info@luluskedinasan.com

+62 859-2131-6683

Masyarakat Sumatera Barat dan sekitarnya tidak perlu jauh-jauh lagi untuk menyekolahkan putra-putrinya dalam mengenyam pendidikan dan pelatihan (diklat) dalam bidang pelayaran. Karena di Sumatera Barat sudah ada Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (Poltekpel Sumbar) yang sejak tahun 2015 sudah resmi menjalankan kegiatan diklat pelayaran dengan dua jurusan Nautika dan Teknika.Dan saat ini sudah bertambah program Diploma IV  jurusan Transportasi Laut. Selain itu para pelaut juga bisa melaksanakan kegiatan peningkatan jenjang kompetensi (competency) maupun sertifikat proficiency (keterampilan). Poltekpel Sumbar adalah perguruan tinggi negeri di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Perhubungan yang mendidik dan melatih putra putri terbaik Indonesia untuk menjadi pelaut dan tenaga kerja industri maritim yang memiliki kompetensi, karakter, berwawasan teknologi, modern, dan berdaya saing global. Poltekpel Sumbar telah mengembangkan pendidikan sesuai Standards of Training, Certification and Watchkeeping (STCW) 2010 dari IMO sehingga berkembang menjadi salah satu instansi pendidikan pelayaran terbesar di Indonesia. Kerenkan? Yuk, simak selengkapnya artikel berikut ini karena kita akan membahas tentang Politeknik Pelayaran Sumatera Barat, mulai dari sejarah, program studi dan sistem pendidikannya, biaya kuliah, prospek kerja, dan masih banyak informasi menarik lainnya.

 

Sejarah Politeknik Pelayaran Sumatera Barat

Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (Poltekpel Sumbar) adalah perguruan tinggi negeri pada Kementerian Perhubungan di bawah pembinaan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), yang berkedudukan di Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat. Pembangunan Poltekpel Sumbar dilakukan atas kerjasama antara Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Pariaman.

Poltekpel Sumbar diresmikan oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia pada tanggal 09 Februari 2018 berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor : PM.05 tahun 2018. Yang sebelumnya bernama Balai Pendidikan dan Pelatihan Pelayaran (BP3) Padang Pariaman berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor : PM.124 tahun 2015.

Landasan hukum Poltekpel Sumbar semakin diperkuat dengan terbitnya Statuta Politeknik Pelayaran sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor : PM.100 tahun 2018 yang ditetapkan pada tanggal 9 Oktober 2018. Statuta tersebut kemudian diperbaharui dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Perhubungan Nomor : PM. 49 tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Pelayaran Sumatera Barat. Adapun program studi yang ada pada sekolah kedinasan ini adalah sebagai berikut.

 

Program Studi Politeknik Pelayaran Sumatera Barat

Saat ini terdapat 3 program studi dan 3 jenis diklat dan pelatihan yang masing-masingnya memiliki beberapa program diklat di Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sumatera Barat, diantaranya adalah :

  1. Program Studi D-III Nautika 
  2. Program Studi D-III Teknologi Nautika
  3. Program Studi D-IV Transportasi Laut

Sedangkan untuk prgram Diklat dan Pelatihan :

  1. Diklat Keahlian Pelaut (Certificate Of Competency)
  2. Diklat Keterampilan Pelaut (COP)
  3. Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM)

 

