info@luluskedinasan.com

0812-9576-5257

Halo, sahabat Priority! Pernah terpikir untuk menjadi seorang intel? Kalo iya, sekolah ini cocok untuk kamu. Di artikel ini, kamu akan mendapatkan berbagai macam informasi seputar STIN, loh. Mulai dari sejarah berdirinya, program studi dan sistem pendidikannya, biaya kuliah, prospek kerja lulusan STIN, dan yang tidak ketinggalan adalah informasi mengenai syarat dan tata cara pendaftaran untuk masuk sekolah kedinasan STIN. Simak informasi berikut ya!

 

Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Sekolah Tinggi Intelijen Negara atau yang biasa disingkat menjadi STIN, adalah perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan Badan Intelijen Negara (BIN). Kampusnya terletak di daerah Sentul, Bogor, Jawa Barat. STIN didirikan dengan tujuan untuk menyiapkan mahasiswanya menjadi anggota masyarakat intelijen yang memiliki kemampuan akademik dan keahlian profesional sehingga dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu intelijen, ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni di bidang intelijen untuk menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. Sekolah kedinasan ini mulai berdiri tahun 2002 atas prakarsa Kepala Badan Intelijen Negara Jenderal TNI (Purn) Dr. A. M. Hendropriyono. Selanjutnya pada tanggal 9 Juli tahun 2003, Presiden Megawati Soekarnoputri meresmikan berdirinya STIN dan tahun 2004 dimulai kuliah perdana

Sebelum masuk ke pembahasan yang mendetail, kamu harus tau terlebih dahulu mengenai visi misi yang dimiliki Sekolah Tinggi Intelijen Negara tersebut adalah sebagai berikut :

Visi

Menjadi Perguruan Tinggi Intelijen bertaraf Internasional (World Class Intelligence College) yang mempunyai keunggulan dan kewibawaan dalam mendukung terwujudnya keamanan nasional.

Misi

Menghasilkan lulusan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, memiliki loyalitas tinggi, mandiri, profesional, dan kompetitif yang dapat memenuhi kebutuhan pemangku kepentingan dengan menjunjung tinggi kode etik intelijen negara.

 

Sistem Pendidikan STIN

Perguruan Tinggi Kedinasan STIN adalah sekolah kedinasan yang mempelajari dunia intelejen. Kabarnya sekolah ini tidak begitu terbuka yang artinya tidak banyak menebar informasi didalamnya ke pihak eksternal. Dilansir dari laman tribunnews, lokasi sekolah kedinasan STIN ini hanya memiliki petunjuk lokasi gapura “Selamat Datang” ditepi jalan daerah Sentul Selatan, Bogor Jawa Barat. Ketika ada tamu yang datang, penjaga berseragam militer ini tanpa basa basi langsung meminta ponsel dan kamera untuk disimpan di pos penjaga. Hmm, jika dilihat seperti ini berarti kebayangkan yaa ketatnya sekolah kedinasan STIN?

Lama belajar di STIN adalah empat tahun dengan mengemban dua jenis pejaran yaitu pelajaran umum seperti ekonomi, sosial, politik, hukum, sejarah dan lain sebagainya, dan yang kedua adalah pelajaran ilmu intelejen.Sekolah Kedinasan STIN memiliki 2 program studi, yaitu:

  1. Agen Intelejen Negara
  2. Analis Intellejen Negara

Selain itu, bahasa asing selain bahasa inggris merupakan syarat mutlak bagi mahasiswa STIN. Pilihannya sendiri ada bahasa arab, mandarin, jepang, atau perancis. Semua pelajaran ini harus dipilih salah satu dari awal mahasiswa memulai perkuliahan. 

Sebelum memulai perkuliahan di STIN, mahasiswa juga akan diberikan pelajaran fisik terlebih dahulu di Pusat Pendidikan Pasukan Khusus (Pusdikpassus), Batujajar, Jawa Barat, selama satu bulan lamanya. Ada pula bekal kemampuan beladiri seperti karate dan pencak silat. Tidak hanya latihan fisik, namun di STIN juga ada pembekalan senjata api. Namun, praktik senjata api ini hanya dilakukan di lapangan tembak STIN saja, tidak diluar STIN.

