/i. Pelaksanaan ujian diselenggarakan melalui ujian semester, ujian akhir program studi dan ujian tugas akhir serta ujian akhir program profesional yang dilakukan oleh lembaga di bawah naungan Departemen Perhubungan.Setiap peserta diklat yang dilaksanakan di Kampus PPI Curug, selama mengikuti diklatnya akan tinggal di dalam kampus (Asrama). Hal ini dimaksudkan agar setiap peserta diklat dapat mengikuti pola diklat pembentukan mental, fisik dan disiplin serta mudah dalam pengawasan.Selama tinggal di Asrama, para Taruna/i akan dijaga dan diawasi terus menerus oleh Pembimbing Taruna/i yang telah ditunjuk oleh Ketua PPI Curug untuk melaksanakan tugas tersebut.

Berikut ini faslitas pendidikan dan pelatihan yang ada di PPI Curug

  1. Kelas & Laboratorium

Setiap jurusan di Politeknik Penerbangan Indonesia Curug memiliki fasilitas kelas dan   laboratorium masing-masing.Kelas dan laboratorium yang ada merupakan fasilitas yang dapat digunakan oleh seluruh Taruna/i di Politeknik Penerbangan Indonesia.

Selain kelas dan laboratorium tiap-tiap jurusan di atas PPI juga memiliki Laboratorium terbuka yaitu Bandara Budiarto sebagai sarana diklat yang mengkondisikan keadaan sesungguhnya dari suatu Bandar udara. Fasilitas lain laboratorium adalah Laboratorium Bahasa dengan kapasitas 30 orang. Rencana pengembangan laboratorium pada tahun 2007 ini adalah pengadaan laboratorium untuk jurusan Penerbang dan Teknik Penerbangan berbasis komputer (CBT = Computer Based Training) yang dapat diakses tidak hanya di lingkungan PPI tetapi juga dapat diakses melalui internet.

  1. Pesawat latih 

Pesawat latih yang dimiliki oleh Politeknik Penerbangan Indonesia terdiri dari jenis:

Single Engine

  1. Sundowner C-23
  2. Piper Dakota PA-28
  3. Tobago TB-10
  4. Piper PA-28 Warrior III
  5. Piper PA-28 Archer III

Multi Engine

  1. Beechraft Baron B-58
  2. Beechraft Baron B-58P
  3. Piper PA-34 Seneca V
  4. Perpustakaan

Perpustakaan PPI Curug di bawah Unit Dokumentasi dan Perpustakaan yang berfungsi mendukung kegiatan belajar, mengajar, penelitian dan pengabdian masyarakat bagi Taruna dan Dosen PPI Curug.Terletak bersebelahan dengan Asrama Taruna menjadikan kemudahan akses bagi seluruh civitas akademika Kampus Curug untuk mengunjungi Perpustakaan PPI Curug.Koleksi buku yang ada di perpustakaan ini berjumlah 3199 judul buku dengan jumlah buku sebanyak 5939 eksemplar.Terdiri dari buku literatur berbahasa Indonesia dan berbahasa inggris, majalah, hasil penelitian dan buku-buku pengetahuan umum disamping dokumen-dokumen yang diterbitkan oleh International Civil Aviation Organization (ICAO).Sesuai dengan pekembangan teknologi informasi, saat ini sedang direncanakan untuk melengkapi perpustakaan dengan teknologi audio visual dan perpustakaan digital. Selain itu juga akan dilengkapi dengan fasilitas Hotspot Area di lingkungan perpustakaan untuk kemudahan akses internet bagi pngunjung perpustakaan.

Fasilitas Penunjang Pendidikan

  1. Gedung Perkantoran Utama
  2. Laboratrium Bahasa
  3. Asrama Taruna
  4. Ruang Makan
  5. Perpustakaan
  6. Rumah Sakit/Instalasi Kesehatan
  7. Fasilitas olahraga yang meliputi:
  8. Gedung serba guna
  9. Lapangan bola voli
  10. Lapangan Basket
  11. Sepak bola
  12. Tenis lapangan
  13. Kolam renang
  14. Sarana Ibadah (Mesjid dan Gereja)

 

Biaya Pendidikan Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug

Berikut merupakan rincian biaya pendidikan yang harus dikeluarkan oleh taruna/I yang akan menempuh pendidikan di Politeknik Penerbangan Indonesia Curug. Daftar ini didapatkan dari situs resmi PPI Curug.Untuk lebih jelasnya, mari simak daftar biaya kuliah di bawah ini.