Sistem Perkuliahan Di Politeknik Pelayaran Sumatera Barat

Program Studi D-III Nautika

  1. Lulusan program studi ini memiliki pengetahuan, pengalaman, dan kemampuan untuk melaksanakan tugas di tingkat operasional sebagai Watchkeeping officer dalam tugas navigasi, penanganan muatan, pengawasan terhadap perlindungan personil dan operator radio pada tingkat operasional di kapal.
  2. Kompetensi program Studi Nautika mengacu kepada standar STCW 2010 regulation II/1 section II/1 dan IMO Model Course 7.03.
  3. Semua peserta didik diasramakan dan disebut Taruna / Taruni. Pendidikan menggunakan Sistem Kredit Semester (SKS) dengan beban studi 123  SKS (Sistem Kredit Semester) yang dilaksanakan selama 6 semester (4 semester pembelajaran terstruktur berupa teori dan praktek laboratorium/simulator di kampus dilengkapi dengan materi kuliah sistem E-Learning, 2 semester Praktek Laut (PRALA). 
  4. Taruna/i prodi DIII Nautika tahun ke-3 wajib melaksanakan PraLa di atas kapal. Dalam hal ini, Poltekpel Sumbar bekerjasama dengan perusahaan pelayaran untuk pelaksanaan PraLa taruna/i.
  5. Ijazah yang didapatkan adalah Diploma III Nautika dan Ahli Nautika Tingkat-III (ANT-III).

 

Program Studi D-III Teknologi Nautika

  1. Lulusan program studi ini memiliki pengetahuan, pengalaman, dan kompetensi sebagai Watchkeeping Engineer Officer dan mampu secara aman melaksanakan pengoperasian dan pengendalian permesinan induk dan bantu, pengendalian kelistrikan dan system control, perawatan dan perbaikan permesinan kapal serta mengendalikan operasional kapal dan perlindungan personil pada tingkat operasional di kapal.
  2. Kompetensi program Studi Teknologi Nautika mengacu kepada standar STCW 2010 regulation III/1 section III/1 dan IMO Model Course 7.04.
  3. Semua peserta didik diasramakan dan disebut Taruna / Taruni. Pendidikan menggunakan Sistem Kredit Semester (SKS) dengan beban studi 126  SKS (Sistem Kredit Semester) yang dilaksanakan selama 6 semester (4 semester pembelajaran terstruktur berupa teori dan praktek laboratorium/simulator di kampus dilengkapi dengan materi kuliah sistem E-Learning, 2 semester Praktek Laut (PRALA). Taruna/i prodi DIII Nautika tahun ke-3 wajib melaksanakan PraLa di atas kapal. Dalam hal ini, Poltekpel Sumbar bekerjasama dengan perusahaan pelayaran untuk pelaksanaan PraLa.
  4. Ijazah yang didapatkan adalah Diploma III Teknologi Nautika dan Ahli Teknika Tingkat-III (ATT-III).

 

Program Studi D-IV Transportasi Laut

  1. Lulusan program studi ini memiliki pengetahuan, pengalaman, dan keahlian dibidang transportasi laut dan kepelabuhanan yang tercakup dalam kegiatan Pelayaran yang diamanatkan oleh Undang-undang No. 17 tahun 2008 tentang Pelayaran untuk melaksanakan tugas di tingkat Manajemen sebagai Port Officer pada Perusahaan Pelayaran, Pengawasan Pelaksanaan Loading and discharging cargo di pelabuhan, serta Pengawasan lalu lintas kapal, penumpang dan barang.
  2. Semua peserta didik diasramakan dan disebut Taruna / Taruni. Pendidikan menggunakan Sistem Kredit Semester (SKS) dengan beban studi 145 SKS (Sistem Kredit Semester) yang dilaksanakan selama 8 semester (4 semester pembelajaran terstruktur berupa teori dan praktek laboratorium/simulator di kampus, 2 semester Praktek Darat (PraDA), dan 2 semester terakhir dilanjutkan kembali dengan pembelajaran terstruktur berupa teori dan praktek laboratorium/simulator di kampus serta dilengkapi dengan materi kuliah dengan system E-Learning.
  3. Taruna/i D-IV Transportasi Laut wajib melaksanakan PraDa di pelabuhan atau dermaga yang tersebar di seluruh Indonesia. Dalam hal ini, Poltekpel Sumbar bekerja sama dengan instansi atau perusahan terkait untuk kebutuhan PraDa.
  4. Ijazah yang didapatkan adalah Diploma IV Transportasi Laut.