Dalam masa kuliahnya, mahasiswa akan mendapatkan dua jenis praktik. Yang pertama adalah praktik kering berupa simulasi yang dilakukan dengan sasaran semu, misalnya mewawancarai teman sendiri. Yang kedua adalah praktik basah, yaitu terjun langsung kelapangan. Saat praktik basah inilah keahlian mereka sebagai intelejen benar-benar diasah.

Jadwal kuliahnya hampir sama dengan jadwal perguruan tinggi kedinasan lainnya, yaitu senin sampai jumat pukul 08.00 – 16.00 WIB, dan sabtu masuk setengah hari. Jika ada mahasiswa yang ingin berlibur, maka akan diantar ke pusat kota terdekat menggunakan kendaraan milik STIN.

STIN menyediakan asrama untuk laki-laki dan wanita. Yang jelas, asrama ini akan lebih banyak dihuni oleh kaum pria. Terdapat fasilitas lainnya yang akan didapatkan ketika resmi menjadi mahasiswa STIN, diantaranya adalah:

  1. Asrama Mahasiswa
  2. Jaringan Internet Wifi dan LAN
  3. Perpustakaan
  4. Poliklinik
  5. Guest House
  6. Rumah Ibadah
  7. Koperasi
  8. Gedung Serba Guna
  9. Auditorium
  10. Laboratorium;
  • Laboratorium Bahasa
  • Laboratorium Komputer
  • Laboratorium Fotografi
  • Laboratorium Intelligence Devices

(Indoor)

  • Lapangan tembak
  • Lapangan bulu tangkis
  • Lapangan bola voli
  • Lapangan bola basket
  • Lapangan futsal
  • Pusat Kebugaran

(Outdoor)

  • Jogging track
  • Lapangan tenis
  • Lapangan basket
  • Lapangan voli
  • Lapangan sepak bola
  • Lapangan futsal
  • Kolam renang

 

Apabila diterima disekolah kedinasan STIN, kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti :

  1. Kuliah GRATIS
  2. Lulus Langsung Jadi PNS
  3. Lulus Langsung Bekerja di BIN (Badan Intelijen Negara)
  4. Biaya Hidup GRATIS
  5. Banyak Beasiswa 

 

Prospek Pekerjaan Lulusan STIN

Adapun prospek kerja apabila kamu lulus dari perguruan tinggi kedinasan STIN antara lain adalah langsung diangkat jadi ASN (Aparatur Sipil Negara), ditempatkan di BIN (Badan Intelijen Negara). Bisa menjadi Intel Polisi, Intel Militer, Detektif, Investigator, Analisis Intelijen, dan lain-lain.

 

Syarat Dan Cara Daftar STIN

Setelah membaca informasi diatas, apakah kamu menjadi tertarik untuk bergabung menjadi mahasiswa STIN? Pendaftaran sekolah kedinasan STIN telah dibuka pada tanggal 9 April 2021 lalu. Bagi kamu yang berminat untuk mengikuti seleksi sekolah kedinasan STIN 2021, simak penjelasan berikut ini ya. 

  • Persyaratan Umum
  1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945
  2. Tidak pernah terlibat tindak pidana dan berkelakuan baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  3. Bagi Lulusan SMA/SMK/MA (bukan lulusan paket C) tahun 2019 dan 2020, nilai rata-rata ijazah minimal 80 (delapan puluh).
  4. Bagi lulusan SMA/SMK/MA (bukan lulusan paket C) tahun 2021, nilai rata-rata rapor semester 1 s/d semester 5 minimal 75 (tujuh puluh lima).
  5. Belum pernah menikah dan bersedia tidak menikah selama masa pendidikan.
  6. Belum pernah melahirkan (perempuan) dan belum pernah punya anak biologis (laki-laki).
  7. Tidak bertato dan/atau memiliki bekas tato.
  8. Tidak bertindik dan/atau memiliki bekas tindik pada bagian tubuh yang tidak lazim (perempuan).
  9. Tidak bertindik dan/atau memiliki bekas tindik pada bagian tubuh manapun (laki-laki).
  10. Sehat jasmani, rohani, dan tidak pernah mengalami patah tulang.
  11. Apabila berkacamata, maksimal ukuran 1 baik + (plus) atau – (minus).
  12. Tidak buta warna.
  13. Tinggi badan minimal 165 cm (Putra) dan 160 cm (Putri) dengan berat badan seimbang menurut ketentuan berlaku
  14. Usia pada tanggal 31 Desember 2021 serendah-rendahnya 16 tahun dan tidak lebih dari 21 tahun (dibuktikan dengan Akta Kelahiran/Surat Keterangan Lahir).
  15. Mendapatkan persetujuan orang tua atau wali yang dibuktikan dengan surat pernyataan orang tua/wali.
  16. Peserta seleksi penerimaan Taruna/i STIN tidak dipungut biaya kecuali biaya mengikuti SKD.

