info@luluskedinasan.com

0812-9576-5257

Jika kamu adalah seorang yang senang mempelajari statistika, maka sekolah kedinasan ini sangat cocok untuk kamu. Disini, kamu akan mengetahui banyak hal mengenai sekolah kedinasan Polstat STIS, mulai dari :

  • Sejarah Polstat STIS
  • Program Studi dan Sistem Perkuliahan
  • Biaya Kuliah
  • Prospek Kerja Lulusan Polstat STIS
  • Syarat dan Cara Daftar
  • Tahapan Seleksi
  • Alumni Polstat STIS

Maka dari itu, kamu wajib banget menyimak berbagai macam informasi dibawah ini ya!

 

Politeknik Statistika STIS (Polstat STIS)

Politeknik Statistika STIS merupakan perguruan tinggi kedinasan program Diploma IV, yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik sejak tahun 1958, memberi kesempatan lulusan sekolah menengah umum jurusan IPA untuk dididik menjadi ahli statistik.

Sejarah Berdirinya POLSTAT STIS

Politeknik Statistika STIS adalah perguruan tinggi kedinasan di lingkungan Badan Pusat Statistik. Pembinaan secara fungsional Politeknik Statistika STIS dilaksanakan oleh Kepala Badan Pusat Statistik, namun secara pembinaan secara teknis akademik dilaksanakan oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan tinggi dalam hal ini adalah Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Politeknik Statistika STIS yang dikenal saat ini mempunyai catatan riwayat yang cukup panjang dalam pembentukannya, dimulai dengan berdirinya Akademi Ilmu Statistik (AIS) sampai menjadi Politeknik Statistika STIS seperti sekarang. Pada tanggal 11 Agustus 1958, Perdana Menteri Republik Indonesia waktu itu, Ir. H. Djuanda, mengeluarkan Surat Keputusan No. 377/PM/1958 tentang berdirinya Akademi Ilmu Statistik. Tujuan utama pendidikan AIS adalah mendidik tenaga pelaksana kegiatan statistik pada tingkat semi ahli yang mampu melaksanakan dan mengembangkan perstatistikan nasional. Tiga tahun kemudian AIS sudah menghasilkan lulusan. Pada awalnya AIS mendapat bantuan dana dan tenaga ahli dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Bantuan disalurkan melalui Statistical Research and Development Centre yaitu lembaga yang didirikan oleh Pemerintah Indonesia c.q. Biro Pusat Statistik (BPS) bekerjasama dengan badan PBB, United Nations Development Programme (UNDP).

Pada tahun 1964 BPS membuka Perguruan Tinggi Ilmu Statistik (PTIS)  dengan mahasiswa yang terdiri dari lulusan AIS dan dosen yang berasal dari PBB. Tujuannya adalah meningkatkan pendidikan untuk lulusan AIS.  Namun pada tahun 1965 bantuan ini terhenti karena Indonesia keluar dari PBB, dan sejak saat itu PTIS ditutup. Walaupun PTIS sudah tidak beroperasi, AIS tetap melaksanakan proses pendidikan.

Dengan persetujuan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) melalui Surat No. 295/D/T/97 tanggal 24 Februari 1997 tentang diizinkannya Badan Pusat Statistik (BPS) menyelenggarakan Program Pendidikan Diploma IV, kemudian diterbitkan Keppres No. 163 Tahun 1998 tentang STIS di bawah naungan BPS, maka sejak saat itu berdirilah STIS dengan dua jurusan yaitu jurusan Statistika dan jurusan Komputasi Statistik.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi menyatakan bahwa Sekolah Tinggi merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu rumpun ilmu pengetahuan dan/atau teknologi tertentu dan jika memenuhi syarat, sekolah tinggi dapat menyelenggarakan pendidikan profesi. Dengan demikian, bentuk kelembagaan Sekolah Tinggi tidak lagi sesuai bagi STIS yang tidak menyelenggarakan pendidikan akademik. Oleh karena itu, STIS mengubah bentuk kelembagaannya menjadi Politeknik yang merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam berbagai rumpun ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dan jika memenuhi syarat, politeknik dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

