info@luluskedinasan.com

0812-9576-5257

Halo, sahabat priority! Kenalan dengan sekolah kedinasan yang satu ini yuk. Yup! Sekolah Tinggi Sandi  Negara adalah satu-satunya pendidikan tinggi persandian di Indonesia loh. Perguruan tinggi kedinasan ini merupakan perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia. Ingin tau lebih banyak tentang STSN? yuk, simak informasi dibawah ini, karena disini kamu akan mendapatkan informasi seputar STSN mulai dari sejarah berdirinya STSN, program studi dan sistem perkuliahannya, biaya kuliah dan prospek kerja lulusan STSN, serta syarat dan tata cara pendaftaran STSN, loh.

 

Sejarah Berdirinya STSN

Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) atau yang sekarang disebut dengan Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN), merupakan perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Badan Siber dan Sandi Negara atau yang biasa kita kenal sebagai BSSN. dimana STSN atau Poltek SSN ini memiliki visi untuk menjadi Politeknik kelas dunia yang menghasilkan SDM siber dan sandi yang unggul dan berjiwa pancasila. Untuk mewujudkan visi tersebut, maka kompetensi yang diterapkan oleh perguruan tinggi ini adalah seperti kemampuan menganalisis, merancang serta mengimplementasikan sistem kriptografi, selain itu pada peserta didik juga akan dilatih memiliki kemampuan mengelola, mengevaluasi, dan mengembangkan keamanan siber dan sandi negara, demi mendukung pemerintah dalam aspek pertahanan dan keamanan negara. 

Pendidikan sandi mulai diselenggarakan pada tahun 1946, bersaman dengan berdirinya organisasi sandi di Kementerian Pertahanan, yang pada saat itu dikenal dengan nama Bagian Code Kementerian Pertahanan Bagian B (Intelijen). Bentuk pendidikan sandi saat itu masih sangat sederhana dan bersifat getok tular yaitu menularkan pengetahuan kepada rekan kerja secara langsung tanpa sistem sekolah. Baru pada tahun 1947 dibentuk pendidikan sandi dengan sistem magang yaitu calon personil sandi dididik dalam praktik kerja, kemudian berkembang menjadi sistem klasikal yaitu dengan pelatihan selama beberapa bulan.

Setelah organisasi persandian ditingkatkan statusnya menjadi suatu badan/lembaga tersendiri dengan nama Djawatan sandi pada tahun 1950, sistem pendidikan sandi disempurnakan sehingga lebih sistematis dan terstruktur dengan menggunakan kurikulum dan mengikuti kaidah-kaidah pendidikan pada umumnya. Jenjang pendidikan yang dibentuk saat itu adalah pendidikan Sandiman dan Juru Sandi.

Namun, karena pendidikan Sandiman dinilai kurang bersifat analisis kriptografis, maka dibentuk pendidikan Ahli Sandi-Brevet A dan Brevet B. Meskipun demikian, pendidikan Sandiman dan Juru Sandi tetap ada dengan nama Diklat Sandiman -Ahli Sandi Tingkat II dan Juru Sandi-Ahli Sandi Tingkat I.

Pengesahan Akademi Sandi Negara

Pada akhir tahun 1969 dibuka pendidikan Ahli Sandi Gaya Baru yang menggunakan kurikulum gabungan Pendidikan Ahli Sandi Brevet A dan Pendidikan sandiman. Pada tahun 1973 pendidikan Ahli Sandi gaya Baru dinyatakan secara de facto sebagai Akademi sandi Negara dan lulusan pendidikan tersebut dinyatakan sebagai lulusan Akademi Sandi Negara Angkatan I. Hal tersebut dikuatkan dengan Surat Keputusan Ketua Lembaga Sandi Negara No. 078.II.4.74 tertanggal 16 Februari 1974 tentang Akademi sandi negara. Melalui upaya yang dilakukan oleh Biro Pendidikan Lembaga Sandi Negara maka tanggal 1 Juli 1975 berhasil dikeluarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0135/U/1975 tentang pengesahan Akademi Sandi Negara.