 

Biaya Pendidikan Politeknik Pelayaran Sumatera Barat

Berikut merupakan biaya kuliah di Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (POLTEKPEL SUMBAR) terbaru Tahun Akademik 2021/2022, sebagai berikut :

 

Prospek Kerja Lulusan Politeknik Pelayaran Sumatera Barat

Berikut ini merupakan prospek kerja lulusan Poltekpel Sumatera Barat berdasarkan program studinya.

D-III NAUTIKA

  1. Lulusan program studi ini dapat berkarir sebagai perwira pelayaran niaga di kapal domestik maupun internasional.
  2. Lulusan program studi ini juga diproyeksikan untuk dapat mengisi jabatan pada Kementerian Perhubungan, Pemerintah Daerah, BUMN, atau berbagai stakeholder industri maritim.

 

D-III TEKNOLOGI NAUTIKA

  1. Lulusan program studi ini dapat berkarir sebagai perwira pelayaran niaga di kapal domestik maupun internasional.
  2. Lulusan program studi ini juga diproyeksikan untuk dapat mengisi jabatan pada Kementerian Perhubungan, Pemerintah Daerah, BUMN, atau berbagai stakeholder industri maritim.

 

D-IV TRANSPORTASI LAUT

  1. Lulusan program studi ini diproyeksikan untuk mengisi jabatan di berbagai pelabuhan atau dermaga yang tersebar di seluruh Indonesia.
  2. Lulusan program studi ini juga diproyeksikan untuk dapat mengisi jabatan pada Kementerian Perhubungan, Pemerintah Daerah, BUMN, atau berbagai stakeholder industri maritim.

 

Informasi Pendaftaran SIPENCATAR Politeknik Pelayaran Sumatera Barat  2021

Sipencatar atau seleksi penerimaan calon taruna baru merupakan sistem seleksi untuk calon taruna baru yang ingin masuk ke Poltekpel Sumatera Barat. Tahun 2021 ini Poltekpel Sumatera Barat membuka pendaftaran penerimaan dengan persyaratan, alur, tahapan, biaya,dan jadwal penerimaan sebagai berikut ini :

Persyaratan Umum

  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Usia minimal 16 tahun dan maksimal 23 tahun terhitung 1 September 2021;
  3. Tinggi badan minimal 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita;
  4. Berbadan sehat, tidak cacat mental dan fisik, bebas HIV/AIDS, serta bebas narkoba;
  5. Tidak bertato/bekas tato, tidak bertindik/bekas tindik (maksimal 1 pasang di telinga bagi perempuan), kecuali disebabkan oleh ketentuan agama/adat;
  6. Ketajaman penglihatan normal dan tidak buta warna baik total maupun parsial;
  7. Tidak sedang menjalani dan terancam hukuman pidana karena melakukan kejahatan;
  8. Belum pernah diberhentikan dengan tidak hormat dan/atau mengundurkan diri sebagai taruna/taruni di lingkungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan;
  9. Bersedia mentaati segala peraturan pada pelaksanaan Pola Pembibitan Perguruan Tinggi di lingkungan Kemenhub;
  10. Bersedia diberhentikan dengan tidak hormat jika melakukan tindakan kriminal antara lain mengkonsumsi dan/atau memperjualbelikan narkoba, melakukan tindak kekerasan (perkelahian, pemukulan, pengeroyokan, perundungan), dan melakukan tindakan asusila atau penyimpangan seksual;
  11. Dinyatakan gugur apabila terbukti melakukan pemalsuan identitas/dokumen;
  12. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran;
  13. Bersedia menandatangani Surat Pernyataan Calon Taruna/Taruni bermaterai Rp10.000;
  14. Memiliki e-mail dan nomor telepon yang aktif.

 

Persyaratan Akademik

  1. Bagi lulusan tahun 2020 dan sebelumnya, memiliki nilai rata-rata ujian yang tertulis pada ijazah minimal 7,0/70,00/2,8;
  2. Bagi lulusan tahun 2021, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan pada semester 1-5 minimal 70,00 dan dinyatakan lulus ketika melakukan daftar ulang;
  3. Bagi lulusan tahun 2020 dan sebelumnya yang memiliki nilai dalam skala 1-10 dan 1-4, mengkonversi nilai ke skala 10-100 dengan melampirkan surat keterangan dari sekolah asal yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah;
  4. Bagi lulusan luar negeri atau memiliki ijazah berbahasa asing, melampirkan surat penyetaraan dari Kemendikbud.