Pada tanggal 3 Oktober 2016 Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia menerbitkan Surat keputusan Nomor 429/KPT/I/2016 tentang Pembukaan Program Studi Komputasi Statistik Program Diploma Empat, Program Studi Statistika Program Diploma Empat, dan Program Studi Statistika Program Diploma Tiga  dalam rangka perubahan bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Statistik  menjadi Politeknik Statistika STIS di Jakarta yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik. Kemudian disusul oleh Surat Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia kepada Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 179/M/IX/2016 tanggal 9 September 2016 tentang Rekomendasi Perubahan Bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Statistik menjadi Politeknik Statistika STIS. Selanjutnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia juga mengeluarkan Surat Nomor B/479/M.KT.01 2017 pada tanggal 19 September 2017 yang menyetujui perubahan status Sekolah Tinggi Ilmu Statistik menjadi Politeknik Statistika STIS. Kemudian, pada tanggal 17 Oktober 2017 diterbitkan Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik No 87 Tahun 2017 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Statistika STIS. Pada akhirnya, Politeknik Statistika STIS resmi di-launching pada tanggal 28 Maret 2018. 

 

Program Studi POLSTAT STIS

STIS hanya memiliki 2 program studi atau jurusan, yaitu:

  1. Program studi Diploma III dan Diploma IV Statistika
  2. Program studi Diploma III Komputasi Statistik

 

  • Jurusan Statistik

Jurusan statistika merupakan jurusan yang fokus pada pembelajaran statistik dimana output dari jurusan ini adalah menghasilkan ahli statistik yang handal terutama pada bidang statistik pemerintahan. Ada dua peminatan pada jurusan statistika, yaitu statistika ekonomi dan statistika kependudukan. Statistika ekonomi merupakan peminatan statistik yang fokus kepada pembahasan penggunaan statistik pada berbagai model dan ilmu ekonomi. Sedangkan Statistika kependudukan adalah peminatan statistik yang fokus kepada penggunaan statistik pada bidang kependudukan dan sosial.

  • Jurusan Komputasi Statistik

Jurusan komputasi statistik merupakan jurusan yang fokus pada pembahasan pemrograman dalam bidang statistik. Mahasiswa pada jurusan ini diharapkan akan menjadi ahli teknologi informasi yang handal dalam membuat program dan pengolahan berbagai data statistik. Komputasi statistik merupakan jurusan yang sangat menarik di STIS. Bisa dikatakan, jurusan ini sangat cocok untuk mereka yang ternyata tidak menyukai statistik dan ingin mempelajari hal lain. Banyak sekali kawan-kawan saya yang memilih jurusan ini dan sekarang berkarya sebagai PNS dan juga programmer yang handal. 

 

Sistem Pendidikan POLSTAT STIS

Jurusan Statistika program D-III menggunakan Kurikulum tahun 2016 yang memiliki beban studi 111 SKS, dan terbagi ke dalam 42 mata kuliah yang dapat ditempuh dalam waktu 3 (tiga) tahun. Kurikulum Prodi Statistika D-III terdiri atas kurikulum inti (sebanyak 18 mata kuliah atau 54 SKS) dan kurikulum institusional (sebanyak 24 mata kuliah atau setara dengan 57 SKS) yang meliputi kuliah teori dan praktikum, praktik kerja lapangan, ujian komprehensif, serta tugas akhir. 

Politeknik Statistika STIS merupakan perguruan tinggi vokasi, sehingga kurikulum yang diberlakukan lebih banyak muatan praktikumnya. Pada Prodi D-III Statistika, komposisi beban SKS terdiri atas 35% teori dan 65% praktikum sesuai dengan Permendikbud nomor 49/2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Praktikum diluar kelas yang dilaksanakan pada beberapa mata kuliah seperti:

  • Praktikum ubinan (yang merupakan bagian dari mata kuliah official statistics bidang produksi),
  • Praktikum wawancara dan komunikasi dengan responden (mata kuliah Teknik Komunikasi dan Berwawancara),
  • Praktikum penggunaan Computer Assisted Personal Interviewing (CAPI) pada Susenas (mata kuliah official statistics bidang sosial dan kependudukan).

Mahasiswa tingkat III wajib menyelesaikan Tugas Akhir yang merupakan karya ilmiah mahasiswa dalam bentuk desain, penelitian, studi kasus dan pemecahan masalah keilmuan dengan menggunakan data primer dan atau data sekunder. Tugas Akhir disusun oleh kelompok yang terdiri dari 3-4 orang mahasiswa. Selain itu, mahasiswa tingkat III juga disertakan dalam kegiatan lapangan, baik survei maupun sensus, yang diselenggarakan oleh BPS, guna memberikan pembekalan/pengalaman sebelum mereka bekerja nanti.