 

Prospek Kerja Lulusan Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug

Jika kamu ingin menjadi ahli di bidang penerbagan, simak berbagai program studi PPI Curug serta prospek kerja lulusannya di bawah ini.

Diploma IV Penerbang

Lulusan dari D-IV Penerbang akan mendapat kualifikasi Private Pilot License (PPL), Commercial Pilot License (CPL), Instrument Rating, Multi Engine (ME), dan Air Transport Pilot License (ATPL) Ground untuk pesawat sayap tetap. 

 

Diploma IV Teknik Pesawat Udara

Siswa yang dinyatakan lulus dan menjadi Teknisi Perawatan Pesawat Terbang akan memiliki kualifikasi Basic Sertifikat A1.3, A1.4, A2.3, A2.4

 

Diploma IV Teknik Navigasi Udara

Di program studi ini, mahasiswa akan dididik untuk menjadi Personel Teknik Telekomunikasi Penerbangan Tingkat Ahli yang mahir dalam bidang sistem fasilitas, peralatan telekomunikasi, navigasi, dan pengamatan penerbangan.

 

Diploma IV Teknik Listrik Bandara

Mahasiswa D-IV TLB setelah lulus akan menjadi Personel Teknik Listri Bandara Tingkat Ahli. Kompetensinya sendiri berada pada sistem fasilitas dan peralatan listrik bandara. 

 

Diploma IV Lalu Lintas Udara

Lulusan program studi ini akan menjadi Personel Pemandu Lalu Lintas Udara yang mampu memberikan dan/atau mengawasi pelayanan aerodrome control, approach control, area control, approach control surveillance, dan area control surveillance. 

 

Diploma III Teknik Bangunan dan Landasan

Program D3 TBL menghasilkan lulusan berupa Personel Teknik Bandara Tingkat Ahli di bidang fasilitas sisi darat dan sisi udara di bandara. 

 

Diploma III Teknik Mekanikal Bandar Udara

Di program ini, mahasiswa akan diarahkan untuk menjadi Personel Teknik Mekanikal Bandara Tingkat Ahli. Konsentrasi ilmunya yaitu pada sistem fasilitas dan peralatan mekanikal bandara seperti traqtion equipment, water and pump system, dan sebagainya.

 

Diploma III Penerangan Aeronautika

Setelah menyelesaikan studi, lulusan program ini akan menjadi Personel Pelayanan Informasi Aeronautika. Kompetensinya yaitu mampu memberikan pelayanan informasi aeronautika meliputi Aerodrome Information Service (AIS), NOTAM, AIS/MAP Database, AIS/MAP Publication, AIS/MAP Cartography, dan AIS/MAP Management.

 

Diploma III Pertolongan Kecelakaan Pesawat

Lulusan program ini akan menjadi Personel  dengan kualifikasi Petugas Pelayanan PKP-PK, Teknisi Pemeliharaan Kendaraan PKP-PK, dan Petugas Aircraft Salvage. 

 

Diploma III Operasi Bandar Udara

Mahasiswa program studi ini dididik untuk menjadi Personel Keamanan Penerbangan (Aviation Security), Personel Bandar Udara (Appron Movement Control/AMC dan pelayanan Garbarata) dan Airport Operation dan Cargo Warehouse Management. 

 

Untuk memantapkan diri agar bisa masuk Sekolah Kedinasan, kamu dapat mengikuti TRY OUT PRIORITY yang sudah meluluskan lebih dari 5.000 orang. Silahkan Join Try Out ini.

 

Informasi Pendaftaran Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug Tahun 2021

Dengan adanya informasi pendaftaran PPI Curug 2021 ini semoga bisa menjadi acuan anda ketika mendaftar sebagai Calon Taruna PPI Curug.Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.Pada tahun ini, STPI Curug kembali memberikan kesempatan kepada putra putri Indonesia lulusan SMA / MA / SMK untuk menjadi Taruna Baru STPI Curug melalui seleksi penerimaan.Untuk bisa mendaftarkan diri mengikuti seleksi penerimaan calon taruna baru perguruan tinggi ikatan dinas yang salah satunya adalah STPI Curug, maka terlebih dahulu harus dapat memenuhi persyaratan pendaftaran dan ketentuan lainnya seperti berikut ini.

