info@luluskedinasan.com

+62 859-2131-6683

Kali ini kita akan membahas tentang sekolah kedinasan pelayaran yang ada di Pulau Jawa, tepatnya di Semarang. Yup, satu di antara sekolah pelayaran di Semarang ialah Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP). Akrab disapa PIP Semarang, perguruan tinggi ini menyelenggarakan program pendidikan vokasi dalam bidang pelayaran dan kepelabuhan yang setara tingkatan jenjang Diploma IV (D4).PIP Semarang berdiri dibawah naungan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Yuk kenal lebih dekat dengan politeknik ini dengan menyimak artikel di bawah ini.

 

Sejarah Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang

Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang berdiri pada tahun 1951 dengan nama Sekolah Pelayaran Semarang atau yang disingkat SPS. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang adalah pendidikan tinggi negeri milik Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan telah masuk White List di International Maritime Organization tahun 2000. Mengemban tugas mendidik dan melatih pemuda-pemudi lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di bidang pelayaran dan pelabuhan menjadi Perwira Pelayaran Besar dan Tenaga Ahli Angkutan Laut/Kepelabuhanan guna memenuhi kebutuhan armada angkutan laut nasional maupun internasional.

Berdiri 1951, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang berdiri pada tahun 1951 dengan nama Sekolah Pelayaran Semarang atau yang disingkat SPS. Pada Tahun 1955 hingga tahun 1975 menjadi Sekolah Pelayaran Menengah Semarang disingkat SPM Semarang.Pada Tahun 1974 hingga tahun 1981 menjadi Pendidikan Perwira Pelayaran Besar disingkat P3B Semarang. Pada Tahun 1979 hingga tahun 1995 menjadi Balai Pendidikan dan Latihan Pelayaran (BPLP) Semarang dengan program Strata A (Diploma III) dengan lama pendidikan 3 tahun. Pada Tahun 1995 masih tetap bernama BPLP Semarang, tetapi program pendidikannya ditingkatkan menjadi Diploma IV (setara Sarjana/S1) dengan Politeknik Ilmu Pelayaran pendidikan 4 tahun. Pada Tahun 1999 berdiri Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang sesuai dengan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM. 81 Tahun 1999 tanggal 13 Oktober 1999 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Ilmu Pelayaran. Selain itu, sekolah kedinasan ini juga memiliki beberapa program studi sebagai berikut.

 

Program Studi Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang

Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang sebagai pendidikan tinggi negeri milik Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan telah masuk White List di International Maritime Organization tahun 2000, memiliki beberapa Program Studi. Terdapat 3 program studi yang ada di Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, diantaranya adalah :

Program Studi D IV TALK 

Spesialisasi prodi ini adalah para taruna/i nantinya akan menguasai bisnis ekspor impor, logistik maritim, shipping business, dan pengelolaan pelabuhan. Visi program studi TALK PIP Semarang adalah menjadi program studi pelayaran niaga bidang Tatalaksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan yang profesional, mandiri, dan berwawasan global.

 

Program Studi D IV Teknika

Program Studi Teknika Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang memiliki visi untuk menjadi Pusat Pendidikan dan Pengembangan Ilmu Kemaritiman bidang Teknika Pelayaran pada tahun 2019 serta mampu memberikan kontribusi terhadap peningkatan daya saing bangsa melalui pendidikan berkualitas yang berstandar Nasional dan Internasional sesuai dengan ketentuan IMO.

 

Program Studi D IV Nautika

Prodi D IV Nautika mempunyai visi Terciptanya kader kader perwira pelayaran niaga jurusan Nautika yang andal, profesional, berbudi luhur sesuai butir butir Pancasila dan mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi pada program studi Nautika tahun 2019 serta mampu memberikan kontribusi terhadap peningkatan daya saing bangsa pendidikan berkualitas yang berstandar Nasional dan Internasional sesuai ketentuan dari IMO.