Proses pembelajaran Prodi D-III Statistika diselenggarakan dalam 3 jenjang (tingkat). Setiap tingkat terdiri dari 2 (dua) semester. Pada setiap semester diberlakukan sistem paket dengan beban 15 – 24 satuan kredit semester (SKS). Perkuliahan dilaksanakan melalui metode tatap muka di kelas sesuai dengan jumlah SKS per mata kuliah. Materi perkuliahan tersedia dalam bentuk modul dan bahan presentasi kuliah yang disiapkan oleh Koordinator dosen mata kuliah bersama tim. Untuk dapat mengikuti ujian (UTS maupun UAS), kehadiran mahasiswa tidak boleh kurang dari 80%.

Dalam menunjang proses belajar mengajar dilakukan pula kegiatan akademik nonkredit seperti kuliah umum, tutorial, dan magang. Selain itu juga dilakukan kegiatan non akademik yang dimaksudkan untuk mendidik mental dan kepribadian mahasiswa, diantaranya adalah kegiatan bela negara, capacity building, ceramah non akademik, kompetisi mahasiswa, keorganisasian, dan program sosial kemasyarakatan.

Evaluasi hasil belajar mahasiswa Prodi D-III Statistika tingkat I dilakukan pada setiap semester. Adapun evaluasi hasil belajar bagi mahasiswa tingkat II dan III diberlakukan pada akhir tahun akademik. Pada semester I dan II diberlakukan sistem Drop Out (DO). Mahasiswa tingkat I yang tidak memenuhi kualifikasi (gagal) pada akhir semester akan dikeluarkan (drop out) dari Politeknik Statistika STIS, sedangkan mahasiswa tingkat II dan III diberikan kesempatan mengulang 1 kali pada tingkat yang sama.

Dalam lingkup Badan Pusat Statistik (BPS), lulusan Prodi D-III Statistika diproyeksikan sebagai Koordinator Statistik Kecamatan (KSK) yang merupakan ujung tombak kegiatan statistik di BPS. Menurut Perka BPS No 003 tahun 2002 Koordinator Statistik Kecamatan adalah petugas fungsional pengumpul data statistik di lapangan dan mengkoordinasikan kegiatan statistik pada tingkat kecamatan yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala BPS Kabupaten/Kota, yang dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dengan memperhatikan petunjuk dan koordinasi dari camat setempat. Dalam perkembangannya, KSK juga dituntut mampu mengolah, menyajikan, mengkomunikasikan, dan mengelola kegiatan statistik di wilayah tugasnya, serta membuat laporan berupa analisis dari hasil pendataan. Oleh karena itu, lulusan Prodi D-III Statistika harus mampu mengolah data menggunakan beberapa software statistik populer seperti MS-Excel dan SPSS sekaligus mampu menginterpretasikan serta menyajikan hasilnya dalam bentuk publikasi, seperti Kecamatan Dalam Angka, Statistik Daerah Kecamatan, dan/atau menyajikan dalam bentuk poster mengaplikasikan infografis yang baik dan sesuai. Lulusan Prodi D-III Statistika harus memiliki keunggulan dalam bidang statistika terapan, khususnya dalam manajemen dan metodologi survei, dan dalam menerapkan kaidah-kaidah statistika untuk melaksanakan kegiatan statistik (pengumpulan, pengolahan, penyajian, dan analisis data statistik), khususnya data official statistics.

Seluruh Lulusan Prodi D-III Statistika berstatus ikatan dinas pada BPS. Setelah wisuda, lulusan segera diangkat sebagai CPNS Golongan II-c di lingkungan BPS dan akan ditempatkan di kantor BPS di seluruh wilayah Indonesia terutama di tingkat kabupaten/kota. Sebelum Surat Keputusan CPNS diterima, lulusan mengikuti program magang di kantor Badan Pusat Statistik di Jl. Dr. Sutomo No. 6-8 Jakarta.