 

Syarat lulusan bagi pendaftar D-III Studi Nautika yaitu:

  • SMA/MA/sederajat jurusan IPA;
  • SMK jurusan:
  1. Nautika Kapal Niaga;
  2. Nautika Kapal Penangkap Ikan.

 

Syarat lulusan bagi pendaftar D-III Teknologi Nautika yaitu:

  • SMA/MA/sederajat jurusan IPA;
  • SMK jurusan:
  1. Teknika Kapal Niaga;
  2. Teknik Mesin;
  3. Teknik Otomotif;
  4. Teknik Elektronika (kecuali Teknik Audio Video dan Instrumentasi Medik);
  5. Teknik Ketenagalistrikan;
  6. Teknik Permesinan Kapal;
  7. Teknik Instrumentasi Industri;
  8. Teknika Kapal Penangkap Ikan.

 

Syarat lulusan bagi pendaftar D-IV Transportasi Laut yaitu:

  • SMA/MA/sederajat jurusan IPA/IPS;
  • SMK jurusan:
  1. Pelayaran Kapal Niaga;
  2. Bisnis dan Pemasaran;
  3. Manajemen Perkantoran;
  4. Akuntansi dan Keuangan;
  5. Teknik Komputer dan Informatika;
  6. Teknik Telekomunikasi;
  7. Logistik;
  8. Nautika Kapal Penangkap Ikan;
  9. Teknika Kapal Penangkap Ikan.

 

Alur Pendaftaran Poltekpel Sumatera Barat

  1. Mendaftar di Portal SSCN BKN di alamat sscasn.bkn.go.id untuk mendapatkan user name dan password serta mencetak tanda bukti pembayaran.
  2. Melanjutkan pendaftaran di Portal Sipencatar Dephub di alamat sipencatar.dephub.go.id menggunakan user name dan password dari Portal SSCN BKN.
  3. Melengkapi data pendaftaran dan mengunduh dokumen yang diperlukan di Portal Sipencatar Dephub.
  4. Mencetak tanda bukti pendaftaran.

 

Tahapan dan Biaya Pendaftaran Poltekpel Sumatera Barat

Penerimaan taruna baru jalur Polbit Kemenhub dilakukan dalam 3 tahapan seleksi yang menggunakan sistem gugur.Berikut ini rincian tes dan biayanya.

  • Pendaftaran Rp. 100.000,- s.d.150.000,-
  • Seleksi Administrasi Rp. 0,-
  • Seleksi Kompetensi Dasar Rp. 50.000,-
  • Tes Kesehatan Rp. 600.000,- s.d. Rp. 1.820.000,-
  • Tes Kesamaptaan Rp. 50.000,- s.d. Rp. 350.000,-
  • Psikotes Rp. 300.000,- s.d. Rp. 600.000,-
  • Wawancara Rp. 80.000,- s.d. Rp. 350.000,-

 

Jadwal Seleksi Penerimaan Poltekpel Sumatera Barat

  1. Pendaftaran: 9 – 30 April 2021
  2. Pengumuman Peserta SKD: 28 Mei 2021
  3. Pelaksanaan SKD: Juni 2021
  4. Pengumuman Hasil SKD: Juli 2021
  5. Tes Kesehatan, Kesamaptaan, Psikotes, dan Wawancara: 2 – 20 Agustus 2021
  6. Pengumuman Hasil Pantukhir: 2 September 2021

 

Sebagai tambahan, jadwal bisa berubah sewaktu-waktu mengikuti kebijakan nasional situasi pandemi COVID-19. Informasi lebih lanjut akan diumumkan melalui laman SIPENCATAR.

