info@luluskedinasan.com

0812-9576-5257

Hai sahabat Priority! Udah tau belum tentang salah satu perguruan tinggi yang banyak diminati dalam bidang transportasi? Yup, bener banget, jawabannya adalah Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD (PTDI-STTD). Hal ini disebabkan karena PTDI STTD memiliki prospek kerja yang cukup baik untuk kedepannya, selain itu PTDI-STTD adalah salah perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perhubungan yang menyelenggarakan pendidikan berbasis vokasi dan akademik dalam bidang transportasi darat yang ada di Indonesia. Untuk informasi lebih lengkap, yuk simak informasi dibawah ini. Karena di artikel ini kamu akan mendapatkan banyak informasi seperti sejarah, program studi, sistem pendidikan, biaya kuliah, prospek kerja, tata cara pendaftaran dan masih banyak lagi.

 

Sejarah Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD (PTDI-STTD)

Sekolah Tinggi Transportasi Darat adalah perguruan tinggi kedinasan yang bernaung dibawah Kementerian Perhubungan. Cikal bakal Sekolah Tinggi Transportasi Darat bermula dari didirikannya Akademi Lalu Lintas (ALL) pada tanggal 8 September 1951 oleh Presiden Ir. H. Soekarno. Dengan alasan tertentu pada tahun 1964, ALL tidak dioperasikan atau tidak melakukan kegiatan. Dengan mempertimbangkan pertumbuhan lalu lintas, perkembangan teknologi transportasi jalan dan kompleksitas permasalahan lalu lintas jalan lahirlah gagasan untuk mengaktifkan kembali Akademi Lalu Lintas. Pada tanggal 5 Desember 1980, Akademi Lalu Lintas diaktifkan kembali dengan nama Balai Pendidikan dan Latihan Ahli Lalu Lintas Angkutan Jalan Raya (BPL-ALLAJR). Pada tanggal 10 Maret 2000, dengan Kepres No.41 Tahun 2000 status BPL-ALLAJR ditingkatkan menjadi Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), dimana berkedudukan dibawah Departemen Perhubungan. Akhirnya pada Desember 2019 Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) resmi menjadi Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI) – STTD yang didasarkan pada peraturan menteri perhubungan nomor 50 tahun 2019. 

Setelah mengetahui sejarah berdirinya, kini kamu harus tau ada program studi apa saja yang ada di Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD. Berikut ini adalah prgram studi yang ada di PTDI – STTD.

 

Program Studi Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD (PTDI-STTD)

Terdapat 3 program studi yang ada di PTDI – STTD dengan jenjang pendidikan diploma 4 dan diploma 3. Lama masa studi program diploma 4 adalah 4 tahun (8 semester) dan program diploma 3 adalah 3 tahun (6 semester).

  1. Program Diploma IV Transportasi Darat
  2. Program Diploma III Lalu Lintas dan Angkutan Jalan
  3. Program Diploma III Perkeretaapian

Sekarang, taukan ada program studi apa saja di PTDI – STTD? Jika sudah tau, kamu bisa memikirkan kembali kira-kira kamu akan memilih program studi sesuai dengan minatmu sebelum kamu resmi menjadi mahasiswa PTDI – STTD. Selain itu dibawah ini mimin mau jelasin bagaimana sistem pendidikan yang diterapkan PTDI – STTD.

 

Sistem Pendidikan Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD (PTDI-STTD)

Pembelajaran yang diterapkan PTDI – STTD terdiri atas kegiatan :

  1. Pembelajaran di kelas: survei lapangan praktikum simulator dan laboratorium
  2. Kunjungan lapangan kuliah kerja lapangan
  3. Ceramah atau kuliah umum
  4. Praktek kerja lapangan
  5. Seminar dan/atau lokakarya
  6. Penelitian dan pengabdian masyarakat dan kegiatan lain untuk mendukung proses pembelajaran.

Penyelenggaraan pembelajaran didahului dengan pelaksanaan Masa Dasar Pembinaan Mental (Madabintal) dan Masa Pembinaan Mental (Mabintal). Madabintal atau Mabintal sendiri merupakan kegiatan dimana mental dan fisik seorang calon taruna atau yang biasa disebut Catar akan dibentuk dalam suatu kegiatan pelatihan/bimbingan. Gimana menurutmu? Apakah kamu sudah mulai tertarik untuk daftar ke sekolah kedinasan PTDI – STTD? Berikut ini merupakan biaya kuliah yang ada di PTDI – STTD. Kita simak bareng-bareng ya.