Kompetensi minimal lulusan Prodi D-III pada aspek softskill:

  1. Memiliki integritas dan amanah
  2. Menguasai teknik komunikasi dan wawancara yang baik
  3. Memiliki mental yang kuat
  4. Memiliki kecerdasan emosional yang baik
  5. Menguasai manajemen survey
  6. Memiliki kemampuan beradaptasi
  7. Menguasai cara mempresentasikan data dengan baik
  8. Penguasaan psikologis diri, etika, karakter, leadership
  9. Menguasai kondisi sosial budaya lokal

Kompetensi minimal lulusan Prodi D-III pada aspek hardskill:

  1. Memiliki profesionalitas
  2. Menguasai literasi data
  3. Menguasai teknik melakukan survei
  4. Menguasai teknik pengolahan data
  5. Menguasai metode statistik (dasar)
  6. Menguasai teori dan praktik official statistics
  7. Menguasai cara menyajikan data dengan baik
  8. Menguasai teknologi informasi dan komunikasi dengan baik
  9. Menguasai dasar-dasar akuntansi dan manajemen perkantoran

Sedangkan dalam jurusan statistika program diploma IV, kurikulum yang digunakan oleh POLSTAT STIS adalah kurikulum tahun 2014 yang disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan untuk tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi Program Studi D-IV Statistika dengan muatan hard skills dan soft skills yang mencerminkan nilai-nilai BPS yaitu profesional, memiliki integritas dan amanah. Total SKS mata kuliah adalah 145 SKS, dengan komposisi 40% teori dan 60% praktikum.

Tugas akhir mahasiswa Prodi D-IV Statistika berupa skripsi dengan bobot 4 SKS. Topik yang digunakan dalam penyusunan skripsi adalah topik yang up to date, sesuai dengan peminatan mahasiswa, yang diarahkan untuk mengoptimalkan pemanfaatan official statistics yang dihasilkan oleh BPS. Penulisan skripsi mengacu pada aturan baku yang ditetapkan pada buku pedoman penulisan skripsi.

Mahasiswa Prodi D-IV Statistika menjalani proses perkuliahan selama 8 semester dengan sistem paket dalam bentuk tatap muka di kelas dan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Tema PKL berbeda setiap tahun, sesuai dengan masukan dari stakeholder dan permasalahan terkini. Melalui PKL, mahasiswa mempraktikkan tata cara mendesain sebuah survei, mengelola survei, dan menganalisis hasil survei. Hasil PKL didiseminasikan dalam bentuk seminar nasional dan disosialisasikan di lokasi PKL dilaksanakan.

Evaluasi belajar di Politeknik Statistika STIS terdiri dari 2 (dua) mekanisme, yaitu:

  1. Evaluasi pada tingkat I dilakukan tiap semester dengan ketentuan jika mahasiswa tidak mencapai nilai minimum yang disyaratkan, maka akan dinyatakan Drop Out (DO).
  2. Evaluasi pada tingkat II, III, dan IV dilakukan tiap akhir tahun akademik dengan ketentuan jika mahasiswa tidak mencapai nilai minimum yang disyaratkan, maka akan dinyatakan Mengulang/Tinggal Kelas. Kesempatan mengulang hanya diberikan satu kali.

Persyaratan naik tingkat atau lulus:

  1. Tidak ada nilai huruf E untuk setiap mata kuliah yang diujikan
  2. Nilai D atau D+ tidak lebih dari satu pada mata kuliah inti yang telah ditentukan.
  3. Memiliki nilai Indeks Prestasi (IP) >= 2,00
  4. Mahasiswa tingkat IV dinyatakan lulus dan berhak diwisuda jika memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,5 dan poin pelanggaran non akademik tidak melebihi kriteria yang telah ditetapkan.

Mahasiswa Prodi D-IV Statistika Politeknik Statistika STIS berstatus ikatan dinas pada Badan Pusat Statistik (BPS) sehingga semua lulusannya diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan BPS dan siap ditempatkan di seluruh unit kerja BPS baik di pusat, BPS Provinsi maupun BPS Kabupaten/Kota di seluruh wilayah Indonesia. Lulusan Prodi D-IV Statistika Politeknik Statistika STIS langsung diusulkan proses pengangkatannya sebagai CPNS setelah mereka lulus.