 

Untuk memantapkan diri agar bisa masuk Sekolah Kedinasan, kamu dapat mengikuti TRY OUT PRIORITY yang sudah meluluskan lebih dari 5.000 orang yah! Silahkan Join Try Out ini.

 

Bagaimana pendapatmu setelah membaca informasi diatas? Jika kalian ingin mengikuti seleksi sekolah kedinasan ini, persiapkanlah dengan sebaik mungkin. Sekolah kedinasan terkenal dengan banyaknya persyaratan yang harus dipenuhi, jadi jangan sampai ada yang tertinggal ya. Berikut ini merupakan daftar nama peserta yang lolos tahap administrasi tahun 2018. Semoga namamu akan ada disini juga dan lolos hingga tahap akhir ya!

  1. S3009081130000001 / M. IQBAL RAHMATULLAH 
  2. S3009011130000001 / AULIA FARHAND 
  3. S3009011130000002 / AHMAD RIAN ALJAZIM 
  4. S3009011130000003 / SATRIO PRATAMA 
  5. S3009011130000004 / FAHRUL MEIZA 
  6. S3009011130000005 / ANDHIKA PRASETYA 
  7. S3009041130000001 / WAHYUDHA DWI PANGGA 
  8. S3009011130000006 / HARZIL FARDHA MASRI 
  9. S3009011130000007 / ALDIAN ANAS 
  10. S3009012130000008 / VIONA ZAHIRA 
  11. S3009071130000001 / SATRIA FRIDO 
  12. S3009011130000009 / ANDRE 
  13. S3009082130000002 / YOHANA APRILIA SARI 
  14. S3009021130000001 / FAUZAN RIJAL 
  15. S3009012130000010 / YESSY SYOFIANI 
  16. S3009111130000001 / REZA ADITYA 
  17. S3009011130000011 / MAHESA BAGASKARA 
  18. S3009081130000003 / YORI PRIMA HANDIKA 
  19. S3009011130000012 / MHD. IKHSAN 
  20. S3009012130000013 / AYU RAHMADHANI FAJRIN 
  21. S3009082130000004 / ELSA INDRI YANI 
  22. S3009012130000014 / MELLYZA TAFANI 
  23. S3009081130000005 / ZIKRIATUL MI’RAJ 
  24. S3009011130000015 / SALMAN YAFI 
  25. S3009012130000016 / NAILA FITRA ANEL TASHA 
  26. S3009011130000017 / IKHLAS SAUQI 
  27. S3009082130000006 / SILVIA SUKMA SARI 
  28. S3009012130000018 / HAJRILIDYA MEIZA 
  29. S3009011130000019 / IGO WAHYUDA 
  30. S3009011130000020 / TAUFIQURAHMAT PILSA 
  31. S3009052130000001 / QORIMAH SA’DIAH 
  32. S3009111130000002 / FAUZAN 
  33. S3009011130000021 / RAMADHONI AULIA GUSLI 
  34. S3009012130000022 / KILFHA KELTRI YUNAZ
  35. S3009011130000023 / RAHMA ANANDA 
  36. S3009011130000024 / RIZKY PRATAMA YOGA SAPUTRA 
  37. S3009041130000002 / AHMAD FAUZAN 
  38. S3009011130000025 / M. FAUZAN ADYA 
  39. S3009091130000001 / DANANG SUTOWIJOYO RIADI 
  40. S3009041130000003 / QHATOMI ARIEF IRSYAD 
  41. S3009011130000026 / FAJAR KURNIAWAN 
  42. S3009051130000002 / INDRA JUANTOMI 
  43. S3009011130000027 / KEVIN FAKHRI 
  44. S3009012130000028 / SUCI RAHMATIKA AULIA 
  45. S3009011130000029 / TIMO SONNITA 
  46. S3009012130000030 / NADYA WINDY 
  47. S3009021130000002 / RIHADI FIRMANSYAH 