Persyaratan Umum Pendaftaran PPI Curug

  • Warga Negara Indonesia;
  • Usia maksimal 23 tahun dan minimal 16 tahun, khusus untuk:
  1. D-II PKB STTD minimal 17 tahun;
  2. D-III LLU minimal 18 tahun;
  3. D-lV LLU minimal 17 tahun.
  • Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) Calon Taruna/Taruni Pola Pembibitan:
  1. Untuk lulusan tahun 2020 dan sebelumnya, memiliki nilai rata-rata ujian yang tertulis pada ijazah tidak kurang dari 7,0 (skala penilaian 1-10) / 70,00 (skala penilaian 10-100) / 2,8 (skala penilaian 1-4); atau
  2. Untuk Calon lulusan tahun ini, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen Pengetahuan pada 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 7,0 (skala penilaian 1-10) / 70,00 (skala penilaian 10-100) / 2,8 (skala penilaian l-4), dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki nilai rata-rata ujian tertulis pada ijazah tidak kurang dari 7,0 (skala penilaian 1-10) / 70,00 (skala penilaian 10-100) / 2,8 (skala penilaian 1-4).
  • Tinggi badan minimal pria 160 cm dan wanita 155 cm, khusus untuk :
  1. Program studi D-III PKP minimal 165 cm;
  2. Program studi D-IV Penerbang pria minimal 165 cm dan wanita minimal 163 cm;
  3. Program studi D-III OBU pria minimal 165 cm, dan wanita minimal 160 cm.
  4. Berbadan sehat, tidak cacat fisik dan mental, bebas HIV/AIDS serta bebas narkoba;
  5. Calon Taruna tidak bertato / bekas tato dan tidak ditindik / bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama ladat;
  6. Calon Taruni tidak bertato / bekas tato dan tidak ditindik / bekas tindik anggota badan lainnya selain telinga dan tidak bertindik/bekas tindik di telinga lebih dari 1 pasang (telinga kiri dan kanan);
  7. Ketajaman penglihatan normal dan tidak ada kelainan buta warna baik parsial maupun total;
  8. Tidak sedang menjalani dan terancam hukuman pidana karena melakukan kejahatan;
  9. Belum pernah diberhentikan sebagai Taruna / Taruni di lingkungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan dan Perguruan Tinggi lainnya dengan tidak hormat;
  10. Bersedia menaati segala peraturan pada Pola Pembibitan;
  11. Bersedia diberhentikan dengan tidak hormat jika melakukan tindakan kriminal antara lain mengkonsumsi dan atau menjual belikan narkoba, melakukan tindak kekerasan (perkelahian, pemukulan, pengeroyokan, perundungan dll), melakukan tindakan asusila atau penyimpangan seksual;
  12. Dinyatakan gugur apabila terbukti melakukan pemalsuan identitas / dokumen;
  13. Bersedia menandatangani Surat Pernyataan Calon Taruna / Taruni (bermaterai 6000 Rupiah);
  14. Khusus Program Studi D-III PKP, berjenis kelamin pria;
  15. Khusus Calon Taruna/Taruni program studi di STTD, bersedia mengikuti pendidikan di kampus yang ditentukan oleh STTD sesuai dengan program studi yang dipilih;
  16. Memiliki Surat Elektronik atau e-mail yang masih aktif.

 

Persyaratan Ijazah Kelulusan

Persyaratan Ijazah Kelulusan untuk program studi  D-IV Penerbang, D-IV TNU (Teknik Telekomunikasi & Navigasi Udara), D-IV TLB (Teknik Listrik Bandara), D-IV LLU (Lalu Lintas Udara), D-III TMB (Teknik Mekanikal Bandara), D-III PKP (Pertolongan Kecelakaan Pesawat), yaitu:

  1. SMA/MA (IPA),
  2. Paket C (IPA),
  3. SMK Jurusan Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknologi Pesawat Udara, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Komputer dan Informatika (kecuali Multimedia), Teknik Telekomunikasi.