 

Sistem Perkuliahan Di Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang

Dalam pelaksanaan perkuliahan di politeknik ini, terdapat aturan selama menjadi taruna/taruni yang menempuh pendidikan di Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Hal tersebut tertuang dalam situs resmi politeknik ilmu pelayaran Semarang, sebagai berikut :

Program Studi D-IV TALK

  • Semua peserta didik diasramakan dan disebut Taruna / Taruni PIP Semarang
  • Pendidikan menggunakan sistem kredit semester (SKS) dengan beban studi 152 SKS
  • Semester 1, 2, 3 dan 4 pelajaran teori dan praktek laboratorium di kampus
  • Semester 5 dan 6 praktek di pelabuhan & perusahaan pelayaran selama 1 (satu) tahun penuh
  • Semester 7 dan 8, Taruna/Taruni dilengkapi dengan materi kuliah Diploma IV

 

Program Studi D-IV Teknika

  1. Semua peserta didik diasramakan dan disebut Taruna / Taruni PIP Semarang
  2. Pendidikan menggunakan sistem kredit semester (SKS) dengan beban studi 166 SKS
  3. Semester 1, 2, 3 dan 4 pelajaran teori dan praktek laboratorium di kampus
  4. Semester 5 dan 6 praktek di kapal-kapal niaga selama 1 (satu) tahun penuh
  5. Semester 7 dan 8, Taruna/Taruni dilengkapi dengan materi kuliah Diploma IV dan materi kuliah teori untuk kompetensi ATT – II

Peserta yang dinyatakan LULUS/TAMAT akan diberi ijazah sebagai berikut:

  1. Ijazah Diploma IV dengan sebutan profesional S.ST.Pel (Sarjana Sains Terapan Pelayaran)
  2. Sertifikat Ahli Teknika Tingkat III (ATT – III)

 

Program Studi D-IV Nautika

  1. Semua peserta didik diasramakan dan disebut Taruna / Taruni PIP Semarang
  2. Pendidikan menggunakan sistem kredit semester (SKS) dengan beban studi 158 SKS
  3. Semester 1, 2, 3 dan 4 pelajaran teori dan praktek laboratorium di kampus
  4. Semester 5 dan 6 praktek di kapal-kapal niaga selama 1 (satu) tahun penuh
  5. Semester 7 dan 8, Taruna/Taruni dilengkapi dengan materi kuliah Diploma IV dan materi kuliah teori untuk kompetensi ANT – II

Peserta yang dinyatakan LULUS/TAMAT akan diberi ijazah sebagai berikut:

  1. Ijazah Diploma IV dengan sebutan profesional S.ST.Pel (Sarjana Sains Terapan Pelayaran)
  2. Sertifikat Ahli Nautika Tingkat III (ANT – III)

Fasilitas dan sarana penunjang pembelajaran yang tersedia di Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang adalah sebagai berikut :Perkuliahan Taruna/i didukung oleh sarana/fasilitas seperti Laboratorium dan Stimulator. Disamping itu didukung oleh sarana/fasilitas seperti Ruang kelas, Poliklinik, Masjid, dan Perpustakaan.

 

Biaya Pendidikan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang 

Sebagai perguruan tinggi yang berstatus BLU, penentuan biaya kuliah atau biaya pendidikan Politeknik Ilmu Pelayaran – PIP Semarang harus ditetapkan dengan Peraturan Menteri Keuangan.Tanggal 2 Juni 2014 Kementerian Keuangan telah menerbitkan peraturan Menkeu No 97/PMK.05/2014 tentang tarif layanan Badan Layanan Umum PIP Semarang yang salah satunya memuat Tarif atau biaya pendidikan Program Diploma IV. Program Studi yang diselenggarakan di PIP Semarang meliputi :

  1. Program Studi NAUTIKA
  2. Program Studi TEKNIKA
  3. Program Studi Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan (KALK)

Seiring dengan diterbitkannya PMK No 54/PMK.05/2016 tanggal 5 April 2016 yang merubah PMK sebelumnya, biaya pendidikan di PIP Semarang mengalami penyesuaian. Peningkatan biaya dialami semua program terutama untuk semester 5 s/d 8. Sementara biaya kuliah semester 1 – 4 masih tetap sama. Keringanan Biaya, terhadap taruna tertentu dapat diberikan tarif layanan sampai dengan sebesar 0% (nol persen). Taruna tertentu yang dimaksud terdiri atas :

  1. Taruna dari keluarga miskin (Gakin);
  2. Taruna berprestasi yang berasal dari Indonesia bagian timur;
  3. Taruna dari wilayah tertinggal; dan/atau
  4. Taruna korban bencana.

Pemberian tarif layanan sampai dengan sebesar 0% (nol persen) dilaksanakan dengan mempertimbangkan kondisi keuangan Badan Layanan Umum Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang pada Kementerian Perhubungan. Ketentuan lebih lanjut mengenai kriteria dan tata cara penetapan tarif layanan kepada taruna tertentu diatur oleh Direktur Badan Layanan Umum Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang pada Kementerian Perhubungan.