Lulusan Prodi-DIV Statistika adalah tenaga siap pakai di bidang perencana survei/ sensus, pengolahan data hasil survei/ sensus, dan analisis statistik. Lulusan merupakan ahli statistika yang mampu merancang kegiatan survei yang efisien di bidang ekonomi, sosial dan kependudukan dengan menerapkan metode sampling yang tepat untuk keperluan estimasi populasi. Di samping itu, lulusan mampu mengkaji instrumen yang digunakan oleh BPS dalam menghasilkan official statistics yang valid dan reliable, serta mampu mengembangkan metode yang digunakan untuk peningkatan kualitas data. Lulusan juga memiliki kemampuan manajerial yaitu mampu mengkoordinasikan tahapan pelaksanaan survei di lapangan sesuai rancangan yang telah ditetapkan dan mengkomunikasikan hasil survei berdasarkan kaidah-kaidah yang telah ditetapkan dalam rancangan survei secara lisan maupun tertulis.

Kemampuan khusus yang wajib dimiliki oleh lulusan Prodi D-IV Statistika adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki sikap Profesional, Integritas, dan Amanah (PIA)
  2. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik, secara lisan dan tertulis
  3. Memiliki mental yang tangguh
  4. Mampu beradaptasi pada lingkungan tempat kerja
  5. Menguasai manajemen pelaksanaan survei/sensus
  6. Mampu mengkomunikasikan hasil survei, penelitian, telaah dan pemikiran secara jelas dan mudah dipahami
  7. Memiliki jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab terhadap tugas
  8. Menguasai konsep dasar teori statistika
  9. Mampu menerapkan metode sampling yang tepat dalam survei untuk keperluan estimasi populasi
  10. Menguasai teknik pengolahan data menggunakan perangkat lunak (software) yang sesuai
  11. Mampu menyajikan dan menganalisis hasil survei/ sensus dengan metode yang tepat
  12. Mampu mengembangkan dan mengaplikasikan metode statistika yang tepat dalam menghasilkan official statistics yang berkualitas dan terpercaya

STIS memiliki program Beasiswa Ikatan Dinas yang mana penerima beasiswa ini memiliki ikatan dinas selama dan setelah lulus dari pendidikan di STIS, yaitu wajib bekerja di lingkungan BPS dengan penempatannya di seluruh Indonesia selama dua kali masa pendidikan secara berturut-turut. Selain itu, ketika kamu resmi menjadi mahasiswa STIS, kamu akan dapat merasakan fasilitas sebagai berikut :

  1. Auditorium
  2. Ruang Kelas
  3. Laboratorium komputer dan pusat pelayanan internet
  4. Koperasi mahasiswa
  5. Perpustakaan Klinik kesehatan
  6. Laboratorium bahasa
  7. Ruang kesenian
  8. Kantin
  9. Hotspot/Wi-fi
  10. Tempat ibadah

 

Prospek Kerja Lulusan POLSTAT STIS

Lulusan STIS memiliki gelar Ahli Madya Statistik (A.Md.Stat) untuk jenjang D-III dan Sarjana Terapan Statistik (S.Tr.Stat) untuk jenjang D-IV. Mahasiswa yang lulus dari Politeknik Statistika STIS berstatus ikatan dinas pada Badan Pusat Statistik (BPS). Sehingga, setelah lulus pasti akan menjadi CPNS atau calon Aparatur Sipil Negara (ASN) di BPS dan ditempatkan di seluruh unit kerja BPS. Untuk lulusan D-III kamu akan masuk golongan II/c dan akan ditugaskan di BPS seluruh Indonesia. Sedangkan lulusan D-IV akan mendapatkan golongan III/a dan akan ditugaskan di BPS/Kementerian/Lembaga/Instansi lainnya di seluruh Indonesia.

Kamu harus siap ditempatkan dimanapun, baik itu di pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota. Setelah lulus, kamu akan menjalani masa orientasi kerja atau biasa kita kenal sebagai magang di BPS. Lama waktu magangnya sampai SK pengangkatan CPNS terbit. Jadi gimana? apa kamu tertarik untuk menjadi mahasiswa STIS? berikut adalah syarat dan cara daftar POLSTAT STIS tahun 2021.

 

Untuk memantapkan diri agar bisa masuk Sekolah Kedinasan, kamu dapat mengikuti TRY OUT PRIORITY yang sudah meluluskan lebih dari 5.000 orang yah! Silahkan Join Try Out ini.