 

Tata Cara Pendaftaran Seleksi PPI Curug Tahun 2021

  1. Calon Taruna / Taruni hanya boleh mendaftar di satu Sekolah Kedinasan pada Kementerian atau Lembaga dan apabila Calon Taruna/Taruni diketahui mendaftar lebih dari satu Sekolah Kedinasan maka yang bersangkutan dinyatakan gugur;
  2. Calon Taruna / Taruni wajib melakukan pendaftaran online melalui portal SSCN BKN di alamat sscasn.bkn.go.id (buka disini), untuk mendapatkan username dan password, kemudian mencetak tanda bukti pendaftaran I. Buka alamat tersebut, lalu isi data.
  3. Calon Taruna / Taruni wajib melakukan registrasi ulang menggunakan tanda bukti pendaftaran I melalui Portal Sipencatar Kemenhub di alamat sipencatar.dephub.go.id dengan mengunggah (upload) berkas lamaran dan mencetak tanda bukti pendaftaran II
  4. Semua berkas di unggah (upload) ke dalam pendaftaran online dalam bentuk softcopy, terdiri atas:
  5. Akte Kelahiran (Perubahan dari pengumuman : semula format file Pdf maks 500 kB menjadi format file JPEG / PNG maks 500 kB);
  6. Pas Foto terbaru berlatar belakang merah, menghadap kedepan ukuran 4 x 6 cm (ukuran 400 x 600 pixel dengan besaran min 300 kB dan maks 500 kB dengan format jpg);
  7. KTP dan KK Calon Taruna / Taruni yang berusia di atas 17 tahun, bagi yang belum memiliki KTP menggunakan Surat Keterangan Kependudukan/resi permintaan pembuatan KTP. Khusus Calon Taruna / Taruni yang berusia di bawah 17 tahun menggunakan Kartu Keluarga (KK) (Perubahan dari pengumuman : semula format file Pdf maks 500 kB menjadi format file JPEG/PNG maks 500 kB);
  8. Ijazah Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat (Perubahan dari pengumuman : semula format file Pdf maks 500 kB menjadi format file JPEG / PNG maks 500 kB);
  9. Surat Keterangan sebagai peserta Ujian Nasional dari Kepala Sekolah atau pejabat berwenang, bagi siswa SMA / SMK / MA kelas 3 (kelas XII) Tahun Ajaran sebelum ini (Perubahan dari pengumuman : semula format file Pdf maks 500 kB menjadi format file JPEG / PNG maks 500 kB);
  10. Surat Keterangan dari Kepala Sekolah atau Pejabat berwenang yang menyatakan program keahlian dan kompetensi keahlian lulusan SMK sesuai dengan konversi Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan (PMK) Tahun 2016 (SK Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Nomor: 4678/D/KEP/MK/2016) (Perubahan dari pengumuman : semula format file Pdf maks 500 kB menjadi format file JPEG/PNG maks 500 kB);
  11. Surat Keterangan belum pernah menikah yang ditandatangani oleh Lurah / Kepala Desa sesuai domisili (asli) (bukan surat yang ditandatangani oleh pelamar, ketua RT, ketua RW atau orang tua) (Perubahan dari pengumuman : semula format file Pdf maks 500 kB menjadi format file JPEG / PNG maks 500 kB);
  12. Surat Pernyataan Calon Taruna / Taruni bermaterai 6000 Rupiah (dapat diunduh di http://sipencatar.dephub.go.id) (Perubahan dari pengumuman : semula format file Pdf maks 500 kB menjadi format file JPEG / PNG maks 500 kB);
  13. Tanda bukti pendaftaran I dari Portal sscasn.bkn.go.id (format file Pdf maks 500 kB).

 

Jenis dan Tahapan Seleksi Sipencatar PPI Curug 2021

Calon Taruna yang mengikuti seleksi masuk STPI Curug akan melewati tahapan seleksi berikut :

  1. Seleksi Tahap I : Pendaftaran
  2. Seleksi Tahap II : Seleksi Administrasi
  3. Seleksi Tahap III : Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP);
  4. Seleksi Tahap IV : Tes Akademik;
  5. Seleksi Tahap V : Psikotes;
  6. Seleksi Tahap VI : Tes Kesehatan
  7. Seleksi Tahap VII : Kesamaptaan dan wawancara
  8. Seleksi Tahap VIII (khusus untuk Program Studi D-lV Penerbang) : Tes Kesehatan II, dan Tes Bakat Terbang