Dalam  PMK No 97/PMK.05/2014 dicantumkan biaya seleksi Penerimaan Calon Taruna yang meliputi biaya pendaftaran, Kesehatan dan Psikotes. Sedangkan biaya pendidikan ditetapkan per semester dengan rentangan Rp 710.000 s/d Rp 2.570.000 (Semester 7). Selain itu komponen biaya lain yang harus dipersiapkan Taruna selama menempuh pendidikan meliputi biaya semester pendek Rp 350.000/semester dan biaya wisuda Diploma IV Rp. 2.500.000.

 

Prospek Kerja Lulusan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang

Untuk Program Studi D-IV TALK Prospek Karir pada Perusahaan Pelayaran Nasional dan Internasional, BUMN dan Instansi Pemerintah dan swasta yang bergerak dibidang : Export, Import, Surveyor, Asuransi Maritim, Freight Forwarder, Logistic, Bongkar Muat, dan lain sebagainya.

Untuk Program Studi D-IV TEKNIKA Prospek Karir sebagai Perwira diatas kapal milik perusahaan Pelayaran Asing dan Domestik atau dalam Industri Pelayaran, On Shore / Off Shore (Pengeboran Minyak), Instansi Pemerintah, TNI / POLRI, Biro Klasifikasi Asing dan Domestik.

Dan untuk Program Studi D-IV Nautika Prospek Karir sebagai Perwira diatas kapal milik perusahaan Pelayaran Asing dan Domestik atau dalam Industri Pelayaran, On Shore / Off Shore (Pengeboran Minyak), Instansi Pemerintah, TNI / POLRI, Biro Klasifikasi Asing dan Domestik.

 

Informasi Pendaftaran Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang 

Di Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang ada 3 Jalur Masuk, yaitu :

  1. Jalur Pola Pembibitan (Polbit). Jalur ini kurang lebih sama dengan ikatan dinas, calon Taruna/Taruni harus melalui tes SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) dengan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) dari BKN. Apabila lolos mendaftar jalur ini maka ketika lulus nanti Taruna/Taruni akan mengikuti tes TKD (Tes Kompetensi Dasar) dan menyandang status Pegawai Negeri Sipil. Untuk penempatan sesuai dengan penunjukkan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Lokasi tes jalur ini tersebar di seluruh wilayah Indonesia, sehingga pendaftar dapat memilih lokasi yang terdekat dari tempat tinggalnya. 
  2. Jalur Reguler. Jalur ini tidak ada tes SKD (Seleksi Kompetensi Dasar), dan lulusannya nanti dipersiapkan untuk berkarir di bidang pelayaran niaga, baik kapal domestik maupun kapal asing. Jalur ini tidak ada ikatan dinas seperti Jalur Pola Pembibitan. Lokasi tes jalur ini tersebar di seluruh wilayah Indonesia, sehingga pendaftar dapat memilih lokasi yang terdekat dari tempat tinggalnya. 
  3. Jalur Mandiri. Jalur ini diadakan dan dilaksanakan secara mandiri oleh Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, diluar jalur-jalur yang diselenggarakan oleh pemerintah. Lokasi tes di Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

 

Jadi, selain harus memenuhi persyaratan ijazah kelulusan di atas, calon taruna taruni juga harus memenuhi persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan oleh panitia. Persyaratan pendaftaran pun dapat dibaca sebagai berikut.

  1. Surat Keterangan dari Kepala Sekolah atau Pejabat berwenang yang menyatakan program keahlian dan kompetensi keahlian lulusan SMK sesuai dengan konversi Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan (PMK) Tahun 2016 (SK Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Nomor: 4678/D/KEP/MK/2016) (Perubahan dari pengumuman : semula format file Pdf maks 500kB menjadi format file JPEG/PNG maks 500kB);
  2. Surat Keterangan belum pernah menikah yang ditandatangani oleh Lurah/Kepala Desa sesuai domisili (asli) (bukan surat yang ditandatangani oleh pelamar, ketua RT, ketua RW atau orang tua) (Perubahan dari pengumuman : semula format file Pdf maks 500kB menjadi format file JPEG/PNG maks 500kB);
  3. Surat Pernyataan Calon Taruna/Taruni bermaterai 6000 Rupiah (dapat diunduh di http://sipencatar.dephub.go.id) (Perubahan dari pengumuman : semula format file Pdf maks 500kB menjadi format file JPEG/PNG maks 500kB);
  4. Tanda bukti pendaftaran I dari Portal https://sscndikdin.bkn.go.id (format file Pdf maks 500kB)

 