 

Biaya kuliah Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD (PTDI-STTD)

Biaya pendidikan di STTD Bekasi wajib untuk kamu bayarkan setelah kamu dinyatakan lulus dalam salah satu seleksi penerimaan mahasiswa baru yang kamu pilih. Besarannya pun berbeda-beda. 

  • Biaya Kuliah Pola Pembibitan (Ikatan Dinas)

Biaya kuliah melalui Jalur Pola Pembibitan akan jauh lebih murah dibandingkan dengan jalur Reguler. Hal ini dikarenakan biaya yang bersifat akademik (biaya SPP atau Semester, biaya Masa Dasar Pembentukan Karakter) ditanggung oleh pemerintah. Sedangkan biaya non akademik (biaya penunjang akademik, biaya permakanan, biaya kegiatan ketarunaan, wisuda, dll) menjadi tanggungan calon Taruna/Taruni sesuai dengan ketentuan Perundangan yang berlaku pada masing-masing sekolah kedinasan. Pola pembibitan ini sama dengan ikatan dinas, peserta pendidikan Pola Pembibitan nantinya setelah menyelesaikan masa pendidikan, dapat diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara. Adapun biaya kuliah yang harus kamu bayarkan ketika dinyatakan lulus dalam jalur yang satu ini adalah sebagai berikut.

D-IV Transportasi Darat

  1. Penunjang Akademik/Taruna: Rp. 19.450.000 – Rp. 20.760.000
  2. Permakanan: Rp986.000 – Rp1.350.000

D-III LLAJ

  1. Penunjang Akademik/Taruna: Rp. 14.000.000 – Rp. 18.260.000
  2. Permakanan: Rp. 986.000

D-III Perkeretaapian

  1. Penunjang Akademik/Taruna: Rp. 18.260.000
  2. Permakanan: Rp. 986.000

 

Nantinya, biaya penunjang akademik hanya dibayar satu kali pada saat awal pendidikan berlangsung. Kemudian, untuk biaya penunjang akademik yang menggunakan batas bawah dan batas atas ditentukan berdasarkan lokasi kampus pendidikan dan/ atau berdasarkan kebutuhan pendidikan. Untuk biaya permakanan wajib dibayarkan pada setiap bulannya. Nantinya biaya-biaya yang sudah Mamikos jabarkan di atas dapat berubah sesuai dengan Peraturan Perundangan yang berlaku.

 

  • Biaya Kuliah Jalur Reguler

Di tahun akademik 2021/2022 ini, STTD Bekasi kabarnya hanya menerima taruna dan taruni pada 2 program studi yaitu DIII LLASDP dan DIII Perkeretaapian. Pada penerimaan mahasiswa baru Politeknik STTD jalur reguler, calon taruna maupun taruni akan dikenakan biaya pada setiap tahapan seleksi seperti biaya pendaftaran biaya, tes akademik dan biaya psikotest. Jika masih berlanjut ke tahap selanjutnya dikenakan lagi biaya tes kesehatan, kesamaptaan dengan daftar sebagai berikut:

  1. Pendaftaran Seleksi Tahap I: Rp100.000 – Rp150.000
  2. Seleksi Tahap II (Seleksi Administrasi): –
  3. Seleksi Tahap III (Tes Akademik): Rp300.000
  4. Seleksi Tahap III (Psikotes): Rp300.000 – Rp600.000
  5. Seleksi Tahap IV (Tes Kesehatan): Rp500.000 – Rp1.500.000
  6. Seleksi Tahap IV (Kesamaptaan): Rp30.000 – Rp300.000
  7. Seleksi Tahap IV (Wawancara): Rp30.000 – Rp300.000

Umumnya, perbedaan biaya kuliah antara Jalur Reguler dengan Pola Pembibitan (ikatan dinas) terletak pada komponen biaya akademik/pendidikan. Calon taruna maupun taruni Pola Pembibitan dibebaskan dari biaya pendidikan yang ditanggung negara sedangkan Pola reguler biaya akademik dibebankan kepada calon taruna dan taruni. Komponen biaya lainnya seperti permakanan dan pencucian taruna, biaya Perlengkapan calon taruna dan MADATUKAR calon taruna pun harus ditanggung taruna/i untuk semua jalur. Setelah kamu menyelesaikan masa pendidikanmu di PTDI – STTD, kamu akan bekerja dan diangkat menjadi CPNS. Lengkapnya akan dijelaskan dibawah ini.