 

  • Persyaratan Khusus
  1. Surat Izin orang tua/wali
  2. Fotocopy ijazah untuk lulusan 2019 dan 2020
  3. Surat keterangan lulus dari sekolah bagi lulusan tahun 2021
  4. Pas Foto 4×6 (1 buah), putra latar merah dan putri latar biru
  5. Foto berwarna seluruh badan ukuran postcard (pakaian putih dengan bawahan hitam bahan) tampak depan, tampak samping kanan kiri, dan tampak belakang
  6. Fotocopy Akta Kelahiran/Surat Keterangan Kelahiran/Kenal Lahir, Kartu Keluarga (KK), dan Kartu BPJS

 

Kuota Sekolah Kedinasan STIN 2021

Melalui laman resminya (https://ptb.stin.ac.id/#), formasi taruna baru bagi sekolah kedinasan STIN pada tahun 2021 ini ada sekitar 250 orang.

 

Tata Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan STIN 2021

  1. Pelamar mengakses portal SSCASN di alamat sscasn.bkn.go.id
  2. Membuat akun SSCN Sekolah kedinasan dengan NIK yang telah tervalidasi melalui data Dukcapil, kemudian mencetak Kartu Informasi Akun
  3. Login ke SSCN Sekolah Kedinasan dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan
  4. Unggah swafoto, memilih Sekolah Kedinasan, melengkapi nilai, upload berkas, dan melengkapi biodata
  5. Mengecek resume dan mencetak kartu pendaftaran
  6. Verifikator instansi melakukan verifikasi data dan berkas pelamar yang telah masuk
  7. Pelamar log in ke SSCN, mengecek status kelulusan verifikasi administrasi
  8. Pelamar mendapatkan kode billing dan melakukan proses pembayaran (bagi pelamar yang lulus verifikasi) Aturan mengenai pembayaran silahkan cek di sekolah kedinasan terkait
  9. Mencetak kartu ujian di SSCN, setelah pembayaran diterima dan dikonfirmasi oleh sistem
  10. Mengikuti proses seleksi sesuai dengan ketentuan instansi
  11. Informasi status kelulusan pelamar akan diumumkan oleh Panitia Seleksi Sekolah Kedinasan instansi, yang dapat dilihat di SSCN

 

Lokasi Seleksi STIN

Teman-teman yang mengikuti seleksi sekolah kedinasan STIN dapat  mengikuti seleksinya di 8 kota berikut ini karena lokasi seleksi dapat memilih sesuai lokasi yang telah ditentukan :

  1. Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara.
  2. Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan.
  3. Kota Jakarta, Provinsi Daerah Khusus Ibukota
  4. Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa
  5. Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.
  6. Kota Denpasar, Provinsi Bali.
  7. Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.
  8. Kota Jayapura, Provinsi Papua.