Alur Pendaftaran PIP Semarang 2021/2022

Sementara untuk alur pendaftaran calon taruna/i baru PIP Semarang dapat kamu simak seperti yang tertera di bawah ini:

  1. Mendaftar di alamat sscasn.bkn.go.id untuk mendapatkan username dan password, dan mencetak tanda bukti pendaftaran  I.
  2. Melanjutkan pendaftaran di Portal Sipencatar Dephub di alamat sipencatar.dephub.go.id menggunakan username dan password dari Portal SSCN BKN
  3. Melengkapi data pendaftaran dan mengunggah dokumen yang diperlukan di Portal Sipencatar Dephub
  4. Mencetak tanda bukti pendaftaran II

 

Tahapan Seleksi

Hal yang perlu kamu ketahui selanjutnya yaitu tahapan seleksi yang harus dilalui oleh calon taruna / taruni yang sudah dijelaskan sebagai berikut :

  1. Seleksi Tahap I : Pendaftaran
  2. Seleksi Tahap II : Seleksi Administrasi
  3. Seleksi Tahap III : Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes
  4. Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP);
  5. Seleksi Tahap IV : Tes Akademik;
  6. Seleksi Tahap V : Psikotes;
  7. Seleksi Tahap VI : Tes Kesehatan 
  8. Seleksi Tahap VII : Kesamaptaan dan wawancara
  9. Seleksi Tahap VIII (khusus untuk Program Studi D-lV Penerbang) : Tes Kesehatan II, dan Tes Bakat Terbang

Jadi demikian jadwal pendaftaran PIP Semarang 2021 ini, diharapkan dapat membantu kamu semua yang memerlukannya.Semoga dengan adanya informasi jadwal pendaftaran PIP Semarang, kamu menjadi terbantu dan memperoleh informasi.

 

Untuk memantapkan diri agar bisa masuk Sekolah Kedinasan, kamu dapat mengikuti TRY OUT PRIORITY yang sudah meluluskan lebih dari 5.000 orang. Silahkan Join Try Out ini.

 

Berikut ini mimin mau share daftar nama peserta yang dinyatakan lolos Tes Akademik Seleksi PIP Semarang pada tahun 2018 lalu. Semoga namamu kelak juga akan ada disini dan lolos hingga ke tahap akhir yaa!

PROGRAM STUDI : D-IV NAUTIKA

  1. 206207038483 ILHAM MUTIARA ALFI
  2. 206207038498 GERALD RIVANDO DE
  3. 206207038506 RAHMAT ALPHARESSI
  4. 206207038514 MUHAMAD FIRLYANSYAH
  5. 206207038521 AJI IMAN SANTOSA
  6. 206207038547 KEVIN SOLEHUDIN
  7. 206207038555 MUHAMMAD FADLY
  8. 206207038577 MARTIN BUTAR BUTAR
  9. 206207038594 RAFI’ MUMTAZ
  10. 206207038621 MOEZESLAND SIAHAAN
  11. 206207038625 ALIEF HIDAYAD
  12. 206207038683 M.FIKLY FERDIANA
  13. 206207038707 ANDRE FELIX NAULI
  14. 206207038751 RACHMAD HIDAYAD
  15. 206207038767 ADI FIRMAN NUGROHO
  16. 206207038790 KRISTILEVINA TRY ELIA
  17. 206207038919 DANIEL CHRISTOPER
  18. 206207038924 PRASETIO PRAKOSO
  19. 206207039002 SYAHRUL HIKMAWAN
  20. 206207039017 WILDAN RAHMAT FADILLAH
  21. 206207039020 ABIDEN SIMAMORA
  22. 206207039031 BRIAN ZENO ELKANA S.
  23. 206207039048 KIKY NANDA SAPUTRA
  24. 206207039073 FEBRIAN D.A PASARIBU
  25. 206207039134 DIO RICAT ADITYA
  26. 206207039145 RISKY RADE
  27. 206207039192 ARFANDHI YUSUF
  28. 206207039273 DENDI RIANSYAH BUDIMAN
  29. 206207039317 HERLAN HERYANTO
  30. 206207039326 SILVENI ERA REFORMISTA
  31. 206207039347 SIMON AMANDO
  32. 206207039377 MUHAMMAD IQBAL KHAQIQI
  33. 206207039381 EVANDER IMANUEL
  34. 206207039393 MAICHEL HASIBUAN
  35. 206207039410 MAHATARU GABRIEL ANGEL
  36. 206207039487 RICKY MARTIN HASIBUAN
  37. 206207039617 PUTRA ANUGERAH
  38. 206207039621 M.AKSAL PRAGAMAS
  39. 206207039662 NAUFAL NOVIEANDRI
  40. 206207039896 FIQO AULIA ICKSAN