 

Syarat Umum Pendaftaran

  1. Sehat jasmani dan rohani (dapat atau layak bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di lapangan), dan bebas narkoba
  2. Tidak buta warna (baik total maupun parsial), untuk pengguna kacamata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dapat diberikan toleransi di bawah ukuran 6 dioptri
  3. Lulusan atau siswa kelas 12 SMA/MA Peminatan MIPA/IPS atau SMK/MAK Peminatan Teknik Komputer dan Informatika
  4. Nilai Matematika (Kelompok A/Umum) dan Bahasa Inggris minimal 80,00 (skala 1 s.d. 100) atau 3,20 (skala 1,00 s.d. 4,00) pada Ijazah atau nilai raport semester gasal kelas 12;
  5. Umur minimal 16 tahun dan maksimal 22 tahun, per 1 September 2021;
  6. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS sampai dengan pengangkatan PNS;
  7. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain;
  8. Bersedia mematuhi peraturan Politeknik Statistika STIS;
  9. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di Politeknik Statistika STIS;
  10. Setelah lulus pendidikan di Politeknik Statistika STIS, bersedia ditempatkan di Badan Pusat Statistik (BPS)/Kementerian/Lembaga/Instansi lainnya sesuai penempatannya di seluruh wilayah Indonesia sampai tingkat Kabupaten/Kota;

 

Persyaratan Khusus untuk Program Diploma III

Domisili (sesuai kartu keluarga) di Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kepulauan Riau, dan Kepulauan Bangka Belitung.

 

Prosedur Pendaftaran

Pendaftaran dilakukan oleh calon peserta secara online melalui internet dan dapat dilakukan dari mana pun, dengan cara sebagai berikut:

  1. Peserta dapat mendaftar melalui portal https://sscasn.bkn.go.id lalu pilih menu Sekolah Kedinasan, atau Peserta dapat mendaftar melalui portal https://dikdin.bkn.go.id. Peserta membuat akun dengan menginput Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK).
  2. Pendaftar login kembali ke SSCASN dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.
  3. Pendaftar memilih Sekolah Kedinasan Politeknik Statistika STIS dan melengkapi biodata diri.
  4. Pendaftar menyelesaikan pendaftaran dengan mengecek Resume dan mencetak Bukti Pendaftaran.
  5. Pendaftar menerima konfirmasi hasil verifikasi administrasi di portal SSCASN.
  6. Setelah dinyatakan lulus verifikasi administrasi, pendaftar mengakses portal SPMB Politeknik Statistika STIS (https://spmb.stis.ac.id) dan login menggunakan NIK dan password sesuai dengan portal SSCASN.
  7. Pendaftar melengkapi data/dokumen yang diperlukan instansi, serta memverifikasi email untuk mendapatkan Kode Pembayaran.
  8. Pendaftar membayar biaya seleksi dengan menggunakan Kode Pembayaran melalui Bank BRI sebelum batas waktu pembayaran yang ditetapkan.
  9. Setelah melakukan pembayaran, pendaftar kembali login ke portal SPMB Politeknik Statistika STIS untuk mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian Masuk (KTPUM).
  10. Pendaftar kemudian mengikuti petunjuk yang tercetak pada KTPUM tersebut.
  11. Waktu dan lokasi tes akan diumumkan melalui portal SPMB Politeknik Statistika STIS.

 

Biaya Seleksi

  1. Calon peserta dikenakan biaya seleksi sebesar Rp. 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah) sebagaimana tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2015 tentang Jenis dan Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Badan Pusat Statistik. Biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara. Biaya seleksi dan biaya administrasi bank yang telah dibayarkan, tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.
  2. Pembayaran dapat dilakukan melalui teller atau melalui mesin ATM Bank BRI setelah pendaftar menyelesaikan pendaftaran di portal SSCASN dan di portal SPMB Politeknik Statistika STIS.
  3. Pembayaran melalui teller bank dilakukan dengan menunjukkan Kode Pembayaran ke teller bank.
  4. Langkah-langkah pembayaran melalui ATM dapat dilihat pada bagian akhir petunjuk ini.
  5. Pembayaran hanya dapat dilakukan sampai dengan batas waktu yang tertera di portal SPMB Politeknik Statistika STIS.
  6. Biaya administrasi bank ditanggung peserta.
  7. Biaya seleksi dan biaya administrasi bank yang telah dibayarkan, tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.

 

Sistem Seleksi PMB STIS

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun akademik 2021/2022 ikatan dinas dilakukan dalam 3 (tiga) tahap sebagai berikut:

  1. Tahap I. Seleksi Kompetensi Dasar, menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) berkoordinasi dengan Politeknik Statistika STIS.
  2. Tahap II. Matematika dan Psikotes, menggunakan sistem Ujian Masuk Berbasis Komputer.
  3. Tahap III. Uji Kesehatan dan Kebugaran.