Wacana peningkatan status D-III Akademi Sandi Negara menjadi D-IV Sekolah Tinggi telah bergulir sejak tahun 1983. Namun baru dapat direalisasikan dalam program kerja Lembaga Sandi Negara pada tahun 1998 dan berkembang menjadi kelompok kerja peningkatan status Akademi Sandi Negara menjadi Sekolah Tinggi Sandi Negara.

Selanjutnya selama kurang lebih dua tahun periode 1998-2000 dilakukan penataan internal yang antara lain penggantian kurikulum Akademi Sandi Negara dengan berpedoman pada ketentuan pendidikan yang berlaku. Setelah tercapainya kesiapan kondisi internal, Lembaga Sandi Negara tahun 2000 mengajukan proposal peningkatan status Akademi Sandi Negara menjadi Sekolah Tinggi Sandi Negara kepada Menteri Pendidikan Nasional.

Persetujuan Pendirian STSN

Setelah melalui proses penilaian dan peninjauan mengenai kelayakan sistem pendidikan, kurikulum, sarana dan prasarana, maka berdasar surat Mendiknas Nomor 19/MPN/02 tanggal 17 Januari 2002, Menteri Pendidikan Nasional menilai (D-III) Akademi Sandi Negara laik untuk ditingkatkan menjadi (D-IV) Sekolah Tinggi Sandi Negara. Sehubungan dengan penetapan pendirian perguruan tinggi kedinasan setingkat D-IV harus melalui Keputusan Presiden RI, maka proses pelembagaan dimulai sejak pengajuan usul persetujuan pendirian Sekolah tinggi Sandi Negara kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara bulan Januari 2002.

Setelah melalui pembahasan yang cukup panjang maka tanggal 17 April 2003 Keputusan Presiden RI No. 22 tahun 2003 menetapkan tentang Pendirian Sekolah Tinggi Sandi Negara. Keputusan Presiden RI ini menetapkan pula bahwa Akademi Sandi Negara diintegrasikan ke dalam Sekolah Tinggi Sandi Negara.

STSN angkatan I diselenggarakan dalam kondisi yang minimal. Secara kelembagaan pendidikan diselenggarakan oleh Unit Pelaksana Teknis Pendidikan Ahli Madya Sandi (UPT PAMS) Pusdiklat Lemsaneg RI. Beberapa peraturan masih menggunakan peraturan AKSARA dan pola pendidikan juga tidak berbeda jauh dengan AKSARA. Tahun 2003 STSN berdiri sendiri dalam organisasi terpisah dari Pusdiklat. Sebagai Konsekuensi logis dari pendirian organisasi ini, peraturan-peraturan yang dahulu masih digunakan peraturan AKSARA harus disesuaikan dengan visi, misi dan tujuan pendidikan STSN. Beberapa peraturan STSN ditetapkan dan terus menerus dievaluasi untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Pengajuan Peningkatan Status

STSN membuka pendidikan untuk angkatan I di tahun 2002. Pada tahun ini pendidikan akademik diselenggarakan berdasarkan kurikulum 2002. Kurikulum 2002 mengatur STSN untuk menyelenggarakan dua bidang studi, yaitu Manajemen Persandian dan Teknik Persandian. Untuk Teknik Persandian sendiri dibagi lagi menjadi 2 bidang minat yaitu Teknik Rancang Bangun dan teknik Kripto. Kurikulum 2002 merupakan penyempurnaan kurikulum Akademi Menuju Sekolah Tinggi yang diajukan sebagai naskah akademik pengajuan peningkatan status AKSARA menjadi STSN.

Perjalanan panjang STSN hingga tahun 2009 melalui tiga kali perubahan kurikulum, menyesuaikan kebutuhan pengguna dan kemajuan dunia pendidikan. Kurikulum 2002 mengalami revisi di tahun 2004, 2005 dan saat ini kurikulum yang digunakan adalah 2007.

 

Program Studi STSN

Berikut ini adalah beberapa program studi yang ada di STSN.

  • Rekayasa Keamanan Siber.