 

PROGRAM STUDI : D-IV TEKNIKA

  1. 201208034628 MAHENDRA NOVIANTO
  2. 201208037531 FADTH RIZKY DAMANIK
  3. 201208041030 NURI REZZA UTAMA
  4. 201208041291 ALFRITS FAIMBARI MANOBY
  5. 201208041923 DIKA HISKYA SURBAKTI
  6. 201208044230 RIZKI AGUNG GUMELAR
  7. 202208040901 FAJAR PUTRA PAMUNGKAS
  8. 205208037946 BELLY YERNANDO J
  9. 205208040084 RAHMAT KATAHMI
  10. 206208031389 MARKUS GILBERTH
  11. 206208031401 BIMO ARIO PRASETYO P
  12. 206208031465 MUHAMAD FAUZAN AKBAR
  13. 206208031518 FAJAR SAPUTRO
  14. 206208031584 RISNANDAR SETIAWAN
  15. 206208031657 ADVEN FRANDESTA
  16. 206208031752 NANDANG FIRMANSYAH
  17. 206208031811 BARDANIR RIZAL
  18. 206208031818 WISNU AJI HENDRAWAN
  19. 206208031823 DIMAS FAIZAL RIZKY ALVIAN
  20. 206208031879 RAIHAN ALFIANSYAH
  21. 206208031924 WALKER HALOMOAN HUMALA
  22. 206208031925 RISKI MARDIANSYAH
  23. 206208031976 ANGGORO PRASETYO
  24. 206208032027 AQILLA ABDA ALLIYU
  25. 206208032049 HERRY JEREMI SITANGGANG
  26. 206208032125 GERY ARLAND TANGIBALI
  27. 206208032147 HUMAEDI
  28. 206208032177 IMAM LADONI AZI
  29. 206208032192 RAIHAN SURYA ABDI
  30. 206208032275 RIZKY NOOR SAID
  31. 206208032294 MAULANA TIRTA GUNA
  32. 206208032329 IKHLASUL AMAL
  33. 206208032457 PANDU ARTHA ELSYACH
  34. 206208032485 PIYAN PRAYOGA
  35. 206208032595 MUHAMMAD BAYYIN IBNU

 

PROGRAM STUDI : D-IV KETATALAKSANAAN ANGKUTAN LAUT DAN PELABUHAN (KALK)

  1. 206208040142 MUHAMMAD KASYFUL AZIS
  2. 206208040190 ARIEA WHIRA AL FURQON
  3. 206208040209 DIAN SYAHPUTRA
  4. 206208040258 ZIZAN NUR FADELLAH
  5. 206208040328 JOEGA KATULISTIWA
  6. 206208040339 KUKUH KRESNA PRABOWO
  7. 206208040513 ANANDA PUTRA GUMDANI
  8. 206208040674 AA DUDUNG ABDUL HAIM
  9. 206208040700 HANDOKO LUTFI PRIAMBUDI
  10. 206208040751 ARIF RAHMAT TAUFIK
  11. 206208040836 HILAL HAKIM
  12. 206208040837 YOGI SARJOKO PARHUSIP
  13. 206208040883 FREDRICK PASARIBU
  14. 206208040913 MOHAMMAD BADAR HASNAIM
  15. 206208041011 ANDIANA FATUROHMAN
  16. 206208041074 NUR IMAM SAPEI
  17. 206208041156 JOSEVIN BARTOLOMEUS
  18. 206208041182 MOHAMAD ALI SODIKIN
  19. 206208041247 MORIS LATUCONSINA
  20. 206208041410 ANDREA MARANATA GULTOM
  21. 206208041523 YUSLAM AGAM PANCA
  22. 206208041754 NAUFAL ADI WIRAWAN
  23. 206208041852 MOCHAMAD JAGAD RAYA
  24. 206208041880 RIZKI RESTU GUNAWAN
  25. 206208042070 MAHMUD

 

Referensi :

https://pip-semarang.ac.id/

https://tribunjatengwiki.tribunnews.com/2020/05/24/politeknik-ilmu-pelayaran-semarang

https://pendaftaran.pip-semarang.ac.id/

https://biayakuliah.net/biaya-kuliah-politeknik-ilmu-pelayaran-pip-semarang/

https://info.sipencatar.com/2018/12/prodi-pips.html