Pada setiap tahapan berlaku sistem gugur.

Selain itu, adapun daftar nama alumni POLSTAT STIS dibawah ini. Semoga kelak namamu akan tercantum disini ya. 

  1. 190002/RANANTA KARINA/D3 Statistika
  2. 190003/DINTHA LUTFIANI/D3 Statistika
  3. 190019/YESSYANA/D3 Statistika
  4. 190076/TIARA GUSLENDRA/D3 Statistika
  5. 210015/SRI FAHRINA/D3 Statistika
  6. 210019/DIVINIA ANJANI/D3 Statistika
  7. 210038/TADJIE RIFKY ARDANI/D3 Statistika
  8. 210072/NURUL WAHIDA/D3 Statistika
  9. 210111/MEWA AZMIN NOVIA/D3 Statistika
  10. 210131/FEBY VANESSA WANDRI/D3 Statistika
  11. 210154/FREDO SOJUANGON LIMBONG/D3 Statistika
  12. 210159/SHAFIRA PURWA CHANDRA DEWI/D3 Statistika
  13. 210174/AMOI SANDRA LESMANA/D3 Statistika
  14. 520013/ERWIN ZIN DANA WAZARI/D3 Statistika
  15. 520028/WAYAN DELVA BUOi DARMIKA/D3 Statistika
  16. 520098/NI PUTU TASYA TIFFANI PUTRI DHARMADI/D3 Statistika
  17. 520102/ANGGUN MEILINDA ALIF FATALI/D3 Statistika
  18. 520251/MUH. YAN HUMAINI/D3 Statistika
  19. 530023/GRATIANA !MELDA NAHAK/D3 Statistika
  20. 530038/MARLIA AUGUSTIO ADANG/D3  Statistika
  21. 530051/HERIBERTUS RIVALDI DE LAHUT D3 Statistika
  22. 530077/AINAYYA HILWAH SALSABILA N. LIKUR/D3 Statistika
  23. 530084/YOHANES INDRA KUMANIRENG/D3 Statistika
  24. 530086/YOHANES BRIAN OLINTINO/D3 Statistika
  25. 530120/KARINA NUR FADILA/D3 Statistika
  26. 530138/MARIANUS ALMOSA HARMAN/D3 Statistika
  27. 530178/BRIGIT APOLINARIS TNINES/D3 Statistika
  28. 530213/LAURENSIA A . TANGGANG/D3 Statistika
  29. 530219/ALFHEN BAYO/D3 Statistika
  30. 530272/ERASTUS FLORIBERTUS NAHAK/D3 Statistika
  31. 530298/YOHANES CALVIN HENDRIK WIYANTO/D3 Statistika
  32. 530301/MARYO YOSEPH AM BARTO DWI SILOSAN/D3 Statistika
  33. 530303/ANGEL ZUSHELMA HARTONG/D3 Statistika
  34. 530313/AGOSTINHO J.REGULO FREITAS/D3 Statistika
  35. 530329/ALOYSIUS BELA BORO/D3 Statistika
  36. 530343/CLAUDIA THAN IA ROSES LEONIS/D3 Statistika
  37. 530373/MARIA MEGACHITA DA SILVA/D3 Statistika
  38. 530382/NOVIANA MARIA GRACHELLA ABI/D3 Statistika
  39. 530476/ANGELA RIRIN MALANI/D3 Statistika
  40. 610076/LEVI ALFARO SAMOSIR/D3 Statistika
  41. 610106/SAPRIANA PASKALINA FAYON/D3 Statistika
  42. 610199/BRIGGITA VAYA DIFA/D3 Statistika
  43. 610241/ANASTASIA VELANDA/D3 Statistika
  44. 620010/MAGDALENA  SAGALA/D3 Statistika
  45. 620057/TIARA ANDANSARI/D3 Statistika
  46. 620073/DEWI CAHYA FITRI/D3 Statistika
  47. 620165/ADITIYA PRASETYO/D3 Statistika
  48. 630016/HAFIDYA HANSARI/D3 Statistika
  49. 630076/DESTRIANA PANGESTI/D3 Statistika
  50. 630134/LUTFIAH SETIAWATI/D3 Statistika
  51. 320360/RIO PRANANDA ADITYA/D4 Statistika