Kurikulum Prodi Rekayasa Keamanan Siber (RKS) telah disusun pada tahun 2016 berdasarkan perkembangan terkini dalam keamanan siber, sehingga diyakini dapat menjawab tantangan tugas BSSN di ranah keamanan siber. Kurikulum Prodi RKS  merupakan jenis program studi terapan (vokasi) sehingga untuk setiap satuan kredit semester (sks) alokasi pengajaran yang diberikan memenuhi komposisi 40% teori dan 60% praktikum/responsi. Satu SKS adalah tataran penghargaan terhadap pengalaman belajar yang diperoleh selama 1 semester melalui kegiatan terjadwal per minggu sebanyak 1 jam perkuliahan atau 2 jam praktikum atau 4 jam kerja lapangan, yang masing-masing diiringi oleh sekitar 1-2 jam kegiatan terstruktur dan sekitar 1-2 jam kegiatan mandiri. Kurikulum Prodi RKS terdiri dari 144 (SKS) yang harus diselesaikan mahasiswa ikatan dinas selama kurun waktu 4 tahun. Kurikulum prodi RKS memiliki kurang lebih 2434 jam praktikum untuk mencapai kompetensi keahlian/ keterampilan khusus lulusan prodi. Adapun capaian pembelajaran sebagai berikut.

Pengetahuan (knowledge) :

  • Menguasai konsep teoritis jaringan komputer dan komunikasi secara umum
  • Menguasai konsep teoritis keamanan informasi secara umum
  • Menguasai konsep teoritis intelijen secara umum

 

Keterampilan (skills) :

  • Mampu melakukan rekayasa keamanan jaringan komputer dan komunikasi dengan menggunakan metodologi tertentu dan menghasilkan rekomendasi keamanan jaringan sesuai kebutuhan pengguna
  • Mampu melakukan rekayasa keamanan informasi dan menghasilkan rekomendasi keamanan informasi sesuai kebutuhan pengguna
  • Mampu merencanakan dan merancang pengelolaan keamanan siber dan menghasilkan rekomendasi keamanan siber sesuai kebutuhan pengguna
  • Mampu mengoperasikan fitur keamanan perangkat jaringan yang meliputi sistem operasi , perangkat lunak dan perangkat keras

 

  • Rekayasa Kriptografi. Program studi (prodi) Rekayasa Kriptografi (RK) memiliki 2 (dua) bidang minat, yaitu:
  1. Bidang Minat Rekayasa Sistem Kriptografi
  2. Bidang Minat Rekayasa Perangkat Lunak Kriptografi

 

  • Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi. Prodi Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi (RPK) melakukan pengembangan ilmu spesifik yang berkaitan dengan Embedded System Computer Engineering, Cyber Physical System, dan Cryptographic Hardware Engineering. Adapun kompetensi yang harus dimiliki oleh mahasiswa RPK antara lain adalah:
  1. Merancang hardware yang aman
  2. Merekayasa dan mengembangkan perangkat keras kripto
  3. Menganalisa potensi ancaman di bidang siber
  4. Mengamankan infrastruktur kritis nasional (perbankan, e-commerce, transportasi) dan menyelenggarakan insiden respon nasional
  5. Menerapkan teknologi dalam membangun infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK)
  6. Membuat pertahanan siber yang tangguh
  7. Bersikap, bermental, dan berkepribadian yang profesional dan berjiwa etos sandi

Melalui kajian/ mata kuliah:

  1. Hardware Security Engineering
  2. Rancang Bangun Perangkat Keamanan bidang Siber dan Kripto, Pemrograman Perangkat Keras
  3. Cyber Intelijen (Teknologi/TIK)
  4. Information Security and Critical Infrastructure Protection (pengamanan pada infrastruktur kritis), Cyber Physical System
  5. Teknologi TIK, Teknologi terbaru bidang komunikasi, Quantum Kriptografi
  6. Kriptografi, Cyber Physical System
  7. Pengasuhan dan Pembinaan terhadap sikap dan perilaku

 

Sistem Pendidikan di STSN

STSN merupakan pendidikan berasrama yang mewajibkan mahasiswanya tinggal di asrama selama mengikuti pendidikan dengan wajib mematuhi peraturan kehidupan mahasiswa dan peraturan urusan dinas dalam. Kegiatan pendidikan di STSN meliputi bidang akademik dan bidang pengasuhan yang diselenggarakan secara seimbang, berkesinambungan dan saling mendukung dengan berpedoman pada tujuan pendidikan. Selain itu, pendidikan di STSN dilaksanakan dengan sistem paket di mana evaluasi pendidikan dilaksanakan setiap semester melalui Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS), di mana setiap semester digunakan sistem gugur. Untuk tahun akademik sendiri, di STSN terbagi dalam dua semester, dimulai pada bulan September dan berakhir pada bulan Agustus tahun berikutnya.