 

Prospek Kerja Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD (PTDI-STTD)

PTDI-STTD dikenal dengan pola pembibitannya. Pola Pembibitan tersebut dibagi menjadi dua. Yaitu pola pembibitan pemerintah daerah dan pola pembibitan Kementerian Perhubungan Kemenhub. Untuk pemerintah daerah, penerimaannya diperuntukan bagi putra dan putri daerah yang sudah bekerja sama dengan PTDI-STTD.  Nantinya lulusannya akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di daerah tersebut. Kemudian, pola pembibitan Kemenhub, penerimaannya diperuntukan bagi putra dan putri dari seluruh Indonesia yang kebetulan daerahnya tidak ada kerja sama dengan PTDI-STTD, di mana lulusannya nanti akan diangkat menjadi CPNS di Kemenhub dan dapat ditempatkan di seluruh Indonesia.

 

Persyaratan Ijazah Kelulusan Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD (PTDI-STTD)

D-IV TRANSDAR (Transportasi Darat)

Persyaratan Ijazah :

  • SMU/MA/IPA, Paket C (IPA),
  • SMK Teknologi Konstruksi dan Properti, Teknik Geomatika dan Geospasial,Teknik Ketenagalistrikan, Mesin, Industri, Otomotif, Elektronika, Komputer dan Informatika, Telekomunikasi

 

D-III LLAJ (Lalu Lintas dan Angkutan Jalan)

Persyaratan Ijazah :

  • SMU/MA/IPA, Paket C (IPA),
  • SMK Teknologi Konstruksi dan Properti, Teknik Geomatika dan Geospasial, Teknik Ketenagalistrikan, Mesin, Industri, Otomotif, Elektronika, Komputer dan Informatika, Telekomunikasi

 

D-III Perkeretaapian

Persyaratan Ijazah :

  • SMU/MA/IPA, Paket C (IPA),
  • SMK Teknologi Konstruksi dan Properti, Teknik Geomatika dan Geospasial, Teknik Ketenagalistrikan, Mesin, Industri, Otomotif, Elektronika, Komputer dan Informatika, Telekomunikasi

 

Syarat & Tata Cara Pendaftaran Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD (PTDI-STTD)

Penerimaan mahasiswa baru di Politeknik Transportasi Darat Indonesia –STTD melalui 2 jalur masuk. Yaitu Reguler dan Pola Pembibitan.

  • Pendaftaran Masuk “Reguler” (Pendaftaran Online) 
  1. Membuat akun di Portal SIPENCATAR
  2. Mendapatkan email Notifikasi
  3. Login ke Portal SIPENCATAR Dephub
  4. Mengisi Form Pendaftaran
  5. Membayar Biaya Pendaftaran
  6. Mengisi Data Diri dan Melengkapi Dokumen Pendukung
  • Pelaksanaan Tes Potensi Akademik (TPA) 
  1. Membayar Biaya TPA sesuai Ketentuan dan Upload Bukti Pembayaran
  2. Verifikasi pembayaran oleh panitia
  3. Cetak kartu Ujian
  • Pelaksanaan Psikotes
  • Tes Kesehatan
  • Tes Kesamaptaan & Wawancara
  • Pengumuman Akhir

 

  • Pendaftaran Masuk “Pola Pembibitan” Pendaftaran Online :
  1. Daftar online di Portal Menpan-RB
  2. Mengisi Form Pendaftaran
  3. Mendapat email notifikasi dari Paselnas
  4. Login pada menu LOGIN Pembibitan di Portal SIPENCATAR Dephub
  5. Mengisi Form Pendaftaran
  6. Membayar Biaya Pendaftaran
  7. Mengisi Data Diri dan Melengkapi Dokumen Pendukung
  • Pelaksanaan Tes Potensi Akademik (TPA) :
  1. Membayar Biaya TPA sesuai Ketentuan dan Upload Bukti Pembayaran
  2. Verifikasi pembayaran oleh panitia
  3. Cetak kartu Ujian
  • Pelaksanaan Psikotes
  • Tes Kesehatan
  • Tes Kesamaptaan & Wawancara
  • Pengumuman Akhir

 

Tahapan seleksi Politeknik Transportasi Darat Indonesia – STTD (PTDI-STTD)

  1. Seleksi Tahap I : Pendaftaran
  2. Seleksi Tahap II : Seleksi Administrasi
  3. Seleksi Tahap III : Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).
  4. Seleksi Tahap IV : Tes Akademik
  5. Seleksi Tahap V : Psikotes
  6. Seleksi Tahap VI : Tes Kesehatan
  7. Seleksi Tahap VII : Kesamaptaan dan wawancara
  8. Seleksi Tahap VIII (Khusus untuk program studi D-IV Penerbang : Tes Kesehatan II, dan Tes Bakat Terbang.