  48. S3009011130000031 / AGUNG SAPUTRA 
  49. S3009052130000003 / QHORIFA SUHAILA 
  50. S3009011130000032 / SURYA PERMANA SUKRA 
  51. S3009091130000002 / FADHIL MUHAMMAD KAMIL 
  52. S3009082130000007 / NIA WULANDARI 
  53. S3009082130000008 / LUSIA NINGSIH 
  54. S3009052130000004 / NURFAUZIA HASRI 
  55. S3009011130000033 / AFDHAL AULIA 
  56. S3009051130000005 / FIKRI ELNANDA 
  57. S3009061130000001 / YUDI ALKHAR 
  58. S3009011130000034 / HASNUL QOLBI 
  59. S3009112130000003 / ANESIA FADILAH HSB 
  60. S3009011130000035 / NOFRIZAL PUTRA 
  61. S3009011130000036 / ARIF RAHMAN HAKIM 
  62. S3009011130000037 / MUHAMMAD RASYID 
  63. S3009011130000038 / ROID NAUVAL 
  64. S3009082130000009 / KINTAN ZUHDA RAUHATI 
  65. S3009022130000003 / RAHAYU INDRIYANTI 
  66. S3009041130000004 / ADITYA 
  67. S3009011130000039 / ANNUR ADLAN MUSPEBRA 
  68. S3009011130000040 / MUHAMMAD NAJIB MARZUQ 
  69. S3009011130000041 / DEKO NOVENTRI PUTRA 
  70. S3009012130000042 / SITI SYIFA ALIFAH 
  71. S3009082130000010 / ARIFAH RAUDATUL JANNAH 
  72. S3009011130000043 / M. HAIQAL AL IHSAN 
  73. S3009081130000011 / WAHYUDA MUHAIRI 
  74. S3009012130000044 / RESTY OKTAVIANI 
  75. S3009081130000012 / ALDO ARDIANSYAH 
  76. S3009011130000045 / REZKI 
  77. S3009011130000046 / ARMAN SAPUTRA 
  78. S3009011130000047 / DHIMAS SATRYA NUGRAHA 
  79. S3009012130000048 / DHEA RAHMATUNNISA BY 
  80. S3009081130000013 / YOFRI MAENDRA 
  81. S3009081130000014 / MUHAMMAD RAMADANI 
  82. S3009011130000049 / FAUZI KURNIAWAN JAMAL 
  83. S3009041130000005 / NOVALDIANSYAH PURNAMA 
  84. S3009051130000006 / FERIALDI GUNAWAN 
  85. S3009052130000007 / REZKY PUTRI YUNUSI 
  86. S3009112130000004 / CICI FITRIA RAMADANI 
  87. S3009011130000050 / AKMAL MESTIKA PUTRA 
  88. S3009051130000008 / RAFI ATILLA NORZA 
  89. S3009111130000005 / ABDUL HARIS TARMIZI 
  90. S3009011130000051 / BIMA YULIAN SAPUTRA 
  91. S3009081130000015 / JODDY LINTAR BALLE 
  92. S3009081130000016 / RIZKI ADITAMA PUTRA 
  93. S3009051130000009 / FIKRI ALFAN JHORA 
  94. S3009011130000052 / NANDA EKA SETIAWAN 
  95. S3009041130000006 / FARHAN MAHDI RADHWA 
  96. S3009082130000017 / ANINDHITA MELLA PRATAMA 
  97. S3009081130000018 / BAGAS DEA SATRYA 
  98. S3009011130000053 / BIMA RAMADHAN 
  99. S3009041130000007 / IMAM MUJADDID 
  100. S3009012130000054 / RESTU BERLIANA 

 

Untuk memantapkan diri agar bisa masuk Sekolah Kedinasan, kamu dapat mengikuti TRY OUT PRIORITY yang sudah meluluskan lebih dari 5.000 orang yah! Silahkan Join Try Out ini.

 

Referensi :

https://www.poltekpelsumbar.ac.id/ 

https://www.pendaftaranonline.web.id/2020/04/pendaftaran-poltekpel-sumbar.html