Sama seperti sekolah kedinasan pada umumnya, di STSN juga menerapkan sistem Drop Out di tiap semesternya. Sistem Drop Out ini diterapkan dengan tujuan untuk menyaring mahasiswa yang tidak kompeten, tidak jujur, menyalahi aturan yang berlaku, tidak komitmen sebagai mahasiswa STSN, dan lain sebagainya. 

Jika sudah resmi menjadi mahasiswa STSN, maka kamu dapat merasakan beberapa fasilitas yang ada di STSN seperti :

  1. Laboratorium Komputer. Penggunaan laboratorium komputer di STSN dibagi menjadi 3 macam, yaitu Laboratorium Praktik Komputer untuk kegiatan praktikum pemrograman serta pengenalan sistem informasi, Laboratorium Jaringan untuk praktikum pengenalan hardware, konfigurasi jaringan, perangkat jaringan, dan penelitian, serta Laboratorium Keamanan Jaringan untuk praktikum keamanan jaringan, riset, dan penetration testing.
  2. Laboratorium Elektro. Fasilitas yang terdapat di laboratorium elektro STSN cukup lengkap yang mendukung mata kuliah elektronika dasar dan rancang bangun.
  3. Laboratorium Bahasa. Laboratorium di STSN ini mendukung pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris, bahasa Jerman, bahasa Arab, bahasa Mandarin, bahasa Prancis, dan TOEFL. Tidak hanya itu, laboratorium bahasa STSN juga menyediakan buku serta film yang berkaitan dengan persandian.
  4. Laboratorium Sandi. Merupakan laboratorium yang didukung berbagai mesin mekanik dan mesin sandi elektronik untuk sarana pembelajaran sandi. Peralatan pendukung seperti mini fax dan PABX juga tersedia di laboratorium sandi STSN.

 

Biaya Kuliah

Selama menempuh masa pendidikan, Perguruan Tinggi Kedinasan STSN tidak memungut biaya perkuliahan atau gratis. Bahkan, menurut informasi yang didapat, mahasiswa STSN akan mendapatkan uang saku selama masa pendidikannya berupa Tunjangan Ikatan Dinas (TID) sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. Tapi, kalau kamu bertanya mengenai biaya seleksi jangan sampai salah info ya. Untuk pelaksanaan seleksi SKD BKN dikenakan biaya sebesar Rp. 50.000,-, sesuai dengan PP Nomor 63 Tahun 2016.

 

Syarat Dan Cara Daftar SPMB STSN 2021

Persyaratan Umum

  • Warga Negara Indonesia (WNI) yang bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia
  • Pria/ Wanita
  • Siswa Kelas XII atau lulusan:
  1. SMA Jurusan IPA
  2. Madrasah Aliyah Jurusan IPA
  3. SMK Teknik Elektronika
  4. Teknik Audio Video 
  5. Teknik Elektronika Industri
  6. Teknik Elektronika Daya dan Komunikasi
  7. SMK TI Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi
  8. Rekayasa Perangkat Lunak
  9. Teknik Komputer dan Jaringan
  10. Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi
  • Nilai Matematika dan Bahasa Inggris (Teori/ Pengetahuan) masing-masing minimal 80 (Delapan Puluh) pada Semester IV dan V
  • Usia minimal 16 (enam belas) tahun dan tidak melebihi dari 21 (dua puluh satu) tahun pada tanggal 31 Desember 2021
  • Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, tidak cacat fisik dan mental, serta tidak memiliki penyakit bawaan dan/ atau menular yang dapat mengganggu proses belajar
  • Bagi pria tidak bertato/ bekas tato dan tidak bertindik/ bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan ketentuan agama/ adat
  • Bagi wanita tidak bertato/ bekas tato dan tidak bertindik/ bekas tindik anggota badan selain telinga, kecuali yang disebabkan ketentuan agama/adat
  • Belum menikah yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kantor kelurahan dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di Poltek SSN
  • Tidak pernah putus studi/ drop out (DO) dari Poltek SSN dan/ atau perguruan tinggi kedinasan kementerian/ lembaga lainnya
  • Tidak sedang menjalani Ikatan Dinas dengan instansi lain; dan
  • Bersedia membayar biaya pelaksanaan seleksi SKD BKN sesuai PP Nomor 63 Tahun 2016 sebesar Rp 50.000,- (lima puluh ribu rupiah)