  52. 320401/HERLINDA FEBRIANTI CESARIE/D4 Statistika
  53. 320453/NAUFAL AQIL FADHLURRAHMAN/D4 Statistika
  54. 320458/ALDI ROCHMAN NULKARIM/D4 Statistika
  55. 320462/QONITA  RAIHANANDA/D4 Statistika
  56. 320490/AFLIANTO FIFTER PANGGABEAN/D4 Statistika
  57. 320633/UJANG KURNIA KRISMAYANTO/D4 Statistika
  58. 320744/A HADI RAFSANJANI/D4 Statistika
  59. 320839/SIFA ROFATUNNISA/D4 Statistika
  60. 330006/MOHAMAD RIZKI  RAMADHAN/D4 Statistika
  61. 330020/MUHAMAD GALIH EKO SAPUTRO/D4 Statistika
  62. 330046/INEKE KRISTIN DWI ASTUTI/D4 Statistika
  63. 330068/KUNCORO DWI DHANUTAMA/D4 Statistika
  64. 330072/DZATU HISAN NUGRAHAINI/D4 Statistika
  65. 330083/ALVIA ROSSA DAMAYANTI/D4 Statistika
  66. 330094/MUHAMMAD HAIDAR HILMI/D4 Statistika
  67. 330128/WAHYU JOKO MURSALIN/D4 Statistika
  68. 330132/NOFITRI SUTIATUN/D4 Statistika
  69. 330193/MUHAMMAD RIDWAN FIRDAUS/D4 Statistika
  70. 330194/M.ALFA RIZKI/D4 Statistika
  71. 330234/VITA PERMATA DEWI/D4 Statistika
  72. 330241/ANITA  KUSUMANINGRUM/D4 Statistika
  73. 330257/ANDIKA NIKOLA PUTRA/D4 Statistika
  74. 330268/CESARIA DEWI/D4 Statistika
  75. 330307/RAISA RIZKY AMELIA RAHMAN/D4 Statistika
  76. 330342/LATHIFAH  DZAKIYAH/D4 Statistika
  77. 330360/RENI ANGGITA/D4 Statistika
  78. 330379/FAJAR RIZKI PUJO P/D4 Statistika
  79. 330397/ANNISA PUTRI RAMADHANTY/D4 Statistika
  80. 330406/NADHIFAN  HUMAM FITRIAL/D4 Statistika
  81. 330571/ELVERA WAHYU TRIANA/D4 Statistika
  82. 330627/NISRINA CITRA NURFADILAH/D4 Statistika
  83. 330650/APRILLIA ANIS SAPUTRI/D4 Statistika
  84. 330868/BOY CAKRA SAKTI/D4 Statistika
  85. 330896/RAFIKA NUR HAFIDHAH/D4 Statistika
  86. 331011/HADZIQ SHUBHAN/D4 Statistika
  87. 331121/LATIFAH HASANAH/D4 Statistika
  88. 331165/NADIYA NUR HUSNIYYA/D4 Statistika
  89. 331166/MUHAMMAD  FAHRUL AZIZ/D4 Statistika
  90. 340020/MUHAMMAD SULKHAN SETIAWAN/D4 Statistika
  91. 340036/FATH ESA PRASANTI KUSUMA/D4 Statistika
  92. 340045/DIAS KHUSNUL KHOTIMAH/D4 Statistika
  93. 340069/ATIKA NUR FITRIANA SAPUTRI/D4 Statistika
  94. 340076/ANA  PANGESTIKA/D4 Statistika
  95. 340082/NOVAL IRGI ZEKHA FIRDAUS/D4 Statistika
  96. 340094/NI LUH EVINDIA ANDINI/D4 Statistika
  97. 311012/AZELEA JULIASTTITA/D4 Statistika
  98. 311156/YONGKI RAMANDA PUTRA/D4 Statistika
  99. 3111273/REZA PAHLEVI/D4 Statistika
  100. 311568/GRACILIA STEVI MARTHA/D4 Statistika

 

Untuk memantapkan diri agar bisa masuk Sekolah Kedinasan, kamu dapat mengikuti TRY OUT PRIORITY yang sudah meluluskan lebih dari 5.000 orang yah! Silahkan Join Try Out ini.

 

Referensi :

https://stis.ac.id/ 

https://spmb.stis.ac.id/