Itulah tahapan seleksi yang harus diikuti oleg calon taruna STPI Curug. info lselengkapnya kamu dapat mengunjungi web resmi dari PPI Curug di laman https://ppicurug.ac.id/.  Lalu, bagaimana menurut kalian setelah membaca informasi diatas? Apakah kalian menjadi lebih matang dalam mengikuti seleksi Sipencatar PPI Curug? Kalau iya, semangat berjuang dan jangan lupa mempersiapkan semuanya dengan baik. Berikut ini, mimin mau membagikan daftar nama Alumni PPI Curug yang telah lolos SKD pada tahun 2019 lalu. Yuk, ikuti jejak mereka dan semoga kamu dapat berhasil hingga tahap akhir!

  1. S30091123S0000203 / BERLIANSElYOCAHYANINGlYAS
  2. S3009112350000382 / SHABRINARAMADHANI
  3. S3009112350000387 / SABILAFITRI PRAMESWARI
  4. S3009111320000012 / MUHAMMAD RE2AFAHLEVI
  5. S3009111350000610 / IVANGUNTARAAJISAPUTRA
  6. S3009111160000009 / PAISALAKBAR
  7. S3009111190000001 / PUTRAMAHASURYA
  8. S3009111350000798 / IBNUHALllMRAMADHANI
  9. S3009111350000579 / MENDARTODIMASHADID
  10. S3009111320000015 / FAJARHANDRIYANTO
  11. S3009111350000165 / BAGUSHADISANTOSO
  12. S3009111350000282 / DHARMAWEDAPERDANA
  13.  S3009112350000922 / GIZKAWILDANATHARIQ
  14. S3009111330000061 / FAISALTEGARIBRAHIM
  15. S3009112350000693 / AULIARIZKYANASAFITRI
  16. S3009111350000219 / DEDIYUSUFTRENGGONO
  17. S3009112350000038 / CHALIDEA RAMADHINA
  18. S3009111350000715 / ANDIAHMADFALAHUDIN
  19. S3009111350000796 / TEGARGALIHRAKASIWI
  20. S3009111350000846 / MUHAMMADCHARISSAFUADI
  21. S3009111350000786 / M.DYOEGGYARMANDO
  22. S3009111330000035 / MUHAMMADRAIHANSYAHZUHAIRWAHYUDI
  23. S3009112350000148 / RIZKIKUSUMAW
  24. S3009112350000350 / RISKAMAYADESSYANTASARI
  25. S3009112350000825 / FRYDAFRELIARAHMA
  26. S3009111350000056 / ANISMUHAMMADRl2AL
  27. S3009111350000090 / ANGGAALWIHADI
  28. S3009112350000021 / DIANANDREMASYITHOH
  29. S3009112350000025 / NURULAMALIAANNISA
  30. S3009111360000034 / MUHAMMADYAFIIRFIANSYAH
  31. S3009112350000633 / BENEDICTAUTAMIFRANS
  32. S3009111350000547 / IRCHAMMANTHOFANA
  33. S3009112320000014 / BINTIAYUNURKHASANAH
  34. S3009111350000400 / MIFTAHKURNIAAMINULLOH
  35.  S3009112350000560 / MAULINASEPTADWIANGGRAINI
  36. S3009111630000008 / RAHMATRIYADI
  37. S3009111330000022 / ANASNUURANANTO
  38. S3009111330000041 / VEGARZIGMALALFAN2A
  39. S3009111350000117 / AKHMADFARISNURULMUSTOFA
  40. S3009112350000464 / FERITADWIEVAYANTI
  41. S3009112350000937 / YOLANDADIHANAGUSTIN
  42. S3009111310000008 / ESATRINENDADEWABUANA
  43. S3009112350000133 / IFANAFALMAKARTIKASARI
  44. S3009112350000826 / SOFIAFARICHAAZ12AH
  45. S3009112350000498 / TASYAIMELDADIEVAR
  46. S3009111350000418 / FARHANFAJRIRAHMANFERARTO
  47. S3009111330000032 / ANDIKARIZKIFASLULLOH
  48. S3009111350000391 / Nl2ARHIMAWAN
  49. S3009111350000183 / AHMADRIVA’I
  50. S3009111350000738 / KEVINAZCHAELSULTHANYPERTAMA