 

Persyaratan Administrasi

Berkas dibawah ini dilengkapi pada saat lulus Seleksi Psikologi dan diserahkan pada saat Pantukhir, yaitu:

  1. Asli Surat Lamaran Kepada Direktur Politeknik Siber dan Sandi Negara ditulis tangan dengan tinta warna hitam, bermaterai Rp. 10.000,- 
  2. Asli dan Fotokopi Rapor Semester IV dan V dan lembar identitas diri pada rapor yang telah dilegalisir dan ditandatangani oleh Kepala Sekolah bersangkutan
  3. Asli surat keterangan konversi nilai rapor skala 0-100 yang telah dilegalisir dan ditandatangani oleh Kepala Sekolah bersangkutan (bila nilai rapor menggunakan skala huruf)
  4. Asli dan Fotokopi Ijazah/Transkip Nilai Ujian Nasional (NUN) yang telah dilegalisir dan ditandatangani oleh Kepala Sekolah bersangkutan (bila lulus tahun sebelumnya)
  5. Asli SKCK dari Kepolisian Sektor (POLSEK) setempat
  6. Asli Surat Pernyataan bermaterai Rp. 10.000,- yang ditandatangani oleh pelamar dan diketahui oleh orang tua/wali. Dengan surat pernyataan pendidikan berisikan pernyataan:
  1. Sanggup mengikat diri dalam Perjanjian Pendidikan Kedinasan Politeknik Siber dan Sandi Negara
  2. Bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia setelah menyelesaikan pendidikan; dan
  3. Tidak terikat dengan instansi pemerintah lain/ swasta. 
  1. Asli Surat Keterangan Belum Pernah Menikah dari Kepala Desa/Kelurahan setempat;
  2. Asli dan Fotokopi identitas diri seperti KTP atau SIM atau Kartu Pelajar;
  3. Pas Foto Berwarna Terbaru (3 bulan terakhir) ukuran 4×6 cm sebanyak 1(satu) lembar, berlatar belakang merah;
  4. Foto masing-masing ukuran 4R Full Body terbaru tampak Depan, Samping, dan Belakang, dengan ketentuan:
  1. Laki-laki: Menggunakan kaos lengan pendek putih dan celana pendek warna gelap di atas lutut, tanpa alas kaki
  2. Perempuan : Menggunakan kaos olahraga lengan panjang dan celana olahraga lengan panjang, tanpa alas kaki

 

Tata Cara Pendaftaran

  1. Waktu Pendaftaran 9 – 30 April 2021
  2. Pendaftaran SPMB Poltek SSN, hanya menggunakan 1 (satu) portal pendaftaran milik BKN.
  3. Peserta dapat mendaftar melalui portal https://sscasn.bkn.go.id lalu pilih menu DIKDIN (Pendidikan Kedinasan), atau Peserta dapat mendaftar melalui portal https://dikdin.bkn.go.id
  4. Pelamar membuat Akun SSCN Sekolah Kedinasan tahun 2021 melalui menu Registrasi, kemudian Cetak Kartu Informasi Akun
  5. Pelamar kemudian Log In menggunakan Password dan NIK yang telah didaftarkan, Upload Swafoto, Memilih Sekolah Kedinasan POLITEKNIK SIBER DAN SANDI NEGARA, Melengkapi Persyaratan Nilai, Melengkapi Biodata, Upload Dokumen Persyaratan.
  6. Pelamar mengecek resume dan cetak kartu Pendaftaran SSCN Sekolah Kedinasan Tahun 2021
  7. Peserta dapat melihat hasil verifikasi dengan cara Log In ke portal SSCN Sekolah Kedinasan pada tanggal yang telah ditentukan oleh Panitia SPMB Poltek SSN
  8. Peserta yang dinyatakan lulus verifikasi administrasi akan mendapatkan kode pembayaran dengan cara Log In ke portal SSCN Sekolah Kedinasan. Lakukan pembayaran kode Billing SKD.
  9. Cetak Kartu Peserta Seleksi untuk dibawa pada setiap tahapan seleksi.
  10. Pengumuman Peserta yang lulus seleksi berkas dan berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan diinfokan pada website resmi PoltekSSN https://poltekssn.ac.id