 

Untuk memantapkan diri agar bisa masuk Sekolah Kedinasan, kamu dapat mengikuti TRY OUT PRIORITY yang sudah meluluskan lebih dari 5.000 orang yah! Silahkan Join Try Out ini.

 

Setelah membaca berbagai macam informasi diatas, apakah kamu semakin tertarik untuk mendaftar sekolah kedinasan PTDI – STTD? Jika iya, jangan lupa untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin dari jauh-jauh hari yaa. Karena sekolah kedinasan sendiri memiliki banyak persyaratan yang harus dipenuhi dan lebih rumit dari pada pendaftaran di Perguruan Tinggi lainnya loh. Selain informasi diatas, adapun nama-nama Alumni Politeknik Transportasi Darat Indonesia (STTD) Tahun 2018 yang pada saat itu mendaftarkan diri sebagai CPNS. Semoga namamu kelak bisa berada disini juga ya!

  1. S3009011150000030 / MUHAMMAD CHAIRIL FAJRIAN
  2. S3009011630000093 / ANDHIKA WIDYANTO
  3. S3009011320000896 / BESAR ALVIANSYAH
  4. S3009011510000185 / ADITYA TEJA KURNIAWAN
  5. S3009012330000215 / ANNISA KUSUMA WARDANI
  6. S3009012330000365 / NURAINI HIDAYATULLAH
  7. S3009012720000050 / PRATAMA INTAN NINDASWARI
  8. S3009011350000194 / INDRA WAHYU PERDANA
  9. S3009012350000369 / ANNASTHASYA NOOR ASYIFA
  10. S3009011350000117 / ALFATIH ATQA RIYURA
  11. S3009011320001800 / READYANSYAH PRATAMA 
  12. S30090113s0000344 / RAKHA YUSUF KHANSA GHANI 
  13. S300901 1630000012 / FARYABI R 
  14. S3009011320001401 / JULIANUS LANANG OSE ANANTA 
  15. S3009012330000128 / SRI UTAMI 
  16. S3009011130000140 / DIEGO ALLASSELCIDA 
  17. S3009011510000127 / I WAYAN AGUS HERY SETIAWAN 
  18. S3009012610000095 / DESTI WIDYA NINGRUM 
  19. S3009011330000193 / MUCHAMAD YUSUF ADIWIJAYA 
  20. S3009012180000031 / KHUJJATUL MUBAROKAH 
  21. S3009011330000262 / RIZKYAN KRISWINUGROHO 
  22. S3009011350000022 / HADHITYA CENDRA WIRA YUDITA 
  23. S3009012160000443 / FINA HAMIDAH 
  24. S3009011140000146 / DHARMA SETIAWAN 
  25. S3009011320000769 / MUHAMMAD AGHITSNI MUBAROK 
  26. S3009011330000139 / THIO KHORI NURFAIZI 
  27. S300901 1 180000066 / M. AL HAFIIZH WIRAJAYA 
  28. S3009011330000242 / RICKY TEGUH PHRASETYO 
  29. S3009012630000051 / LIZA NOORJANAH 
  30. S3009011330000064 / KURNIAWAN WILLY PRASETYO 
  31. S3009012630000071 / MELYA AZIZA 
  32. S3009011160000537 / OFFIANDA KURNIAWAN 
  33. S3009011130000102 / MUHAMMAD REFKY 
  34. S3009012180000037 / SABIRA FAHIRANISA 
  35. S3009012610000019 / KEMI BERTIANDA KILIMANJARO 
  36. S3009011320000723 / YOGA ARI GUNAWAN 
  37. S3009011320001930 / NUGROHO PURWO ADIARTO 
  38. S3009012630000052 / AQILLA FADIA HAYA 
  39. S3009012180000046 / PUTRI FEBRY ANDANI 
  40. S3009012720000078 / SHELLA YESIKA 
  41. S3009011330000345 / CAHYO WAHYU MEGANTORO 
  42. S3009011510000032 / I MADE SENA MAHA GANGGA 
  43. S3009011350000384 / REZZA KARTIKA PUTRA 
  44. S3009012610000016 / DIKATRI WULANDARI 
  45. S3009012350000253 / DANISSA PRAMITHA WIDY AZURA 
  46. S3009011330000093 / MUHAMAD AZWAR BERLIANA 