  51. S3009111350000927 / ALAMNUGRAHA
  52. S3009111350000566 / MUHAMMADFIKRIFIRMANSYAH
  53. S3009112350000926 / NIDAALFIAMALIYAH
  54. S3009112350000779 / FADILAAMALIA
  55. S3009112350000914 / ALMEYRAPRIMALIA2AMRONI
  56. S3009112350000322 / ZAHRAPURNAMAPUTRI
  57. S3009111350000181 / MUHAMMADARSYILAXEL
  58. S3009111350000717 / RANGGASANACAKRAWALAPUTRA
  59. S3009112510000018 / AYUSINDHUASTUTI
  60. S3009111350000909 / DIMASSEPTIADYPRATAMAP
  61. S3009111360000030 / CLAUDIOSAGASMARCHELINO
  62. S3009112350000113 / RIZKY TRIHADNIANTONUGRAHENI
  63. S3009112350000849 / LINDAMAYAPREBIANTI
  64. S3009111310000003 / OTNIELRICON.Y
  65. S3009111350000173 / BARLIANADIATMAMAHARDIKA
  66. S3009112350000709 / MARTHAADWINDAPITALOKA
  67. S3009111350000330 / MOH.FAHMIALMANSYAH
  68. S3009111350000479 / ILHAMHAMDALLAH
  69. S3009111350000745 / ALEXPUTRA BAGUSPRAMUJA
  70. S3009111330000033 / AGENG5ULl51YANUGRAHA
  71. S3009111350000191 / MUHAMMADRYAMIZARD RAMADHANI
  72. S3009111350000162 / AMRULLAH FATTAH
  73. S3009111350000497 / RIZAL AFANDI
  74. S3009112330000058 / YOLANDALIFIAA2ZAHRA
  75. S3009112350000928 / NADYAFRl5MAYA
  76. S3009111350000661 / ONGKYDWIWAHYUARDIAN5YAH
  77. S3009111510000012 / IKH5ANMUGHNIFARHAN
  78. S3009111180000005 / MUHAMMADVIRGIEADRIAN
  79. S3009112350000233 / SALSABELLAINDAHWIDATINNINGRUM
  80. S3009111350000297 / FAIRUS ADDINULRAFIF
  81. S3009111350000100 / FAUZULKIROM
  82. S3009112330000034 / KIRANAKHAIRUNNISA
  83. S3009111350000318 / SHAFAAlAFGHANYAlRAHMAN
  84. S3009112320000032 / ADESIEVAPERWARA
  85. S3009111350000883 / ALFAMAHENDRAPUTRA
  86. S3009112350000799 / ADELIAKARIMATURRIZQIYAH
  87. S3009112350000702 / RIZKYANGGRAINI
  88. S3009112350001044 / LINTANGPRAHARASEPT!SANTOSO
  89. S3009111350000284 / VRILORAHMADANITANTOWI
  90. S3009111350000880 / GERALDHAKAMRAHMADHANY
  91. S3009111350000416 / ABDIKAARDHANAQAMARA
  92. S3009112350000326 / NURULSAKINATUNNAJAH
  93. S3009111650000001 / M.ZAKYILMANMUFLIHPURNAMA
  94. S3009082350000070 / ITTABIANANABAWIYATI
  95. S3009112350000614 / NADIATRIUTAMI
  96. S3009112350000218 / INGESHERLYWIVIANA
  97. S3009112310000009 / SHOPYMELLYANA
  98. S3009111350000071 / MUKH.DAFFAELANGARYASAlYA
  99. S3009111350000407 / MC.DOHANARRARONA
  100. S3009112350000108 / SEKHARISMANOORHANABILAHAMZAH

 

Untuk memantapkan diri agar bisa masuk Sekolah Kedinasan, kamu dapat mengikuti TRY OUT PRIORITY yang sudah meluluskan lebih dari 5.000 orang. Silahkan Join Try Out ini.

 

Referensi :

https://ppicurug.ac.id/

https://id.wikipedia.org/wiki/Politeknik_Penerbangan_Indonesia

https://pintek.id/blog/daftar-sekolah-penerbangan-terbaik/

https://biayakuliah.net/biaya-sekolah-pilot-di-stpi-curug/

https://www.pendaftaranpmb.web.id/2015/07/pendaftaran-stpi.html

https://info.sipencatar.com/2018/12/prodi-stpi.html