 

Tahapan Seleksi

  1. Seleksi Administrasi (pendaftaran online melalui website https://dikdin.bkn.go.id)
  2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
  3. Seleksi Akademik
  4. Seleksi Kesehatan dan Kesamaptaan
  5. Seleksi Psikologi dan Wawancara Clearance Test dan Mental Ideologi (CT/MI)
  6. Pantukhir (Pemantauan Terakhir)

Setelah membaca informasi diatas, sudah sampai mana ketertarikan kamu dengan sekolah kedinasan yang satu ini? Apabila kalian benar ingin daftar menjadi mahasiswa STSN, kalian harus mempersiapkan setiap tahapan seleksi dengan baik ya. Sekarang mimin mau kasih bocoran yang lolos tahap awal seleksi STSN tahun 2016. Berikut data nomor registrasinya.

  1. 1611327937
  2. 1877991375
  3. 1121609648
  4. 1329339926
  5. 1717889579
  6. 1518214329
  7. 2141738299
  8. 1092287608
  9. 1730140920
  10. 1805288573
  11. 2025071232
  12. 2129406309
  13. 1869128329
  14. 1669342698
  15. 2120164978
  16. 1954569791
  17. 1825505327
  18. 1209592879
  19. 1338278143
  20. 2136735048
  21. 1690373759
  22. 1068819646
  23. 1598456451
  24. 1237243796
  25. 1924367043
  26. 1522540238
  27. 1695446793
  28. 1540313511
  29. 1397692646
  30. 1998958463
  31. 1734814973
  32. 1367595859
  33. 1308837990
  34. 1356817717
  35. 1223589592
  36. 1532582791
  37. 1642327611
  38. 1538836927
  39. 1380532802
  40. 1186205065
  41. 1892328403
  42. 1544326242
  43. 1424864743
  44. 1838009816
  45. 1784780526
  46. 1685331363
  47. 1683764571
  48. 1275818143
  49. 1587420083
  50. 1916987574
  51. 1602209325
  52. 1725177140
  53. 1404810746
  54. 2146619633
  55. 1264277776
  56. 2080995259
  57. 1184031443
  58. 1741097628
  59. 1436489191
  60. 1791504967
  61. 1430700896
  62. 2045793988
  63. 1349213733
  64. 2074145832
  65. 2079638339
  66. 1047901211
  67. 1564842781
  68. 2010816869
  69. 1767522823
  70. 1576983305
  71. 1486756218
  72. 1069826770
  73. 1776969360
  74. 1383266510
  75. 1446214943
  76. 1763307676
  77. 1870428630
  78. 1199304474
  79. 1853590529
  80. 1861533330
  81. 1374895955
  82. 1646784305
  83. 1363914795
  84. 1884124578
  85. 1414718172
  86. 1832106015
  87. 1961442898
  88. 2094454898
  89. 1162737849
  90. 1626100048
  91. 1834332711
  92. 1629572153
  93. 1328311711
  94. 1767704621
  95. 1868037805
  96. 1511061702
  97. 1567579448
  98. 1896752878
  99. 1803010896
  100. 1300431377

 

Untuk memantapkan diri agar bisa masuk Sekolah Kedinasan, kamu dapat mengikuti TRY OUT PRIORITY yang sudah meluluskan lebih dari 5.000 orang yah! Silahkan Join Try Out ini.

 

Referensi :

https://poltekssn.ac.id/ 

https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/sekolah-tinggi-sandi-negara-sanggup-enggak-

Tentang STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara)

https://www.kompas.com/edu/read/2020/06/12/100000071/politeknik-siber-dan-sandi-negara-bebas-biaya-pendidikan-dan-asrama?page=allhttps://

http://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/2020/03/pendaftaran-stsn.html