 

Tahapan Seleksi STIN Yang Akan Dilalui

  1. Seleksi Administrasi.
  2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
  3. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), meliputi Tes Psikologi, Tes Kesehatan Fisik Dan Jiwa, Tes Kesamaptaan Jasmani dan Tes Mental Ideologi dan Wawancara

 

Informasi Tambahan Mengenai Pendaftaran STIN

  1. Selama mengikuti seleksi penerimaan Taruna/i STIN, Tidak dipungut biaya apapun.
  2. Keputusan Tim Seleksi Penerimaan Taruna/i STIN tidak dapat diganggu gugat.
  3. Hati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Tim Seleksi Penerimaan Taruna/i STIN.
  4. Jika para peserta seleksi memberikan keterangan ataupun data yang palsu atau tidak benar maka STIN berhak membatalkan kelulusan dan mengeluarkan yang bersangkutan dari STIN
  5. Segala perubahan ketentuan yang diberikan oleh STIN  akan di informasikan melalui web resmi STIN

 

Itulah sederet informasi mengenai pendaftaran sekolah kedinasan STIN 2021 yang perlu kamu tahu. Semoga bermanfaat. Untuk mendukung kerahasiaan data mahasiswa STIN, maka data yang dicantumkan dibawah ini adalah nomor registrasi mahasiswa. Semoga kelak nomor registrasimu juga akan tercantum dibawah ini ya!

Daftar Nomor Registrasi Alumni STIN

  1. REG000012312300142 
  2. REG201512312301940 
  3. REG201512312301257 
  4. REG000012312301982
  5. REG000012312302500
  6. REG000012312304250
  7. REG000012312300365
  8. REG201512312300630
  9. REG000012312301458
  10. REG000012312303305
  11. REG000012312300522
  12. REG000012312305204
  13. REG201512312301919
  14. REG201512312301099
  15. REG201512312300437
  16. REG000012312302232
  17. REG000012312304283
  18. REG000012312304507
  19. REG000012312301166
  20. REG000012312300256
  21. REG000012312301296
  22. REG000012312300062
  23. REG000012312301042
  24. REG000012312301101
  25. REG000012312304137
  26. REG000012312301829
  27. REG000012312304118
  28. REG000012312300686
  29. REG201512312300393
  30. REG000012312304449
  31. REG000012312304825
  32. REG000012312304963
  33. REG000012312300897
  34. REG000012312301295
  35. REG201512312300519
  36. REG000012312300081
  37. REG000012312300697
  38. REG201512312301109
  39. REG000012312302028
  40. REG000012312304603
  41. REG000012312300203
  42. REG000012312301967
  43. REG201512312300809
  44. REG000012312300920
  45. REG000012312305218
  46. REG000012312301921
  47. REG201512312300295
  48. REG201512312301165
  49. REG000012312300896
  50. REG201512312301644
  51. REG000012312305283
  52. REG201512312300140
  53. REG201512312300836
  54. REG201512312301096
  55. REG000012312303727
  56. REG000012312302620
  57. REG000012312303911
  58. REG000012312301733
  59. REG000012312300593
  60. REG000012312304559
  61. REG000012312304020
  62. REG000012312303235
  63. REG201512312301391
  64. REG000012312305122
  65. REG201512312301037
  66. REG000012312301906
  67. REG000012312304026
  68. REG000012312300617
  69. REG000012312303261
  70. REG000012312305017
  71. REG000012312301440
  72. REG000012312300451
  73. REG201512312300242
  74. REG000012312302450
  75. REG000012312300177
  76. REG000012312304697
  77. REG000012312300384
  78. REG000012312304004
  79. REG000012312301430
  80. REG201512312302199
  81. REG000012312301362
  82. REG000012312300095
  83. REG000012312304554
  84. REG000012312301345
  85. REG201512312301949
  86. REG000012312305119
  87. REG000012312300675
  88. REG000012312301709
  89. REG000012312300509
  90. REG000012312301642
  91. REG000012312300505
  92. REG000012312302909
  93. REG201512312300854
  94. REG000012312304592
  95. REG000012312302676
  96. REG000012312301256
  97. REG000012312302495
  98. REG201512312300621
  99. REG000012312302508
  100. REG000012312304295

 

Untuk memantapkan diri agar bisa masuk Sekolah Kedinasan, kamu dapat mengikuti TRY OUT PRIORITY yang sudah meluluskan lebih dari 5.000 orang yah! Silahkan Join Try Out ini.

Referensi :

https://ptb.stin.ac.id/ 

https://bangka.tribunnews.com/2017/11/21/mengungkap-misteri-sekolah-intelijen-tempat-para-calon-agen-rahasia-indonesia-ditempa?page=all