  47. S3009012320000813 / MIFTAKHUL JANAH 
  48. S3009012610000055 / ANISA DWI KISWANTI 
  49. S30090113s0000270 / DHIKA NUR AJI PRAKASA 
  50. S3009011130000144 / AHMAD HARUN 
  51. S3009011330000186 / MUHAMMAD NOOR RAMADHANI 
  52. S3009011350000203 / KEVINSYAH HARYOTO 
  53. S3009012350000213 / VANIA NARISWARI PRAYATNA 
  54. S3009011150000420 / MBAGUSSPSURASA 
  55. S3009011320000651 / ALKAN ICHLASUL HIBATULLAH 
  56. S3009012320001006 / AGHISNA BENING PRASASTI 
  57. S3009011320001880 / GEDE JUNIOR NEGARA 
  58. S3009011120000244 / BRYAN YOSEPH SITUMEANG 
  59. S30090113s0000135 / AURA RAMADHAN 
  60. S3009011320000439 / INSAN MANDALA SAPUTRA 
  61. S3009011330000330 / MUHAMAD SYAIFUL HANIF 
  62. S3009011150000038 / HABIBURRAHMAN 
  63. S3009011330000379 / MUHAMAD HARIS YUSTAR AFIF 
  64. S3009011320000173 / LABIBUROHMAN IRSYAD MAULANA 
  65. S3009012510000250 / DEWA AYU PUTRI MAHA DEWI 
  66. S3009011190000070 / EGI RIANSYAH 
  67. S3009012510000217 / NI LUH GEDE YUSTIA KURNIAWATI 
  68. S3009012330000331 / KARUNIA RIDHANI 
  69. S3009011360000047 / ZAIDAN DZULFATHI SASONGKO 
  70. S3009011330000017 / BASTIAN DWI PANGESTU 
  71. S3009012330000245 / ARUM SETYA BUDI CAHYANI 
  72. S3009012510000155 /  NI KETUT FITRI LESTARI 
  73. S3009011140000111 / MUHAMMAD THORIQ ARRAHMAN 
  74. S3009011160000464 / MOHAMMAD AKBAR FAUZAN 
  75. S3009012750000028 / ANINDITA PUTRI WAHYUDI ULOLI 
  76. S3009011320001449 / DHIMAS JULIANSYAH 
  77. S3009011310000027 / HAMDIKA NAZIB RAHMANDA 
  78. S3009011330000278 / BIMO ADI WICAKSONO 
  79. S3009011350000157 / MOH. NUR ZUHRI AFFANOI 
  80. S3009011180000043 / GEONANDO PUTTAMA GOLDY 
  81. S3009011310000022 / RENDY BAGUS PRASETYO 
  82. S3009011630000110 / MUHAMMAD MAHDI 
  83. S3009011350000162 / ADVENTINO PRANATA 
  84. S3009012350000176 / ICMI NOORWIHENRITA WIDYA WIRATAMA 
  85. S3009011510000179 / IDA BAGUS SRADHA NANDA 
  86. S3009011s20000071 / NANDA RIYAN RIFANI 
  87. S3009011130000086 / AL ASYRAF THORIQ HAEKAL 
  88. S3009011130000061 / MUHAMMAD IQBAL 
  89. S3009012320000577 / ELZA ARDHYA NARANTAKA 
  90. S3009011320001520 / SHENDY FIRDAUS HIDAYAT 
  91. S3009011330000158 / DEANGGA RIMA LISTIYAN 
  92. S3009012160000612 / RIZKI REHAN RAMADONA 
  93. S3009012130000139 / AISYA HANIFA 
  94. S3009011320001389 / NIAS FACHRI NUR ICHSAN 
  95. S3009011330000360 / MUHAMMAD ROKHIQIL MAHTUM 
  96. S3009011160000538 / AHMAD SOBRI 
  97. S3009011140000074 / ADIMAS HIDAYAT 
  98. S3009012320002044 / ANISHA GALIH PURWATI 
  99. S300901 1350000s06 / MOCHAMMAD IRFAN WAHYUDI 
  100.  S3009012140000212 / SUCI ELIZA NURKHAMIDAH 

 

Untuk memantapkan diri agar bisa masuk Sekolah Kedinasan, kamu dapat mengikuti TRY OUT PRIORITY yang sudah meluluskan lebih dari 5.000 orang yah! Silahkan Join Try Out ini.

 

Referensi:

https://www.ptdisttd.ac.id/index.php?r=post%2Findex&slug=diploma# 

https://www.pendaftaranmahasiswabaru.web.id/2018/01/pendaftaran-sttd.html